Penduduk Asli Aborigin Jauh Tertinggal dari Warga Pendatang

LUAR NEGERI

CANBERRA, (PRLM).- Setiap menjelang peringatan "Australia Day" yang dirayakan setiap tanggal 26 Januari itu, warga Aborigin selalu terkenang dengan penderitaan mereka di masa lalu. Sejak Inggris mendarat di Benua Australia pada 1778, tidak ada kemajuan signifikan yang dirasakan bangsa Aborigin. Padahal, saat ini Australia adalah salah satu negara kaya di dunia. Namun, kekayaan dan kesejahteraan masyarakat Australia itu tidak mendatangkan kebahagiaan bagi rakyat Aborigin.

Kemajuan rakyat Aborigin, kendati merupakan bangsa asli Australia, sampai saat ini tidak terlalu signifikan. Dibandingkan dengan pendatang dari Asia dan Timur Tengah, bangsa Aborigin masih tertinggal. Berdasarkan data, mayoritas Aborigin Australia kini tinggal di negara bagian Northern Teritory yang beribukotakan Darwin. Namun demikian, populasi Aborigin dapat ditemukan di semua negara bagian.

Pemerintah Australia selama ini membantah telah mengabaikan hak -hak masyarakat Aborigin. Pasalnya, selama ini pemerintah mengaku sudah membuat sejumlah kebijakan khusus bagi warga Aborigin Australia. Contohnya, di bidang pendidikan, warga Aborigin dapat diterima dengan mudah dis jeumlah universitas ternama di negara itu.

Mereka tidak perlu untuk melakukan tes seperti warga Australia lainnya. Akan tetapi, dilaporkan, masyarakat Aborigin tidak memanfaatkan dengan baik sejumlah kemudahan yang diberikan pemerintah tersebut. (A-133/das)***

Baca Juga

Koalisi Pimpinan Saudi Bantah Bom Kedutaan Iran

LUAR NEGERI

RIYADH, (PRLM).- Koalisi militer pimpinan Arab Saudi membantah tuduhan Iran bahwa salah satu pesawat tempurnya sengaja membom Kedutaan Besar Iran di ibu kota Yaman, Sana’a.

Pencari Suaka di Antara Tersangka Serangan Seksual di Cologne

LUAR NEGERI

COLOGNE, (PRLM).- Pihak berwenang Jerman mengatakan mereka telah mengidentifikasi 18 orang pencari suaka di antara 31 orang tersangka terkait serangan yang mereka lakukan di Cologne pada perayaan malam tahun baru.

Seorang Perempuan Swiss, Dua Kali Menjadi Korban Penculikan

LUAR NEGERI

BAMAKO, (PRLM).- BPenduduk dan pejabat di Timbuktu mengatakan kawanan bersenjata memasuki rumah Beatrice Stockly dan membawanya pergi. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab.

Aktris Meksiko Kate del Castillo Bantu Senn Penn Temui El Chapo

LUAR NEGERI

MEKSIKO, (PRLM).- Sutradara ternama dunia Sean Penn dilaporkan berhasil menghubungi gembong narkoba El Chapo untuk keperluan pembuatan film setelah sebelumnya dibantu oleh aktris ternama Meksiko Kate del Castillo.