Sekolah Swasta Tolak Larangan Pungutan SD/SMP

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Larangan pungutan biaya pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang diatur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) harus ditangguhkan. Lembaga pendidikan swasta yang bergabung dalam Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) menyatakan larangan itu tidak berdasar untuk diberlakukan pada satuan pendidikan swasta.

Demikian dinyatakan Ketua BMPS Jawa Barat Achlan Husen di Bandung. “Kami mengajukan eksekutif review karena peraturan Menteri bertentangan dengan asas-asas pemerintahan yang baik,” katanya.

Ia mengatakan, pada 4 Januari 2012, Kemdikbud mengundangkan Peraturan Mendikbud Nomor 60 Tahun 2011. Peraturan itu dinilai membuka peluang penyimpangan terhadap UU di atasnya yaitu UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Nomor 16/2001 tentang Yayasan.

BMPS, kata dia, merasa keberatan dengan empat pasal yang ada dalam peraturan tersebut. “Pasal-pasal itu harus ditangguhkan atau ditunda pelaksanaannya sampai dengan adanya perubahan atau review terhadap peraturan tersebut,” ucapnya.

Pasal yang ingin diubah adalah pasal 3, pasal 4, pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) huruf c, serta pasal 9 ayat (1) huruf c. Pasal 3 dalam peraturan itu menyatakan, “Sekolah pelaksana program wajib belajar dilarang memungut biaya investasi dan biaya operasi dari peserta didik, orang tua, dan walinya.”

Pada pasal 4, aturan itu menyebutkan pungutan yang dilarang adalah yang dikaitkan dengan persyaratan akademik. sementara, dalam pasal 5 ayat (1) disebutkan, “Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat yang menerima bantuan operasional tidak boleh memungut biaya operasi.” (A-160/A-88)***

Baca Juga

Mahasiswa Indonesia Sukses Magang di Luar Negeri

PENDIDIKAN
JAKARTA, (PRLM).- Mahasiswa harus bersiap agar bisa berkompetisi di dunia kerja usai lulus. Karena itu, agar bisa tahu mengenai dunia kerja, mereka pun menjalani program magang, baik yang diwajibkan kampus maupun atas inisiatif mencari tempat magang sendiri.
 

Pendaftaran SNMPTN Mulai 29 Februari 2016

PENDIDIKAN
Pendaftaran SNMPTN Mulai 29 Februari 2016

JAKARTA,(PRLM).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 akan dimulai pada 29 Februari 2016 mendatang. Pendaftaran akan berlangsung hingga 12 Maret 2016. Sementara pengumuman kelulusan SNMPTN akan dilakukan pada 10 Mei 2016.

Rektor UNS akan Terapkan Sistem DO

PENDIDIKAN

SOLO, (PRLM).- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Dr.

Murid SDN Kaum Berhenti Belajar Jika Hujan Lebat

PENDIDIKAN

PALABUHANRATU, (PRLM).- Kondisi bangunan SD Negeri Kaum di Desa Hegarmanah, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, memprihatinkan. Atap tiga ruang kelas jebol, sedangkan dinding dan lantai di ruangan lainnya mulai retak dan mengelupas.