Mengurai Kemacetan Bandung Raya

Padalarang-Bandung-Cicalengka Bakal Dilayani Kereta

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengurai kemacetan yang kini terjadi di sejumlah ruas jalan di Bandung Raya, pemerintah pusat segera membangun jaringan rel kereta listrik yang menghubungkan Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Projek nasional bernama Bandung Urban Railway ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang efektif bagi masyarakat di Bandung Raya.

Jalur ini nantinya akan menghubungkan sejumlah stasiun di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung dengan sistem ganda atau double track sehingga dua kereta api bisa melalui jalur itu dalam waktu yang sama. Pembangunan jalur kereta api yang didandai pinjaman lunak (loan) dari Prancis itu kini dalam tahap pemetaan dan pengkajian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Megaharry Pujiharto mengatakan, saat ini telah dilakukan uji kelayakan pada jalur Kota Bandung-Cicalengka dan pemetaan pada jalur Padalarang-Kota Bandung.

Pengkajian itu dilakukan bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Pemprov Jabar. “Berdasarkan berbagai pengkajian, pembangunan jalur ini lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah unit kereta api yang bisa menambah kemacetan. Harapan kami, dengan adanya jalur ini, kemacetan di Bandung Raya bisa diatasi,” katanya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Batujajar, Rabu (23/11). (A-192/A-88)***

Baca Juga

Antrean di Samsat "Drive Thru" Usai Libur Nasional

BANDUNG RAYA

DPRD Desak BBWS Manfaatkan Folder yang Sudah Ada

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Banjir yang kerap melanda Kec. Baleendah terutama di Kp.Cieunteung jangan sampai menunggu pembebasan lahan folder sampai lima hektare. Pembebasan lahan akan memakan waktu dan anggaran besar, sedangkan warga akan terus terkena banjir.

Gubernur Minta Pelabuhan Cepat Dibangun

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku tak keberatan dengan pembatalan pembangunan pelabuhan di Cilamaya, Kabupaten Karawang oleh pemerintah pusat. Hanya saja, dia minta agar pusat tetap membangun pelabuhan besar di Jawa Barat dalam waktu tidak terlalu lama.

TNI dan Polri Siaga Bencana

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Beberapa daerah di Jawa Barat memang sebagian rawan bencana, baik itu berskala kecil maupun skala besar, seperti di Indramayu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, dan sejumlah daerah lainnya.