Harus Keluarkan Biaya Perbaikan Rp 7 Triliun

Hati-hati Terima Hibah Jet F-16 dari AS

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah dan DPR harus ekstra hati-hati mengeluarkan anggaran perbaikan 30 pesawat F-16 yang akan dihibahkan Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia. Anggaran sebesar 750 juta dolar AS (sekitar Rp 7 triliun) itu bukan nilai yang sedikit untuk memperbaiki pesawat yang sudah tidak lagi digunakan oleh AS itu.

Pengamat pertahanan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Riefqi Muna mengatakan itu di Jakarta, Rabu (23/11).

Menurut Riefqi, segala bentuk akuisisi persenjataan itu harus diperhitungkan dengan matang, jangan sampai merugikan pihak Indonesia. “Artinya segala sesuatunya harus dihitung berdasarkan prinsip tata kelola good governance dari mulai konsep, pengembangan, maintenance, hingga evaluasi akhirnya,” ujarnya.

Selain itu, sumber anggaran yang akan digunakan untuk membayar biaya perbaikan pesawat-pesawat itu juga harus dipertimbangkan secara matang mengingat tidak ada dalam rencana anggaran yang telah ditetapkan. “Ini keanehan jika tiba-tiba ada pos pembiayaan akuisisi persenjataan,” katanya. (A-156/A-88)***

Baca Juga

TNI AU tak Wajib Umumkan Hasil Penyelidikan

NASIONAL
HASIL penyelidikan kecelakaan pesawat militer terkait dengan "rahasia militer" dan "keamanan negara".*
MEDAN, (PRLM).- TNI Angkatan Udara (AU) sudah membentuk pantia penyelidik kecelakaan pesawat Hercules yang menewaskan lebih dari 100 orang, namun tak berkewajib

Polri Tambah Dokter Forensik Identifikasi Korban Hercules

NASIONAL
MEDAN, (PRLM).- Dokter forensik untuk mengidentifikasi korban jatuhnya pesawat Hercules TNI AU C-130 ditambah. Dua hari sebelumnya, Kepolisian Sumut bekerja sama dengan dokter forensik dari RS Adam Malik, RS Pringadi, dan Universitas Sumatera Utara.

Hotman Pertanyakan Kedalaman Kuburan Angeline

NASIONAL
DENPASAR, (PRLM).- Hotman Paris Hutapea, kuasa hukum Agustinus Tae, tersangka pembunuhan Angeline Margriet Megawe (8) mengaku bertanya kepada penyidik seberapa dalam kuburan korban di tempat kejadian perkara, di Jalan Sedap Malam, Denpasar, Bali.

Peran Penting Air Sering Terabaikan

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Ketika pertumbuhan penduduk bumi sudah mencapai 7 miliar orang, tentu membutuhkan pasokan air dan pangan dalam jumlah besar. Air memiliki peranan strategis untuk mengairi pertanian dan untuk konsumsi langsung manusia.