Jumlah Anggota DPR Perempuan Masih Minim

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).-Jumlah anggota DPR RI dari kalangan perempuan saat ini ada 108 orang. Angka itu hanyalah 18 persen dari total anggota DPR RI yang mencapai 560 orang. Jumlah itu masih jauh dari kuota anggota legislatif perempuan yang minimal mencapai 30 persen.

Meski keterwakilan perempuan di parlemen itu sudah ada, tapi belum tentu para anggota legislatif itu memahami isu-isu tentang perempuan. "Itu yang menjadi pertanyaannya. Mereka belum tentu semuanya paham soal isu-isu perempuan ataupun paham soal politik," kata anggota Komisi II DPR RI Nurul Arifin dalam "Diskusi Publik Pendidikan Politik Bagi Perempuan" di Gedung ICMI Jabar, Jln. Cikutra, Kota Bandung, Rabu (9/11).

Untuk itulah, perlu lebih banyak perempuan yang terjun ke dunia politik. Untuk masuk ke politik, satu-satunya cara ialah bergabung dalam sebuah partai politik. "Tidak haram kok masuk parpol. Apalagi jika ingin menjadi anggota dewan, ya satu-satunya cara ialah aktif di parpol," ujarnya.

Selain dihadiri Nurul Arifin, acara tersebut juga menghadirkan sejumlah pembicara. Mereka antara lain Ny. Netty Prasetyani Heryawan, Antiq Bintari (dari Puslit Wanita Unpad), dan Evie Ariadne Shinta Dewi (dari Divisi Peranan Perempuan ICMI Orwil Jabar).

Sementara itu, Ny. Netty Prasetyani Heryawan yang juga sebagai narasumber mengemukakan, perempuan yang cerdas politik akan membawa demokrasi Indonesia yang berkualitas. "Jika perempuan terdidik politik, dampaknya sangat luar biasa. Konsep demokrasi yang menganut trias politika, akan berjalan dengan baik," katanya. (A-128/A-89)***

Baca Juga

Puan: Belum Ada Revolusi Mental Pada Kader yang Koruptif

POLITIK
MENTERI Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (23/10/2015) mengatakan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di lima provinsi di Indonesia yang mengalami kebakaran hutan dan lahan saat ini sudah pada

NGAMPRAH, (PRLM).- Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani menyatakan bahwa kader PDIP masih ada yang belum memahami revolusi mental. Hal tersebut dia katakan berkaitan dengan kasus yang menjerat Damayanti Wisnu Putranti, anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP.

Bupati Cianjur Terpilih akan Rangkul Lawan Politik

POLITIK

CIANJUR, (PRLM).-Calon bupati terpilih Irvan Rivano Muchtar mengungkapkan, pasca penetapannya sebagai calon bupati terpilih ia akan melakukan cooling down dahulu karena harus menunggu pelantikan.

Gedung DPRD Cianjur Kosong, 50 Anggota DPRD Ikuti Bimtek

POLITIK

CIANJUR, (PRLM).- Sebanyak 50 Anggota DPRD Cianjur hari ini, Selasa (26/1/2016) dijadwalkan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di salah satu hotel di Bandung. Kegiatan Bimtek tersebut akan berlangsung hingga Jum'at (29/1/2016) mendatang.

PPP Yakin Jokowi Tak Tinggalkan "Pacar Lama"

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Partai Golkar resmi menyatakan akan bergabung dengan koalisi partai pendukung pemerintah. Seperti yang diketahui Partai Golkar merupakan partai kedua yang memiliki 91 kursi di DPR setelah PDIP.