Layanan Publik

Buat Akta kelahiran Dikenai Biaya Rp 1 Juta

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Mulai tahun 2012 ini, penduduk Kota Bandung yang akan membuat akte kelahiran bagi anak berusia dua bulan hingga satu tahun dikenakan biaya administrasi Rp 1 juta. Sedangkan untuk warga asing yang tinggal di Bandung, biaya administrasinya dua kali lipat, atau Rp 2 juta. Namun pembuatan akta kelahiran bagi anak yang berusia nol hingga dua bulan, tetap digratiskan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Meivy Adha Krisna mengatakan, masa dispensasi akta kelahiran gratis di Kota Bandung sudah berakhir 31 Desember 2011 lalu. "Karena masa dispensasi telah berakhir, maka anak usia dua bulan hingga satu tahun dikenakan sanksi berupa biaya administrasi," ujarnya, ketika ditemui di sela-sela penyampaian revisi raperda kependudukan di Gedung DPRD Kota Bandung, Jumat (3/2/12).

"Sanksi sebesar Rp 1 juta ini merupakan nilai maksimal, sedangkan nilai minimalnya akan dibahas dalam revisi raperda yang kami ajukan," ucap Meivy.

Untuk anak berusia lebih dari satu tahun, lanjut dia, harus mendapatkan surat penetapan pengadilan jika ingin mendapatkan akta kelahiran. "Untuk syarat penetapan pengadilan saat ini kami sedang membahasnya dengan pengadilan. Namun tentunya sanksinya harus disesuaikan dengan kemampuan masyarakat," tutur Meivy.

Hingga masa berakhirnya dispensasi pembuatan akta kelahiran gratis per 31 Desember 2011 lalu, total sekitar 65.000 warga yang memohon akta kelahiran gratis. Jumlah ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, sekitar 85.000 orang.

"Penurunan pemohon pada masa dispensasi menunjukkan bahwa masyarakat sudah sadar dan paham pentingnya mendaftarkan peristiwa kependudukan," katanya.(A-175/A-88)***

Baca Juga

Perbaiki Becak di Depan Toko Tutup

BANDUNG RAYA
Perbaiki Becak di Depan Toko Tutup

Pemerintah KBB tak Bisa Tertibkan 20 Lokasi Tambang Pasir Ilegal

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).-Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menemukan 20 lokasi tambang pasir tak berizin yang tersebar di Kecamatan Cipatat, Padalarang, Parongpong, Cisarua, dan Cikalongwetan. Kendati demikian, pemerintah daerah tak bisa menertibkannya.

Pawai Jampana Meriahkan HUT Kab. Bandung

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).-Ratusan jampana (tenda berisi makanan atau hasil bumi) memeriahkan pawai memeriahkan ulang tahun ke -374 Kab. Bandung, Minggu (26/4). Pawai yang melintasi rumah dinas bupati Bandung dihadiri ribuan warga yang biasa berolahraga maupun belanja di komplek Pemkab Bandung.

Pamit ke Teman, Siswi SMPN 48 Dilaporkan Hilang

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Mutiara Alif Pitriati (14), siswi SMP Negeri 48 Bandung diketahui menghilang sejak Minggu (26/4/2015) siang. Mutiara terakhir pamit kepada kedua orangtuanya hendak menemui salah seorang rekannya di kawasan Jalan Logam, Ciwastra, Bandung.