PLN Sosialisasikan Biaya Penyambungan Listrik

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Palabuhanratu akan mengintensifkan sosialisasi tentang biaya penyambungan listrik ke rumah-rumah penduduk. Pasalnya, akibat kurangnya sosialisasi menyebabkan relatif banyak masyarakat di pelosok perkampungan yang tertipu praktik pungli (pungutan liar) oleh oknum warga. Oknum tersebut mengaku-ngaku panitia yang menawarkan jasa untuk mengolektifkan pembayaran pemasangan listrik baru kepada PLN dengan tarif yang melambung.

Kondisi tersebut, seperti yang dikeluhkan oleh sejumlah warga di Kp. Cengkuk, Desa Margalaksana, Kec. Cikakak. Dari tarif normal pemasangan listrik baru dengan daya 450 VA Rp 900.000, harganya membengkak menjadi Rp 1,3 juta. Biaya Rp 900.000 itu meliputi biaya pasang baru resmi ke PLN sebesar Rp 345.500 dan sisanya untuk biaya pemasangan instalasi listrik ke rumah penduduk yang dilakukan oleh petugas instalatir.

“Memang kami tidak memungkiri, cukup banyak masyarakat yang mengeluhkan harga pasang listrik baru yang membengkak. Kondisi tersebut, seperti yang terjadi di Kec. Lengkong, termasuk di Kp. Cengkuk, Kec. Cikakak. Bahkan keluhan yang disampaikan melalui call center PLN 123, kebanyakan yang seperti itu. Kami juga prihatin,” kata Manager PLN UPJ Palabuhanratu, Cecep Supriatna ketika ditemui di ruang kerjanya di Palabuhanratu, Jumat (16/12).

Menurut dia, seiring dengan kebijakan baru, kini PLN tidak lagi mengurusi keuangan dari pembayaran pemasangan listrik baru dari konsumen maupun pemasangan instalasi listrik ke rumah-rumah penduduk. Saat ini, pembayaran pemasangan listrik baru langsung melalui PPOB (payment poin online bank), seperti ke bank atau KUD Untuk pemasangan instalasi listriknya pun, kini dipasang oleh perusahaan instalatir. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Pengendara Motor Tewas Terlindas Bus

JAWA BARAT
KORBAN kecelakaan Taufik Hidayat (47), warga Kampung Pacet RT 03 RW 08 Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kab. Cianjur, Rabu (13/1/2016) masih tergeletak di Jalan Raya Cugenang Kampung Pos Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Kab. Cianjur sebelum dilarikan ke RSUD

CIANJUR, (PRLM).- Taufik Hidayat (47), warga Kampung Pacet RT 03 RW 08 Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kab. Cianjur, Rabu (13/1/2016) tewas di tempat akibat kecelakaan lalu lintas yang menimpanya di Jalan Raya Cugenang Kampung Pos Desa Cijedil Kecamatan Cugenang.

Wakil Walkot Banjar: APBDes Harus Selesai Februari 2016

JAWA BARAT

BANJAR,(PRLM).- Mengantisipasi keterlambatan pencairan dana desa , Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) harus tuntas bulan Februari 2016. Keterlambatan pencairan dana desa pertama tahun 2015 disebabkan banyak desa mengalami kesulitan membuat APBDes.

Warga Gembalakan Domba di Kawasan BIJB

JAWA BARAT
WARGA menggiring domba ternaknya saat menggembalakan di kawasan pembangunan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Desa Bantarjati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (14/1/2016). Ketersediaan area terbuka dengan rumput yang melimpah

Pasca-Bom Sarinah, Polres Bogor Perketat Perbatasan

JAWA BARAT
BOGOR, (PRLM).- Pasca-bom Sarinah, petugas kepolisan dari Polres Bogor melakukan razia kendaraan di wilayah perbatasan Parung, Kabupaten Bogor, Jumat (15/1/16).