PLN Sosialisasikan Biaya Penyambungan Listrik

SUKABUMI, (PRLM).- PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Palabuhanratu akan mengintensifkan sosialisasi tentang biaya penyambungan listrik ke rumah-rumah penduduk. Pasalnya, akibat kurangnya sosialisasi menyebabkan relatif banyak masyarakat di pelosok perkampungan yang tertipu praktik pungli (pungutan liar) oleh oknum warga. Oknum tersebut mengaku-ngaku panitia yang menawarkan jasa untuk mengolektifkan pembayaran pemasangan listrik baru kepada PLN dengan tarif yang melambung.

Kondisi tersebut, seperti yang dikeluhkan oleh sejumlah warga di Kp. Cengkuk, Desa Margalaksana, Kec. Cikakak. Dari tarif normal pemasangan listrik baru dengan daya 450 VA Rp 900.000, harganya membengkak menjadi Rp 1,3 juta. Biaya Rp 900.000 itu meliputi biaya pasang baru resmi ke PLN sebesar Rp 345.500 dan sisanya untuk biaya pemasangan instalasi listrik ke rumah penduduk yang dilakukan oleh petugas instalatir.

“Memang kami tidak memungkiri, cukup banyak masyarakat yang mengeluhkan harga pasang listrik baru yang membengkak. Kondisi tersebut, seperti yang terjadi di Kec. Lengkong, termasuk di Kp. Cengkuk, Kec. Cikakak. Bahkan keluhan yang disampaikan melalui call center PLN 123, kebanyakan yang seperti itu. Kami juga prihatin,” kata Manager PLN UPJ Palabuhanratu, Cecep Supriatna ketika ditemui di ruang kerjanya di Palabuhanratu, Jumat (16/12).

Menurut dia, seiring dengan kebijakan baru, kini PLN tidak lagi mengurusi keuangan dari pembayaran pemasangan listrik baru dari konsumen maupun pemasangan instalasi listrik ke rumah-rumah penduduk. Saat ini, pembayaran pemasangan listrik baru langsung melalui PPOB (payment poin online bank), seperti ke bank atau KUD Untuk pemasangan instalasi listriknya pun, kini dipasang oleh perusahaan instalatir. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Pontren Husnul Khatimah Ingin Mencerahkan Dunia

KUNINGAN, (PR).- Dengan mendayagunakan kedahsyatan potensi membaca dan menulis, Pondok Pesantren Husnul Khatimah (Pontren HK) Kab. Kuningan bertekad meningkatkan kualitas kegiatan belajar-mengajar (KBM) sehingga para lulusannya kian banyak melanjutkan studinya di berbagai negara.

Polisi Tangkap Kurir Ganja dan Sabu di Karawang

KARAWANG, (PR).- Seorang penjual narkoba jenis ganja danb sabu dibekuk jajaran Satuan Anti Narkoba Kepolisian Resor Karawang, akhir pekan lalu. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti 80 bungkus daun ganja kering dan 3 paket sabu.

Hanya 45 Persen Irigasi di Cianjur Kondisinya Mantap

CIANJUR, (PR).- Rencana pembangunan irigasi di Kabupaten Cianjur pada tahun anggaran 2016 nilainya diperkirakan mencapai Rp 50 miliar lebih. Dana untuk pembangunan itu bersumber dari bantuan dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), serta bantuan provinsi.