Padalarang-Bandung-Cicalengka Bakal Dilayani Kereta

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengurai kemacetan yang kini terjadi di sejumlah ruas jalan di Bandung Raya, pemerintah pusat segera membangun jaringan rel kereta listrik yang menghubungkan Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Projek nasional bernama Bandung Urban Railway ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang efektif bagi masyarakat di Bandung Raya.

Jalur ini nantinya akan menghubungkan sejumlah stasiun di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung dengan sistem ganda atau double track sehingga dua kereta api bisa melalui jalur itu dalam waktu yang sama. Pembangunan jalur kereta api yang didandai pinjaman lunak (loan) dari Prancis itu kini dalam tahap pemetaan dan pengkajian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Megaharry Pujiharto mengatakan, saat ini telah dilakukan uji kelayakan pada jalur Kota Bandung-Cicalengka dan pemetaan pada jalur Padalarang-Kota Bandung.

Pengkajian itu dilakukan bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Pemprov Jabar. “Berdasarkan berbagai pengkajian, pembangunan jalur ini lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah unit kereta api yang bisa menambah kemacetan. Harapan kami, dengan adanya jalur ini, kemacetan di Bandung Raya bisa diatasi,” katanya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Batujajar, Rabu (23/11). (A-192/A-88)***

Baca Juga

Uji Nyali di Jembatan Kereta Api Cisomang

NGAMPRAH, (PR).- Jembatan itu melintang di atas sungai berwarna kecoklatan. Tingginya mencapai sekitar 100 meter dan menjadi penyangga jalur kereta api. Pemandangan curam tersebut cukup membuat ciut nyali orang yang melintasinya.

Densus 88 Geledah Rumah Kontrakan di Soreang

SOREANG, (PR).- Tim Densus 88 Anti Teror dan Brimob Polda Jabar, menggeledah sebuah kontrakan yang terletak di Kampung Sirnagalih Nomor 46 RT 3 RW 11 Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang, Senin, 26 Desember 2016.