Hati-hati Terima Hibah Jet F-16 dari AS

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah dan DPR harus ekstra hati-hati mengeluarkan anggaran perbaikan 30 pesawat F-16 yang akan dihibahkan Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia. Anggaran sebesar 750 juta dolar AS (sekitar Rp 7 triliun) itu bukan nilai yang sedikit untuk memperbaiki pesawat yang sudah tidak lagi digunakan oleh AS itu.

Pengamat pertahanan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Riefqi Muna mengatakan itu di Jakarta, Rabu (23/11).

Menurut Riefqi, segala bentuk akuisisi persenjataan itu harus diperhitungkan dengan matang, jangan sampai merugikan pihak Indonesia. “Artinya segala sesuatunya harus dihitung berdasarkan prinsip tata kelola good governance dari mulai konsep, pengembangan, maintenance, hingga evaluasi akhirnya,” ujarnya.

Selain itu, sumber anggaran yang akan digunakan untuk membayar biaya perbaikan pesawat-pesawat itu juga harus dipertimbangkan secara matang mengingat tidak ada dalam rencana anggaran yang telah ditetapkan. “Ini keanehan jika tiba-tiba ada pos pembiayaan akuisisi persenjataan,” katanya. (A-156/A-88)***

Baca Juga

Kecelakaan Lalu Lintas

Bus Rosalia Indah Masuk Jurang, Empat Penumpang Tewas

PURBAINGGA, (PR).- Bus Rosalia Indah jurusan Jakarta-Yogyakarta-Klaten masuk jurang sedalam lima meter di Jalan Raya Karangreja Dukuh Bayeman Deda  Tlahab Lor Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga, Sabtu, 24 Juni 2017 dini hari.

Tren Kejahatan 2018: Teror Sasar Polisi

JAKARTA, (PR).- Pusat Kajian Kepolisian (Lemkapi) memperkirakan aksi teror masih akan mewarnai tren kejahatan pada 2018, dengan sasaran utama anggota dan markas kepolisian.

Bus Restu Terguling

JOMBANG, (PR).- Aparat Kepolisian Resor Jombang, Jawa Timur, menangani kasus kecelakaan tunggal bus Restu yang terguling di jalan lingkar Mojoagung-Jombang, menyebabkan seorang penumpang meninggal dunia.