Enam Desa di Perbatasan Dijadikan Desa Mandiri Pangan

SOREANG, (PRLM).- Pemkab Bandung pada tahun 2012 ini menggulirkan program desa mandiri pangan yang tahun ini untuk desa-desa perbatasan dengan kabupaten/kota lain.

"Ada enam desa untuk tahun 2012 berupa bantuan Rp 100 juta bagi pendirian usaha pangan produktif agar warga miskin tak lagi rawan daya beli. Enam desa itu adalah Desa Cihawuk (Kertasari), Desa Mekarmanik (Cimenyan), Desa Babakan (Ciparay), Desa Mandala Wangi (Nagreg), dan Desa Tanjung dan Desa Tanjung Wangi (Cicalengka)," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kab. Bandung, H. Dadang Hermawan, di ruang kerjanya, Rabu (4/1).

Menurut Dadang, khusus Desa Tanjung mendapatkan anggaran dari APBN pusat, sedangkan lima desa lainnya dari APBD Kab. Bandung. "Dari evaluasi desa mandiri pangan tahun-tahun sebelumnya cukup berhasil, namun masih harus ada perbaikan sistemnya," katanya.

Program tersebut berupa bantuan sebesar Rp 100 juta untuk membantu pengolahan hasil produk desa sesuai dengan potensi yang ada. "Intinya memperkuat ketahanan pangan sehingga tidak ada warga yang rawan daya beli," katanya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

Dua Hari Terguling, Kontainer Belum Dievakuasi

NGAMPRAH, (PR).- Sebuah truk kontainer terperosok ke parit yang ada di bahu jalan dekat Jembatan Balfour Beatty Sakti (BBS), Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Sejak terguling dua hari lalu, hingga Minggu, 1 Mei 2016, truk tersebut masih belum dievakuasi.

Jangan Sampai Wisata Stroberi Hanya Tinggal Cerita

BANDUNG - Bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Ciwidey dan Rancabali, kebun-kebun stroberi petik sendiri bisa menjadi obyek wisata yang menyenangkan. Hamparan stroberi yang berwarna merah menjadi daya tarik untuk segera dipetik bahkan langsung dimakan saat berada di kebunnya.