Harga Beras di Kota Bekasi Alami Kenaikan

EKONOMI

BEKASI, (PRLM).-Harga beras di tingkat pengecer di Kota Bekasi naik secara bertahap sejak Desember 2011. Kenaikan harga beras diperkirakan masih akan berlangsung hingga Maret 2012 dengan prediksi harga di atas Rp 8.000,00/kg.

Seperti diakui Aan (21), penjual beras di Pasar Bantargebang, Kota Bekasi. Saat ini harga beras jenis IR 10 dijualnya Rp 380.000,00 per karung atau sama dengan Rp 7.600,00/kg.

"Itu jenis IR yang paling bagus karena proses penggilingannya berbeda. Tapi harganya masih lebih rendah dibandingkan beras Pandan Wangi yang saya jual Rp 450.000,00 per karung," ucap Aan di kiosnya, Kamis (5/1).

Menurutnya, sudah sejak Desember, harga beras yang dijajakannya naik, seiring kenaikan harga gabah dan sulitnya mendapatkan pasokan. Hal tersebut, diakuinya lumrah di tengah masa tebar benih.

"Kondisi seperti ini sudah rutin terjadi setiap tahun. Harga baru mulai turun biasanya bulan Maret, karena beberapa sentra produksi padi sudah mulai panen," katanya.

Aan yang menggiling gabah sendiri untuk mendapatkan beras biasa mendapatkan pasokan dari Indramayu. Namun di tengah kelangkaan pasokan seperti sekarang ini, ia pun mencari gabah hingga ke Banten dan Solo. Kelangkaan pasokan itu pun mengakibatkan kualitas beras yang beredar di pasar buruk.

Pedagang lainnya, Faturahman (35), mengakui pasokan beras yang diterimanya banyak sebagian sudah menguning warnanya. "Kalau beras yang jelek seperti ini sudah diedarkan ke pasar, berarti pasokan sedang sulit. Beras jadi jelek seperti ini karena perlakuannya tak disimpan dalam karung yang sesuai," ucap pedagang yang mendatangkan beras dari Karawang dan Cipinang, Jakarta ini.

Meski kualitasnya jelek, konsumen yang membeli beras jenis IR 42 itu tetap banyak. Beras dengan harga termurah Rp 6.000,00/kg itu tetap diminati. (A-184/kur)***

Baca Juga

Apakah Buatan Cina Bisa Menjadi Merek Mewah?

EKONOMI

BEIJING, (PRLM).- Sudah sejak lama orang-orang kaya di Cina menengok ke Barat untuk mendapatkan produk-produk mewah yang mereka inginkan. Namun bisa jadi tren itu akan berubah.

Telah bermunculan label-label buatan Cina yang dinilai bisa menggoyahkan merek-merek mapan.

Kemarau Panjang Jadi Momentum Kebangkitan Garam Industri

EKONOMI

BANDUNG,(PRLM).- Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin, meminta kepada Kementerian Kelautan Perikanan dan Kementerian Perindustrian agar momentum kemarau panjang tahun ini dijadikan kebangkitan industri garam dalam negeri yang mampu memenuhi kebutuhan garam industri dalam negeri.

MP3 Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian

EKONOMI
PENYULUH mendampingi petani saat menggarap sawah mereka di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Master Plan Penyuluh Pertanian (MP3) harus segera disusun untuk mengoptimalkan peran penyuluh dalam produksi pertanian jangka panjang.

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat Entang Sastraatmadja menilai Master Plan Penyuluh Pertanian (MP3) di Jawa Barat sebagai hal yang mendesak untuk segera disusun dan direalisasikan.

Produksi Perikanan Budidaya Jabar Turun 20 Persen

EKONOMI
NELAYAN Dusun Bondet, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon menurunkan ikan hasil tangkapan dari perahu mereka beberapa waktu lalu. Fenomena Elnino membuat ikan di laut makin banyak mudah ditangkap, namun menurunkan pasokan air untuk p

BANDUNG (PRLM).- Produksi perikanan budidaya Jawa Barat (Jabar) menurun 10-20 persen sejak memasuki musim kemarau. Kondisi itu akibat fenomena elnino yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan mengurangi pasokan air untuk budidaya ikan.