Mengurai Kemacetan Bandung Raya

Padalarang-Bandung-Cicalengka Bakal Dilayani Kereta

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengurai kemacetan yang kini terjadi di sejumlah ruas jalan di Bandung Raya, pemerintah pusat segera membangun jaringan rel kereta listrik yang menghubungkan Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Projek nasional bernama Bandung Urban Railway ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang efektif bagi masyarakat di Bandung Raya.

Jalur ini nantinya akan menghubungkan sejumlah stasiun di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung dengan sistem ganda atau double track sehingga dua kereta api bisa melalui jalur itu dalam waktu yang sama. Pembangunan jalur kereta api yang didandai pinjaman lunak (loan) dari Prancis itu kini dalam tahap pemetaan dan pengkajian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Megaharry Pujiharto mengatakan, saat ini telah dilakukan uji kelayakan pada jalur Kota Bandung-Cicalengka dan pemetaan pada jalur Padalarang-Kota Bandung.

Pengkajian itu dilakukan bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Pemprov Jabar. “Berdasarkan berbagai pengkajian, pembangunan jalur ini lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah unit kereta api yang bisa menambah kemacetan. Harapan kami, dengan adanya jalur ini, kemacetan di Bandung Raya bisa diatasi,” katanya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Batujajar, Rabu (23/11). (A-192/A-88)***

Baca Juga

Perbaikan Trotoar Jangan Terbengkalai

BANDUNG RAYA
Perbaikan Trotoar Jangan Terbengkalai

Festival Citylink Pamerkan Foto Masa Perjuangan

BANDUNG RAYA
PENGELOLA Festival Citylink sengaja mengambil foto-foto masa perjuangan sebagai dekorasi agar menjadi sarana edukasi bagi para pengunjung.*

BANDUNG, (PRLM).- Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, kali ini Festival Citylink mengangkat tema “INCREDIBLE INDONESIA”. Tema ini sengaja diangkat karena perjuangan rakyat Indonesia yang memang luar biasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

BPKP Baru Terima 10 Persen Data Dari Tim Ahli

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Audit penghitungan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) masih belum rampung.

Kini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jabar menunggu laporan tim ahli yang kini masih bekerja di lapangan.

Tim Pendataan Kendaraan tak Boleh Minta Pembayaran Pajak

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Warga masyarakat pemilik kendaraan tak perlu khawatir dengan adanya pendataan kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) yang dilakukan kantor Samsat.