Padalarang-Bandung-Cicalengka Bakal Dilayani Kereta

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengurai kemacetan yang kini terjadi di sejumlah ruas jalan di Bandung Raya, pemerintah pusat segera membangun jaringan rel kereta listrik yang menghubungkan Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Projek nasional bernama Bandung Urban Railway ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang efektif bagi masyarakat di Bandung Raya.

Jalur ini nantinya akan menghubungkan sejumlah stasiun di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung dengan sistem ganda atau double track sehingga dua kereta api bisa melalui jalur itu dalam waktu yang sama. Pembangunan jalur kereta api yang didandai pinjaman lunak (loan) dari Prancis itu kini dalam tahap pemetaan dan pengkajian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Megaharry Pujiharto mengatakan, saat ini telah dilakukan uji kelayakan pada jalur Kota Bandung-Cicalengka dan pemetaan pada jalur Padalarang-Kota Bandung.

Pengkajian itu dilakukan bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Pemprov Jabar. “Berdasarkan berbagai pengkajian, pembangunan jalur ini lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah unit kereta api yang bisa menambah kemacetan. Harapan kami, dengan adanya jalur ini, kemacetan di Bandung Raya bisa diatasi,” katanya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Batujajar, Rabu (23/11). (A-192/A-88)***

Baca Juga

Lomba Hijab Memperebutkan Piala Anggota DPR

BANDUNG,(PR).- Mengisi dakwah di supermarket dan mal, Katalia mengadakan lomba hijab dan demo rias wajah serta hijab di Miko Mall Jln. Wachid Hasyim (Kopo), Sabtu, 25 Juni 2016. Lomba hijab memperebutkan piala anggota DPR, Ahmad Najib Qadratullah.

Zaki Ditemukan Sendiri di Pintu Perlintasan Kereta Cimindi

CIMAHI, (PR).- Seorang bocah laki-laki mengaku bernama Zaki (3) ditemukan seorang diri di sekitar pintu perlintasan kereta api Cimindi, Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi, Senin 27 Juni 2016. Dia terpisah dari orangtuanya yang datang ke kawasan Cimindi dengan menggunakan sepeda motor.