PLN Sosialisasikan Biaya Penyambungan Listrik

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Palabuhanratu akan mengintensifkan sosialisasi tentang biaya penyambungan listrik ke rumah-rumah penduduk. Pasalnya, akibat kurangnya sosialisasi menyebabkan relatif banyak masyarakat di pelosok perkampungan yang tertipu praktik pungli (pungutan liar) oleh oknum warga. Oknum tersebut mengaku-ngaku panitia yang menawarkan jasa untuk mengolektifkan pembayaran pemasangan listrik baru kepada PLN dengan tarif yang melambung.

Kondisi tersebut, seperti yang dikeluhkan oleh sejumlah warga di Kp. Cengkuk, Desa Margalaksana, Kec. Cikakak. Dari tarif normal pemasangan listrik baru dengan daya 450 VA Rp 900.000, harganya membengkak menjadi Rp 1,3 juta. Biaya Rp 900.000 itu meliputi biaya pasang baru resmi ke PLN sebesar Rp 345.500 dan sisanya untuk biaya pemasangan instalasi listrik ke rumah penduduk yang dilakukan oleh petugas instalatir.

“Memang kami tidak memungkiri, cukup banyak masyarakat yang mengeluhkan harga pasang listrik baru yang membengkak. Kondisi tersebut, seperti yang terjadi di Kec. Lengkong, termasuk di Kp. Cengkuk, Kec. Cikakak. Bahkan keluhan yang disampaikan melalui call center PLN 123, kebanyakan yang seperti itu. Kami juga prihatin,” kata Manager PLN UPJ Palabuhanratu, Cecep Supriatna ketika ditemui di ruang kerjanya di Palabuhanratu, Jumat (16/12).

Menurut dia, seiring dengan kebijakan baru, kini PLN tidak lagi mengurusi keuangan dari pembayaran pemasangan listrik baru dari konsumen maupun pemasangan instalasi listrik ke rumah-rumah penduduk. Saat ini, pembayaran pemasangan listrik baru langsung melalui PPOB (payment poin online bank), seperti ke bank atau KUD Untuk pemasangan instalasi listriknya pun, kini dipasang oleh perusahaan instalatir. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Bidan PTT Kota Tasikmalaya Donor Darah

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Z Kholis, mengatakan, kekurangan stok darah di Kota Tasikmalaya masih menjadi permasalahan yang harus diperhatikan. Ditambah minimnya warga yang mau mendonorkan darahnya.

May Day

Buruh Sampaikan 10 Permasalahan Ketenagakerjaan

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Ada sepuluh permasalahan ketenagakerjaan yang buruh sampaikan dalam orasi aksi May Day buruh dan Pekerja se Kota Tasikmalaya, Jumat (1/5/2015).

Gerakan Mahasiswa Mengetuk Hati d i Area CFD

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Area Car Free Day sepanjang jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya menjadi salah satu tempat untuk kegiatan gerakan peduli Mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya belasan mahasiswa tersebut menggelar aksi solidaritas penggalangan dana bagi Palestina, Minggu (3/5/2015)

Pakta Integritas, Wajibkan Calon Polisi Bersikap Jujur

JAWA BARAT
SEORANG pendaftar akademi kepolisian disertai orangtuanya menandatangani Pakta integritas untuk tidak berbuat curang ketika mengikuti tes, serta tidak akan menyogok petugas.

MAJALENGKA, (PRLM).- Sebanyak 254 orang calon anggota kepolisian dan orangtua calon anggota kepolisian di Kabupaten Majalengka tandatangani pakta integritas untuk bersikap jujur, transparan dan tidak akan menyuap siapapun ketika tes dilakukan, Senin (4/5/2015) di Aula Mapolres Majalengka.