Enam Desa di Perbatasan Dijadikan Desa Mandiri Pangan

SOREANG, (PRLM).- Pemkab Bandung pada tahun 2012 ini menggulirkan program desa mandiri pangan yang tahun ini untuk desa-desa perbatasan dengan kabupaten/kota lain.

"Ada enam desa untuk tahun 2012 berupa bantuan Rp 100 juta bagi pendirian usaha pangan produktif agar warga miskin tak lagi rawan daya beli. Enam desa itu adalah Desa Cihawuk (Kertasari), Desa Mekarmanik (Cimenyan), Desa Babakan (Ciparay), Desa Mandala Wangi (Nagreg), dan Desa Tanjung dan Desa Tanjung Wangi (Cicalengka)," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kab. Bandung, H. Dadang Hermawan, di ruang kerjanya, Rabu (4/1).

Menurut Dadang, khusus Desa Tanjung mendapatkan anggaran dari APBN pusat, sedangkan lima desa lainnya dari APBD Kab. Bandung. "Dari evaluasi desa mandiri pangan tahun-tahun sebelumnya cukup berhasil, namun masih harus ada perbaikan sistemnya," katanya.

Program tersebut berupa bantuan sebesar Rp 100 juta untuk membantu pengolahan hasil produk desa sesuai dengan potensi yang ada. "Intinya memperkuat ketahanan pangan sehingga tidak ada warga yang rawan daya beli," katanya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

Pemerintah Dukung Orang Tua Vaksin Ulang Anaknya

BANDUNG, (PR).- Keresahan akibat beredarnya vaksin palsu seharusnya menjadi titik balik agar masyarakat percaya kepada pemerintah. Dinas Kesehatan Jawa Barat memastikan jalur pemerintah selalu aman.

Petugas Kebersihan Terima Bingkisan dan Uang Ketupat

CIMAHI, (PR).- Menjelang hari raya Idulfitri 1437 Hijriah, ratusan petugas kebersihan, pertamanan dan pemakaman Kota Cimahi mendapat bingkisan dan uang ketupat dari Pemkot Cimahi. Hal itu dilakukan sebagai apresiasi terhadap kinerja mereka menjaga kebersihan Kota Cimahi.

Sarana di Terminal Bus Belum Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas

BANDUNG,(PR).- Fasilitas publik sarana moda transportasi di Kota Bandung masih belum ramah bagi penyandang disabilitas. Pemerintah daerah belum memberikan dukungan sarana serta prasarana pendukung dan pengusaha juga tidak memberikan pelayanan maksimal.