Roh Ideologi Bangsa Telah Hilang

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Nilai-nilai ideologi kebangsaan telah kehilangan ruhnya sejalan dengan "lenyapnya" Pancasila dalam kehidupan keseharian setiap anak bangsa. Karena itu, bangsa ini seperti kehilangan arah dan tujuan dalam berbangsa dan bernegara.

Pengurus Paguyupan Kebangsaan Jakarta Drs. Pitoyo, MA menyatakan situasi yang tengah melanda bangsa ini sama halnya dengan krisis ideologi dan jati diri. Dasar-dasar moral dalam Pancasila tidak tercermin dalam kehidupan keseharian bangsa ini.

Berbicara dalam forum sosialisasi dan pembudayaan Pancasila di Pusat Studi Pancasila UGM, Jumat (27/1), dia menyatakan perilaku para politisi misalnya tidak pernah akur, itu menunjukkan tidak adanya internalisasi nilai-nilai ideologi kebangsaan pada mereka. Setiap elit politik hanya berpatokan bagaimana meraih kepentingan masing-masing. Sebelum kepentingan diri dan golongannya terpenuhi, segala sesuatu dibuat rumit, saling tarik ulur. Begitu juga dalam pemerintahan, kebijakan-kebijakannya inkonsisten. Musyawarah tidak lagi menjadi ruh dalam mencapai kepentingan bersama.

"Akibatnya, rakyat tidak nyaman dan tenang melihat kehidupan politik di negeri ini," ujar dia.

Dia merindukan nilai-nilai ideologi kebangsaan dalam Pancasila menjadi bagian keseharian lagi bagi segerap putra bangsa. Dia mengusulkan perlu digelorakan lagi upaya memasyaratkan nilai-nilai moral Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan berbagai lembaga lainnya.

Peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM Djoko Pitoyo menyatakan tidak mudah lagi untuk berbicara sosialisasi Pancasila terutama di perguruan tinggi. Dia mendapatkan banyak protes dari mahasiswa ketika mahasiswa diminta mengikuti mata kuliah Pancasila. Mereka berkilah kuliah Pancaila membosankan karena ini telah diajarkan sejak sekolah dasar (SD). (A-84/das)***

Baca Juga

Muhammadiyah Gugat 3 UU Investasi

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggugat tiga jenis perundang-undangan, sembari mengumandangkan apa yang mereka sebut sebagai "jihad konstitusional" yang dapat menjadi pukulan bagi investor asing di sektor minyak bumi dan gas.

Solo Batik Carnival Menuju Puncak

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Solo Batik Carnival (SBC) 2015 terus bergulir berbagai kegiatannya, terutama workshop yang telah berlangsung hingga minggu ke tujuh. Beragam kegiatan telah dilaksanakan, antara lain pengenalan make-up pada minggu ketiga bulan ini.

Eksekusi Mati

Polda Jateng Siapkan Penembak Jitu

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).- Persiapan pelaksanaan eksekusi sembilan terpidana mati kasus narkoba di Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah pada Selasa (28/4/2015) hingga pukul 9.00 sudah siap sepenuhnya.

Prajurit Denpal Divif 2 Kostrad Gelar Donor Darah

NASIONAL

MALANG, (PRLM).- Prajurit Denpal Divif 2 Kostrad dan ibu-ibu Persit ranting 7 Denpal Divif 2 Kostrad mengikuti kegiatan sosial donor darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun(HUT) k e-54 Divif 2 Kostrad, bertempat di Gedung Sandoyo Madivif 2 Kostrad Singosari Malang.