Tukang Memperbaiki Karya Seni Temukan Tokoh Iblis di Lukisan Giotto

REUTERS/PRLM

ROMA, (PRLM).- Seorang tukang memperbaiki karya seni telah menemukan tokoh iblis yang tersembunyi di gambar awan di salah satu lukisan dinding paling terkenal Giotto di Basilica of St Francis di Assisi, kata beberapa pejabat gereja, Sabtu (5/11).

Iblis tersebut tersembunyi di perincian awan di atas gambar dinding nomor 20 di lingkaran pemandangan dalam kehidupan dan kematian St Francis, yang digambar oleh Giotto di Bondone pada Abad Ke-13.

Temuan itu dibuat oleh ahli sejarah seni Italia, Chiarra Frugone. Gambar tersebut memperlihatkan profil satu tokoh dengan hidung melengkung, senyum licik dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan di panel pemandangan yang menggambarkan kematian St Francis.

Tokoh itu sulit dilihat dari lantai basicilica tapi muncul dengan jelas di dalam gambar yang diperbesar.

Sergio Fusetti, pemimpin tukang memperbaiki karya seni basilica, mengatakan Giotto barangkali tak pernah ingin gambar iblis tersebut menjadi bagian utama lukisan dinding itu dan mungkin telah melukisnya di antara awan "untuk sedikit bersenang-senang".

Master lukis tersebut mungkin telah menggambar seseorang yang ia kenal dengan melukiskannya sebagai iblis di dalam gambar dinding itu, kata Fusetti di jejaring biara tersebut.

Karya seni di basilica di biara itu, tempat Sr Francis dikuburkan, terakhir kali diperbaiki setelah basilica tersebut rusak parah akibat gempa Bumi pada 1997. (rtr/das)***

Baca Juga

WNI di Jerman dan Swiss Diminta Waspada

JAKARTA, (PR).- Pemerintah Indonesia mengecam keras penyerangan dengan menggunakan truk di area sekitar Kaiser Wilhelm Memorial Church, Berlin pada tanggal Senin, 19 Desember 2016.

Israel Dorong Pembangunan Permukiman Setelah Voting PBB

JERUSALEM, (PR).- Pemerintah kota Jerusalem berencana mengambil langkah pada Rabu 28 Desember 2016 untuk mendorong pembangunan permukiman baru. Hal itu pun menuai kritik dari Amerika Serikat yang menilai aktivitas tersebut menempatkan upaya perdamaian di Timur Tengah dalam risiko.

Joki Cantik Anak Teman Presiden Korsel Ditangkap di Denmark

KOPENHAGEN, (PR).- Tak adanya toleransi terhadap praktik kolusi, korupsi dan nepotisme di Korea Selatan telah menyebabkan Chung Yoo-ra (20) anak sahabat Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, ditangkap Interpol di Denmark pada Senin, 2 Januari 2017.