Roh Ideologi Bangsa Telah Hilang

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Nilai-nilai ideologi kebangsaan telah kehilangan ruhnya sejalan dengan "lenyapnya" Pancasila dalam kehidupan keseharian setiap anak bangsa. Karena itu, bangsa ini seperti kehilangan arah dan tujuan dalam berbangsa dan bernegara.

Pengurus Paguyupan Kebangsaan Jakarta Drs. Pitoyo, MA menyatakan situasi yang tengah melanda bangsa ini sama halnya dengan krisis ideologi dan jati diri. Dasar-dasar moral dalam Pancasila tidak tercermin dalam kehidupan keseharian bangsa ini.

Berbicara dalam forum sosialisasi dan pembudayaan Pancasila di Pusat Studi Pancasila UGM, Jumat (27/1), dia menyatakan perilaku para politisi misalnya tidak pernah akur, itu menunjukkan tidak adanya internalisasi nilai-nilai ideologi kebangsaan pada mereka. Setiap elit politik hanya berpatokan bagaimana meraih kepentingan masing-masing. Sebelum kepentingan diri dan golongannya terpenuhi, segala sesuatu dibuat rumit, saling tarik ulur. Begitu juga dalam pemerintahan, kebijakan-kebijakannya inkonsisten. Musyawarah tidak lagi menjadi ruh dalam mencapai kepentingan bersama.

"Akibatnya, rakyat tidak nyaman dan tenang melihat kehidupan politik di negeri ini," ujar dia.

Dia merindukan nilai-nilai ideologi kebangsaan dalam Pancasila menjadi bagian keseharian lagi bagi segerap putra bangsa. Dia mengusulkan perlu digelorakan lagi upaya memasyaratkan nilai-nilai moral Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan berbagai lembaga lainnya.

Peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM Djoko Pitoyo menyatakan tidak mudah lagi untuk berbicara sosialisasi Pancasila terutama di perguruan tinggi. Dia mendapatkan banyak protes dari mahasiswa ketika mahasiswa diminta mengikuti mata kuliah Pancasila. Mereka berkilah kuliah Pancaila membosankan karena ini telah diajarkan sejak sekolah dasar (SD). (A-84/das)***

Baca Juga

3 Anjing Pelacak Temukan Bagian Tubuh

NASIONAL
MEDAN, (PRLM).- Sebanyak tiga anjing pelacak yang dilibatkan mencari korban Pesawat Hercules TNI AU C-130 bisa menemukan tambahan tubuh di lokasi jatuhnya pesawat, Jalan

DVI Targetkan Identifikasi Korban Hercules Tuntas Jumat Ini

NASIONAL
DVI Targetkan Identifikasi Korban Hercules Tuntas Jumat Ini

MEDAN, (PRLM).- Disaster Victim Investigation (DVI) menargetkan proses identifikasi jenazah korban jatuhnya Pesawat Hercules TNI AU C-130 bisa rampung hari Jumat (3/7/2015) ini. Sudah lebih dari 100 kantung jenazah korban yang diidentifikasi dari 146 kantung yang diterima.

Turis Asing Nekat Mencoret Tugu Pal Putih

NASIONAL
YOGYAKARTA - Warga Negara Asing (WNA), Yit Kampak Mga nekat mencoret Tugu Pal Putih dengan menggunakan cat warna Merah, di Menayu Kulon Kasihan Bantul, Yogyakarta.
 

Gus Dur Diajukan Jadi Pahlawan Nasional

NASIONAL
SURABAYA, (PRLM).- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa turut berkomentar mengenai pemberian gelar pahlawan bagi presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur