Hati-hati Terima Hibah Jet F-16 dari AS

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah dan DPR harus ekstra hati-hati mengeluarkan anggaran perbaikan 30 pesawat F-16 yang akan dihibahkan Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia. Anggaran sebesar 750 juta dolar AS (sekitar Rp 7 triliun) itu bukan nilai yang sedikit untuk memperbaiki pesawat yang sudah tidak lagi digunakan oleh AS itu.

Pengamat pertahanan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Riefqi Muna mengatakan itu di Jakarta, Rabu (23/11).

Menurut Riefqi, segala bentuk akuisisi persenjataan itu harus diperhitungkan dengan matang, jangan sampai merugikan pihak Indonesia. “Artinya segala sesuatunya harus dihitung berdasarkan prinsip tata kelola good governance dari mulai konsep, pengembangan, maintenance, hingga evaluasi akhirnya,” ujarnya.

Selain itu, sumber anggaran yang akan digunakan untuk membayar biaya perbaikan pesawat-pesawat itu juga harus dipertimbangkan secara matang mengingat tidak ada dalam rencana anggaran yang telah ditetapkan. “Ini keanehan jika tiba-tiba ada pos pembiayaan akuisisi persenjataan,” katanya. (A-156/A-88)***

Baca Juga

Kecelakaan Lalu Lintas Turun 13 Persen

JAKARTA, (PR).- Tercatat hingga semester pertama tahun 2017, tingkat kecelakaan di Indonesia mengalami penurunan sebesar 13% dibandingkan tahun 2016 pada posisi yang sama.

Koalisi Sajajar Terbentuk, DM-DM Diminta Saling Musyawarah

JAKARTA, (PR).- Pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan Deddy Mizwar (disebut juga DM-DM) di Bandung, Rabu 27 Desember 2017 malam, masih menyisakan tanya dari publik. Siapakah yang akan maju menjadi Jabar satu dan dua nantinya.

Ini Kronologi Penangkapan Jennifer Dunn

JAKARTA, (PR).- Seperti tidak jera, artis cantik Jennifer Dunn terciduk kepolisian untuk ketiga kalinya terkait kasus narkoba. Penangkapan Jennifer Dunn sebelumnya yakni pada 2005 dan 2009 dengan kasus serupa.