Pengusaha Cina Beli Seekor Merpati Balap 300.000 USD

LUAR NEGERI

BRUSSEL, (PRLM).- Seorang pengusaha Cina mencatat rekor dunia dengan membeli burung merpati balap senilai US$300.000 dalam lelang di Belgia.

Seperti dikutip bbc, Sabtu (4/2), pengusaha Hu Zhenyu ingin menggunakan burung merpati ini untuk mengembangkan generasi baru burung dara di Cina.

Taipan perkapalan ini menembus rekor dunia dengan membeli burung merpati balap yang diberi nama Dolce Vita ini.

Menurut kalangan pengusaha, pembelian burung dara ini akan semakin mengangkat popularitas peternakan burung merpati milik Hu Zhengyu.

Balap burung merpati semakin populer dalam tahun-tahun terakhir ini di Cina dan sejumlah negara Asia lain.

Sejumlah kalangan menganggapnya sebagai hobi sementara sebagian lain menggunakannya sebagai alat judi.

Burung merpati balap biasanya diluncurkan beberapa ratus kilometer dari kandang dan siapa yang paling cepat kembali ditetapkan sebagai pemenang.

Tidak jelas, kapan Dolce Vita akan diterbangkan ke Cina. Namun pembelian Dolce Vita ini menimbulkan silang pendapat di balap burung merpati, khususnya di Belanda, Jerman dan Belgia.

Balap burung dara yang semula merupakan kegiatan kelas pekerja di Eropa Barat saat ini menjadi hobi para pengusaha kaya. (bbc/A-108)***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

RI-Nepal Dorong Kerja Sama Capacity Building

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).- Presiden RI, Joko Widodo mendorong kerja sama capacity building di berbagai sektor terutama pertanian dan UKM dengan Nepal. Hal tersebut dibahas oleh Presiden RI dengan PM Sushil Koirala pada pertemuan bilateral yang dilaksanakan di sela-sela Pertemuan KAA 2015.

Warga Etnik Rohingya Khawatir tidak Boleh Ikut Pemilu

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Warga Myanmar dari etnik Rohingya dikhawatirkan tidak boleh memberikan suara dalam pemilihan umum yang akan digelar sebelum akhir tahun ini sebab kartu putih yang menandakan mereka berhak memilih sudah tidak berlaku.

Gempa Nepal

Mega Lindi Hancurkan Cagar Budaya UNESCO di Nepal

LUAR NEGERI

KATHMANDU, (PRLM).- Pejabat militer Santosh Nepal mengatakan, selain menewaskan banyak orang, gempa yang berpusat di kota Lalitpur tersebut juga merusak sejumlah bangunan bersejarah yang termasuk dalam cagar budaya UNESCO.

Thailand Sita Tiga Ton Gading Gajah

LUAR NEGERI

BANGKOK, (PRLM).- Para pejabat di Thailand mengatakan telah menyita lebih dari tiga ton gading, yang merupakan salah satu penangkapan terbesar gading dalam sejarah.