Pemekaran Kabupaten Cirebon Lebih Rasional

JAWA BARAT

KUNINGAN, (PRLM).-Pemekaran kabupaten baik di Indramayu maupun di Kabupaten Cirebon yang daerahnya sangat luas, jauh lebih rasional dan sebaiknya hal itu dulu yang perlu dikemukakan dibanding dengan langkah pembentukan Provinsi Cirebon.

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Masyarakat Adat Tatar Sunda (Duta Sawala) untuk Jawa Barat dan Banten, H. Eka Santosa, saat berkunjung ke Kuningan, Minggu (29/1).

Kalau ditanya soal layak atau tidak, wilayah Cirebon menjadi provinsi, menurutnya sangat layak. Hanya, untuk sementara lebih rasional pemekaran kabupaten dulu baik di Indramayu maupun Kabupaten Cirebon yang wilayahnya cukup luas.

“Kalau pendekatannya ingin menyejahterakan rakyat, lebih baik program pemekaran wilayah kabupaten, sehingga masyarakat yang ada lebih tersentuh pembangunan,” katanya.

Menurut dia, kalau hanya meminta sebuah pemekaran mengapa harus apriori, asalkan jangan meminta merdeka, "Jadi pemekaran harus kita dorong seperti yang terjadi di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sorong, dimekarkan lagi dengan membentuk dua kabupaten baru Tambrauw dan Maibrat," katanya.

Ketertinggalan itu, kata Eka, akibat kekurangarifan para pemimpin bangsa di masa lalu. Kalau hanya sebuah pemekaran, semestinya dipertimbangkan selama itu tidak mengganggu itikad baik mereka. Tujuan daerah otonomi, adalah mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

“Jadi, kalau pendekatannya untuk menyejahterakan rakyat, lebih baik ditempuh dulu pemekaran kabupaten. Tapi, kalau langsung pembentukan Provinsi Cirebon, itu pendekatan secara politis,” papar mantan Ketua DPRD Jawa Barat itu.

Eka juga meminta kepada calon gubernur Jawa Barat mendatang, soal pemekaran kabupaten maupun pembentukan Provinsi Cirebon mesti mendapat perhatian serius, termasuk tahapan-tahapannya.

“Dan ini, sebenarnya harus Parpol yang punya program sehingga gubernur terpilih, tinggal menjalankan apa yang sudah diprogramkan Parpol yang mengusungnya,” kata Eka.(A-164/A-89)***

Baca Juga

Bupati Ade Irawan Masih Berwenang Lakukan Rotasi dan Mutasi

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).-Kendati hingga kini Bupati Sumedang H. Ade Irawan masih menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin Bandung, bupati masih berwenang melakukan rotasi dan mutasi pegawai di lingkungan Pemkab Sumedang.

Tugu Batas Jabar - Jateng di Cibingbin Dicoreti

JAWA BARAT
Tugu Batas Jabar - Jateng di Cibingbin Dicoreti

KUNINGAN, (PRLM).- Sepasang tugu kujang ornamen utama bangunan penanda titik perbatasan wilayah administratif pemerintahan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah di Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jabar, terkesan kurang mendapatkan perawatan pemerintah.

Puluhan Rumah Tersapu Angin Puting Beliung

JAWA BARAT
Puluhan Rumah Tersapu Angin Puting Beliung

KARAWANG, (PRLM).- Puluhan rumah di Dusun Cariusatu dan Cariudua, Desa Cariumulya, Kecamatan Telagasari, Kab. Karawang, rusak akibat tersapu angin puting beliung, Rabu siang (29/4).

Transportasi Barang dan Jasa

Mimpi Kota Tasikmalaya Miliki Bandara Komersil Segera Terwujud

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Mimpi Kota Tasikmalaya memiliki Lapangan Udara Komersil akan segera terwujud.