Roh Ideologi Bangsa Telah Hilang

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Nilai-nilai ideologi kebangsaan telah kehilangan ruhnya sejalan dengan "lenyapnya" Pancasila dalam kehidupan keseharian setiap anak bangsa. Karena itu, bangsa ini seperti kehilangan arah dan tujuan dalam berbangsa dan bernegara.

Pengurus Paguyupan Kebangsaan Jakarta Drs. Pitoyo, MA menyatakan situasi yang tengah melanda bangsa ini sama halnya dengan krisis ideologi dan jati diri. Dasar-dasar moral dalam Pancasila tidak tercermin dalam kehidupan keseharian bangsa ini.

Berbicara dalam forum sosialisasi dan pembudayaan Pancasila di Pusat Studi Pancasila UGM, Jumat (27/1), dia menyatakan perilaku para politisi misalnya tidak pernah akur, itu menunjukkan tidak adanya internalisasi nilai-nilai ideologi kebangsaan pada mereka. Setiap elit politik hanya berpatokan bagaimana meraih kepentingan masing-masing. Sebelum kepentingan diri dan golongannya terpenuhi, segala sesuatu dibuat rumit, saling tarik ulur. Begitu juga dalam pemerintahan, kebijakan-kebijakannya inkonsisten. Musyawarah tidak lagi menjadi ruh dalam mencapai kepentingan bersama.

"Akibatnya, rakyat tidak nyaman dan tenang melihat kehidupan politik di negeri ini," ujar dia.

Dia merindukan nilai-nilai ideologi kebangsaan dalam Pancasila menjadi bagian keseharian lagi bagi segerap putra bangsa. Dia mengusulkan perlu digelorakan lagi upaya memasyaratkan nilai-nilai moral Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan berbagai lembaga lainnya.

Peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM Djoko Pitoyo menyatakan tidak mudah lagi untuk berbicara sosialisasi Pancasila terutama di perguruan tinggi. Dia mendapatkan banyak protes dari mahasiswa ketika mahasiswa diminta mengikuti mata kuliah Pancasila. Mereka berkilah kuliah Pancaila membosankan karena ini telah diajarkan sejak sekolah dasar (SD). (A-84/das)***

Baca Juga

Tujuh Dusun di Kaki Gunung Rinjani Kekeringan

NASIONAL
MATARAM, (PRLM).- Sebanyak 4.000 jiwa lebih warga yang mendiami tujuh dusun di bawah kaki Gunung Rinjani Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, mengalami kesuli

Pelepasan Satga Pamtas RI-Malaysia

NASIONAL

BALIKPAPAN, (PRLM).- Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P, bertindak sebagai Irup pada upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 433/JS di dermaga pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur.

Korban Jatuhnya Hercules Diperkirakan di Atas 100 Jiwa

NASIONAL
Korban Jatuhnya Hercules Diperkirakan di Atas 100 Jiwa

MEDAN, (PRLM).- Pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara Hercules C-130 yang jatuh di Medan hari Selasa (30/6/2015) di daerah permukiman membawa 113 orang, kesemuanya dikhawatirkan meninggal dunia.

Kostrad Gelar Penataran Nikgarlat

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Organisasi selalu memerlukan personel yang mempunyai kecakapan–kecakapan sehingga akumulasi dari berbagai kecakapan itu akan menghasilkan berbagai macam produk.