Harus Keluarkan Biaya Perbaikan Rp 7 Triliun

Hati-hati Terima Hibah Jet F-16 dari AS

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah dan DPR harus ekstra hati-hati mengeluarkan anggaran perbaikan 30 pesawat F-16 yang akan dihibahkan Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia. Anggaran sebesar 750 juta dolar AS (sekitar Rp 7 triliun) itu bukan nilai yang sedikit untuk memperbaiki pesawat yang sudah tidak lagi digunakan oleh AS itu.

Pengamat pertahanan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Riefqi Muna mengatakan itu di Jakarta, Rabu (23/11).

Menurut Riefqi, segala bentuk akuisisi persenjataan itu harus diperhitungkan dengan matang, jangan sampai merugikan pihak Indonesia. “Artinya segala sesuatunya harus dihitung berdasarkan prinsip tata kelola good governance dari mulai konsep, pengembangan, maintenance, hingga evaluasi akhirnya,” ujarnya.

Selain itu, sumber anggaran yang akan digunakan untuk membayar biaya perbaikan pesawat-pesawat itu juga harus dipertimbangkan secara matang mengingat tidak ada dalam rencana anggaran yang telah ditetapkan. “Ini keanehan jika tiba-tiba ada pos pembiayaan akuisisi persenjataan,” katanya. (A-156/A-88)***

Baca Juga

Mudik Lebaran, Kemenhub Targetkan Angkut 10.000 Unit Motor

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah pada masa angkutan lebaran 2015 menargetkan dapat mengangkut sepeda motor sebanyak 10.000 unit yang dilayani oleh empat kapal. Jumlah itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan pada Mudik Lebaran tahun 2014 yang mengangkut 5.100 unit.

KPK Versus Polri

Novel Baswedan tak Dibebaskan, Para Pimpinan KPK Akan Mundur

NASIONAL
INDRIYANTO Seno Adji dan Johan Budi akan mundur jika Novel Baswedan tetap ditahan.*

JAKARTA, (PRLM).- Sejumlah pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) akan mengundurkan diri jika polisi tetap menahan penyidik KPK Novel Baswedan yang ditangkap sejak Jumat (1/5/2015) dini hari.

Prajurit Kostrad Karya Bakti di Pura Aditya Jaya

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kurang lebih 30 personel jajaran Kostrad yang beragama Hindu berkumpul untuk mengikuti kegiatan karya bakti bersama dalam rangka hari Piodalan, hari jadi Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta Timur. Kegiatan karya bakti diawali dengan ibadah bersama.

Penegakan Hukum Jangan Pandang Bulu

NASIONAL

JAKARTA ,(PRLM).- Ketua DPR, Setya Novanto menyambut baik pembentukan Satuan Tugas Khusus Penyelesaian dan Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi (Satgassus P3TPK) yang terdiri dari Kejaksaan, KPK, dan Polri. Adanya Stgassus ini penegakan hukum tidak pandang bulu.