Jalur Bandung-Yogyakarta Ambles Puluhan Meter

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).-Jalur transportasi utama Yogyakarta- Bandung amblas sepanjang 21 meter. Jalur utama penghubung antara jalur selatan dan Pantura juga terputus.

Peristiwa itu terjadi setelah diguyur hujan terus-menerus sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya, arus lalulintas tersendat karena kendaraan harus berjalan dengan sistem buka tutup.

Jalan amblas terletak di KM 58+300 antara Lumbir, Banyumas dengan Karangpucung, Cilacap. Panjang amblesan sekitar 21 meter dengan kedalaman 4 meter.

Di sisi jalan yang amblas tersebut merupakan jurang dengan kedalaman 14 meter. Dikhawatirkan kondisi jalan ambles makin melebar, karena curah hujan masih sangat tinggi.

"Mudah-mudahan lokasi jalan yang amblas tidak semakin melebar sehingga tidak sampai ditutup total," kata Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Jateng Wilayah Jateng Selatan bagian Barat, Edy Gunawan, Selasa (3/1).

Guna menghindari kemacetan, maka kini digunakan sistem buka tutup. Kendaraan yang melintas dari arah Bandung ke Yogyakarta atau sebaliknya harus berjalan secara bergantian. Dampaknya, kini terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang, terutama arus lalulintas dari arah Yogyakarta ke Bandung.

Pada akhir tahun 2011 lalu, ruas jalan itu juga pernah ambles. "Waktu itu sudah kita perkuat dengan membuat tanggul penahan badan jalan di sisi ruas jalan yang berhadapan langsung dengan jurang. Namun karena curah hujannya tinggi Senin (2/1) malam terjadi amblas lagi dan kondisinya lebih parah,” kata Edy,

Untuk perbaikan, dia belum bisa memastikan. Pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah provinsi. "Tapi kerusakan jalannya sudah kita laporkan ke tingkat provinsi," katanya.(A-99/A-89)****

Baca Juga

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

2.568 Pemegang Hak Pilih Tentukan Pimpinan Muhammadiyah

NASIONAL

MAKASSAR, (PRLM).- Korps Serba Guna (Kosegu) memperketaet pengamanan dalam pemilihan calon pimpinan PP Muhamamdiyah di Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Universitas Muhamamdiyah Makassar (Unismuh), Rabu (5/8/2015).

Dua Sejoli Kepergok Berbuat Mesum di Gua Lebar

NASIONAL
SAMPANG, (PRLM).- Gara-gara kepergok berbuat mesum di sekitar lokasi wisata Gua Lebar Desa Rongtengah, Kecamatan Kota, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sepasang kekasih dinikahkan paksa oleh warga setempat.
 

Suami Kerja di Malaysia, Istri Punya Hubungan Gelap

NASIONAL
PAMEKASAN, (PRLM).- Sesosok mayat bayi ditemukan terbungkus plastik di areal Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Korong Laok, Desa Sana Tengah, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.
 

Wapres: Pemerintah Lakukan Berbagai Upaya Hadapi Kekeringan

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Pemerintah berupaya mencegah meluasnya dampak kekeringan di berbagai daerah. Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri perayaan 33 tahun Pondok Pesantren Modern Assalam Sukoharjo, Sabtu (8/8/2015), mengatakan langkah strategis mengatasi dampak kekeringan terus dilakukan.