Headlines

Enam Desa di Perbatasan Dijadikan Desa Mandiri Pangan

SOREANG, (PRLM).- Pemkab Bandung pada tahun 2012 ini menggulirkan program desa mandiri pangan yang tahun ini untuk desa-desa perbatasan dengan kabupaten/kota lain.

"Ada enam desa untuk tahun 2012 berupa bantuan Rp 100 juta bagi pendirian usaha pangan produktif agar warga miskin tak lagi rawan daya beli. Enam desa itu adalah Desa Cihawuk (Kertasari), Desa Mekarmanik (Cimenyan), Desa Babakan (Ciparay), Desa Mandala Wangi (Nagreg), dan Desa Tanjung dan Desa Tanjung Wangi (Cicalengka)," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kab. Bandung, H. Dadang Hermawan, di ruang kerjanya, Rabu (4/1).

Menurut Dadang, khusus Desa Tanjung mendapatkan anggaran dari APBN pusat, sedangkan lima desa lainnya dari APBD Kab. Bandung. "Dari evaluasi desa mandiri pangan tahun-tahun sebelumnya cukup berhasil, namun masih harus ada perbaikan sistemnya," katanya.

Program tersebut berupa bantuan sebesar Rp 100 juta untuk membantu pengolahan hasil produk desa sesuai dengan potensi yang ada. "Intinya memperkuat ketahanan pangan sehingga tidak ada warga yang rawan daya beli," katanya. (A-71/A-88)***

Customize This