PLN Sosialisasikan Biaya Penyambungan Listrik

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Palabuhanratu akan mengintensifkan sosialisasi tentang biaya penyambungan listrik ke rumah-rumah penduduk. Pasalnya, akibat kurangnya sosialisasi menyebabkan relatif banyak masyarakat di pelosok perkampungan yang tertipu praktik pungli (pungutan liar) oleh oknum warga. Oknum tersebut mengaku-ngaku panitia yang menawarkan jasa untuk mengolektifkan pembayaran pemasangan listrik baru kepada PLN dengan tarif yang melambung.

Kondisi tersebut, seperti yang dikeluhkan oleh sejumlah warga di Kp. Cengkuk, Desa Margalaksana, Kec. Cikakak. Dari tarif normal pemasangan listrik baru dengan daya 450 VA Rp 900.000, harganya membengkak menjadi Rp 1,3 juta. Biaya Rp 900.000 itu meliputi biaya pasang baru resmi ke PLN sebesar Rp 345.500 dan sisanya untuk biaya pemasangan instalasi listrik ke rumah penduduk yang dilakukan oleh petugas instalatir.

“Memang kami tidak memungkiri, cukup banyak masyarakat yang mengeluhkan harga pasang listrik baru yang membengkak. Kondisi tersebut, seperti yang terjadi di Kec. Lengkong, termasuk di Kp. Cengkuk, Kec. Cikakak. Bahkan keluhan yang disampaikan melalui call center PLN 123, kebanyakan yang seperti itu. Kami juga prihatin,” kata Manager PLN UPJ Palabuhanratu, Cecep Supriatna ketika ditemui di ruang kerjanya di Palabuhanratu, Jumat (16/12).

Menurut dia, seiring dengan kebijakan baru, kini PLN tidak lagi mengurusi keuangan dari pembayaran pemasangan listrik baru dari konsumen maupun pemasangan instalasi listrik ke rumah-rumah penduduk. Saat ini, pembayaran pemasangan listrik baru langsung melalui PPOB (payment poin online bank), seperti ke bank atau KUD Untuk pemasangan instalasi listriknya pun, kini dipasang oleh perusahaan instalatir. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Terima Insentif Rp 100.000,00/Bulan

Relawan Tagana Harapkan Perhatian Pemerintah

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Sungguh tidak sebanding dengan beban dan tanggung jawab pekerjaan yang harus dipikul relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kabupaten Cianjur.

Diset Seolah Gantung Diri, Kasus Pembunuhan Terungkap

JAWA BARAT

SINGAPARNA, (PRLM).- Rekaan set Saepudin (38) gagal mengelabui aparatur kepolisian. Supaya menyamarkan tindakan kejahatannya, Saepudin mencoba membuat set, seolah korban, Cucu Cuhayati (53) mati akibat gantung diri.

Sedikitnya 150 Hektar Sawah Terancam tidak Mendapat Pasokan Air

JAWA BARAT
NURHANDOKO WIYOSO/PRLM

BANJAR,(PRLM).-Sedikitnya 150 hektare persawahan di wilayah Kecamatan Purwaharja dan sekitarnya, Kota Banjar terencam tidak mendapat pasokan air.

Hal itu berkenaan dengan ambrolnya tembok saluran irigasi, menyusul longsornya tanggul Sungai Cijolang.

Aksi Prihatin Ketakjelasan Yayasan

Mahasiswa Stikes BP Buat Kuburan Depan Kampus

JAWA BARAT
NURHANDOKO WIYOSO/PRLM

BANJAR, (PRLM).- Tidak kurang 100 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Putera Kota Banjar menggelar aksi keprihatinan atas minimnya fasilitas dan ketidakjelasan yayasan yang menaungi institusi tersebut.