Status RSUD Ujungberung Harus Ditingkatkan Jadi B

BANDUNG, (PRLM).- Peningkatan kelas layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung di Jalan A. H. Nasution atau Ujungberung harus segera dilakukan. Minimal, status kelas C yang saat ini dimiliki RSUD Kota Bandung harus ditingkatkan menjadi kelas B. Peningkatan status ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama di Bandung bagian timur.

Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan, saat ini masalah kesehatan di Kota Bandung semakin kompleks. Untuk itu, terobosan harus terus dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut.

"Nantinya jika kelas B sudah didapatkan, tidak ada lagi pasien yang pulang karena fasilitas yang tidak lengkap atau tidak mampu membayar," kata Dada, ketika ditemui usai pemaparan mengenai RSUD Kota Bandung menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di Pendopo Wali Kota Bandung, Jumat (20/1/12) pagi.

Dada juga mengingatkan kepada tim medis, agar selalu bersikap ramah dan melayani semua pasien dari berbagai kalangan dengan baik. "Saya tidak mau dengar lagi ada pasien pindah rumah sakit karena perawat dan dokternya judes, apalagi ada alasan kalau rumah sakitnya kotor," kata Dada.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung Taat Tagore mengatakan, akan mengejar ketertinggalan pelayanan dengan peningkatan status tersebut.

Tahun ini, lanjut dia, pihaknya akan mulai melakukan pembebasan lahan perluasan rumah sakit dengan alokasi anggaran Rp 40 miliar. Sedangkan total anggaran yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan demi memenuhi standar luas rumah sakit kelas B seluas 4 hektare, yaitu Rp 80 miliar.

"Opsinya dua, antara memperluas lahan rumah sakit yang sekarang baru satu hektare menjadi empat hektare, atau relokasi. Kalau pun relokasi, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 600 meter," kata Taat.

Pada 2011, jumlah pendapatan RSUD Kota Bandung sebesar Rp 28,06 miliar. Sedangkan dengan status BLUD, target pendapatan tahun ini sekitar Rp 32 miliar.

Dengan status C, saat ini jumlah tempat tidur yang dimiliki RSUD Kota Bandung sebanyak 132 unit. Jumlah itu terdiri dari 72 unit di kelas 3, 42 unit di kelas 2, 6 unit di kelas 1, dan 12 unit di kelas VIP. Rencananya, terdapat penambahan tempat tidur di ruang rawat inap kelas 1 sebanyak 33 unit per 1 Februari 2012. (A-175/A-88)***

Baca Juga

Jabar Memborong Teknologi Tepat Guna Inovasi Nasional di Bali

BANDUNG, (PR).- Jawa Barat memborong lima juara untuk Juara I Desa Bersama Terbaik, Juara I Bersama Kelurahan Terbaik, Juara II Stand Pameran PINDeskel Terbaik, Juara I TTG Inovasi Terbaik, dan Juara Harapan II TTG Unggulan Terbaik pada aj