Padalarang-Bandung-Cicalengka Bakal Dilayani Kereta

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengurai kemacetan yang kini terjadi di sejumlah ruas jalan di Bandung Raya, pemerintah pusat segera membangun jaringan rel kereta listrik yang menghubungkan Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Projek nasional bernama Bandung Urban Railway ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang efektif bagi masyarakat di Bandung Raya.

Jalur ini nantinya akan menghubungkan sejumlah stasiun di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung dengan sistem ganda atau double track sehingga dua kereta api bisa melalui jalur itu dalam waktu yang sama. Pembangunan jalur kereta api yang didandai pinjaman lunak (loan) dari Prancis itu kini dalam tahap pemetaan dan pengkajian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Megaharry Pujiharto mengatakan, saat ini telah dilakukan uji kelayakan pada jalur Kota Bandung-Cicalengka dan pemetaan pada jalur Padalarang-Kota Bandung.

Pengkajian itu dilakukan bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Pemprov Jabar. “Berdasarkan berbagai pengkajian, pembangunan jalur ini lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah unit kereta api yang bisa menambah kemacetan. Harapan kami, dengan adanya jalur ini, kemacetan di Bandung Raya bisa diatasi,” katanya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Batujajar, Rabu (23/11). (A-192/A-88)***

Baca Juga

Imam Besar Masjid Al Aqsha Ingin Mengunjungi Gedung Merdeka

BANDUNG, (PR).-Rencana Imam Besar Mesjid Al Aqsha, Syeikh Ikrimah Sabri berkunjung ke Bandung merupakan sesuatu yang diimpi-impikannya sejak lama. Soalnya, sebagai Imam Besar di Mesjid Al Aqsha, Syeikh Ikrimah tidak bisa leluasa untuk bepergian, terutama ke luar negeri.

Pemilik Kedai Siap Jalankan Kesepakatan

BANDUNG,(PR).-Salah seorang pemilik kedai di Tahura, Iman Santoso mengaku akan menjalankan kesepakatan bersama dengan Satpol PP Jawa Barat dengan menghentikan kegiatan mereka sampai keputusan mengenai kedai-kedai di Tahura terbit.