Mengurai Kemacetan Bandung Raya

Padalarang-Bandung-Cicalengka Bakal Dilayani Kereta

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Untuk mengurai kemacetan yang kini terjadi di sejumlah ruas jalan di Bandung Raya, pemerintah pusat segera membangun jaringan rel kereta listrik yang menghubungkan Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Projek nasional bernama Bandung Urban Railway ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang efektif bagi masyarakat di Bandung Raya.

Jalur ini nantinya akan menghubungkan sejumlah stasiun di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung dengan sistem ganda atau double track sehingga dua kereta api bisa melalui jalur itu dalam waktu yang sama. Pembangunan jalur kereta api yang didandai pinjaman lunak (loan) dari Prancis itu kini dalam tahap pemetaan dan pengkajian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Megaharry Pujiharto mengatakan, saat ini telah dilakukan uji kelayakan pada jalur Kota Bandung-Cicalengka dan pemetaan pada jalur Padalarang-Kota Bandung.

Pengkajian itu dilakukan bersama-sama antara Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Pemprov Jabar. “Berdasarkan berbagai pengkajian, pembangunan jalur ini lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah unit kereta api yang bisa menambah kemacetan. Harapan kami, dengan adanya jalur ini, kemacetan di Bandung Raya bisa diatasi,” katanya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Batujajar, Rabu (23/11). (A-192/A-88)***

Baca Juga

Limbah Pabrik dan Manusia Penuhi DAS Citarum di Kampung Pangkalan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Daerah aliran Sungai Citarum yang berada di Kampung Pangkalan, Desa Cipendeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, penuh oleh limbah pabrik dan manusia. Ironisnya, sejumlah orang justru memancing dan mengonsumsi ikan di tempat itu.

Penggeledahan Distarcip Lebih dari 10 Jam

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Lebih dari 10 jam penyidik Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia, didampingi penyidik dari Direktorat Reserse dan Kriminal dan Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Barat, mendatangi kantor Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung, di Jalan Cianjur, Kota

Prostitusi Daring

Manfaatkan Media Sosial Selain Facebook dan Twitter

BANDUNG RAYA
Manfaatkan Media Sosial Selain Facebook dan Twitter

BANDUNG, (PRLM).- Seorang mucikari prostitusi daring (online), Indra Cakra (33) mengaku sudah menjalani praktik prostitusi itu sejak September 2014. Itu mengapa praktik yang dijalankannya tak hanya menggunakan fasilitas ponsel.

Asap Pembakaran Sampah Halangi Pandangan Pengendara

BANDUNG RAYA
PEMBAKARAN sampah di pinggiran jalan raya mengganggu pengendara di Jalan Siliwangi, Desa Manggahang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jumat (1/5/2015).