Penduduk Asli Aborigin Jauh Tertinggal dari Warga Pendatang

LUAR NEGERI

CANBERRA, (PRLM).- Setiap menjelang peringatan "Australia Day" yang dirayakan setiap tanggal 26 Januari itu, warga Aborigin selalu terkenang dengan penderitaan mereka di masa lalu. Sejak Inggris mendarat di Benua Australia pada 1778, tidak ada kemajuan signifikan yang dirasakan bangsa Aborigin. Padahal, saat ini Australia adalah salah satu negara kaya di dunia. Namun, kekayaan dan kesejahteraan masyarakat Australia itu tidak mendatangkan kebahagiaan bagi rakyat Aborigin.

Kemajuan rakyat Aborigin, kendati merupakan bangsa asli Australia, sampai saat ini tidak terlalu signifikan. Dibandingkan dengan pendatang dari Asia dan Timur Tengah, bangsa Aborigin masih tertinggal. Berdasarkan data, mayoritas Aborigin Australia kini tinggal di negara bagian Northern Teritory yang beribukotakan Darwin. Namun demikian, populasi Aborigin dapat ditemukan di semua negara bagian.

Pemerintah Australia selama ini membantah telah mengabaikan hak -hak masyarakat Aborigin. Pasalnya, selama ini pemerintah mengaku sudah membuat sejumlah kebijakan khusus bagi warga Aborigin Australia. Contohnya, di bidang pendidikan, warga Aborigin dapat diterima dengan mudah dis jeumlah universitas ternama di negara itu.

Mereka tidak perlu untuk melakukan tes seperti warga Australia lainnya. Akan tetapi, dilaporkan, masyarakat Aborigin tidak memanfaatkan dengan baik sejumlah kemudahan yang diberikan pemerintah tersebut. (A-133/das)***

Baca Juga

Di Bolivia Paus Fransiskus "Akan Mengunyah" Daun Koka

LUAR NEGERI

VATIKAN, (PRLM).- Paus Fransiskus meminta daun koka untuk dikunyah saat mengunjungi Bolivia, demikian disampaikan Menteri Kebudayaan Bolivia Marko Machicao.

Koka, bahan dasar kokain, dipakai di Andes selama ribuan tahun untuk mengatasi penyakit ketinggian dan pembius ringan.

Walmart Minta Maaf Soal Kue ISIS

LUAR NEGERI

LOUISIANA, (PRLM)- Jaringan toko eceran Amerika Serikat, Walmart, meminta maaf karena satu tokonya di Louisiana membuat kue dengan hiasan bendera kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Celana Dalam dari Katun Milik Ratu Victoria Akan Dilelang

LUAR NEGERI
Celana Dalam dari Katun Milik Ratu Victoria Akan Dilelang

WILTSHIRE, (PRLM).- Celana dalam dari katun milik Ratu Victoria dengan ukuran pinggang 114 centimeter akan dijual lewat lelang di Wiltshire, Inggris.

Celana yang dibordir monogram VR itu dijual atas nama museum Yesterday's World di Sussex.

36 Tewas Akibat Feri Terbalik di Filipina

LUAR NEGERI

ORMOC, (PRLM).- Sedikitnya 36 orang meninggal dunia sesudah sebuah kapal feri terbalik di lepas pantai Leyte di Filipina tengah, Kamis (2/7/2015). Kapal Kim Nirvana membawa 173 penumpang ketika terbalik di lautan bergelombang ketika baru berangkat dari pelabuhan di Kota Ormoc.