Tukang Memperbaiki Karya Seni Temukan Tokoh Iblis di Lukisan Giotto

REUTERS/PRLM

ROMA, (PRLM).- Seorang tukang memperbaiki karya seni telah menemukan tokoh iblis yang tersembunyi di gambar awan di salah satu lukisan dinding paling terkenal Giotto di Basilica of St Francis di Assisi, kata beberapa pejabat gereja, Sabtu (5/11).

Iblis tersebut tersembunyi di perincian awan di atas gambar dinding nomor 20 di lingkaran pemandangan dalam kehidupan dan kematian St Francis, yang digambar oleh Giotto di Bondone pada Abad Ke-13.

Temuan itu dibuat oleh ahli sejarah seni Italia, Chiarra Frugone. Gambar tersebut memperlihatkan profil satu tokoh dengan hidung melengkung, senyum licik dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan di panel pemandangan yang menggambarkan kematian St Francis.

Tokoh itu sulit dilihat dari lantai basicilica tapi muncul dengan jelas di dalam gambar yang diperbesar.

Sergio Fusetti, pemimpin tukang memperbaiki karya seni basilica, mengatakan Giotto barangkali tak pernah ingin gambar iblis tersebut menjadi bagian utama lukisan dinding itu dan mungkin telah melukisnya di antara awan "untuk sedikit bersenang-senang".

Master lukis tersebut mungkin telah menggambar seseorang yang ia kenal dengan melukiskannya sebagai iblis di dalam gambar dinding itu, kata Fusetti di jejaring biara tersebut.

Karya seni di basilica di biara itu, tempat Sr Francis dikuburkan, terakhir kali diperbaiki setelah basilica tersebut rusak parah akibat gempa Bumi pada 1997. (rtr/das)***

Baca Juga

Beijing: Amerika Serikat Harus Jaga Mulut Soal Laut Tiongkok Selatan

BEIJING, (PR).- Tiongkok pada Selasa 24 Januari 2017 meminta Amerika Serikat berhati-hati dalam tindakan dan ucapannya terkait persoalan Laut Tiongkok Selatan karena Beijing menyatakan mereka mempunyai kadaulatan tidak terbantahkan di wilayah tersebut.

Pelaku Penembakan Masjid Quebec Gunakan AK-47

QUEBEC, (PR).- Dua pelaku penembakan brutal di salah satu masjid di Quebec, Kanada, telah ditangkap dan segera diadli. Kedua orang tersebut berjenis kelamin pria dan berusia 20 tahunan.

Microsoft Minta Pengecualian Larangan Imigran untuk Karyawan

WASHINGTON, (PR).- Microsoft, sebagai salah satu perusahaan teknologi yang telah menyatakan oposisi terhadap kebijakan Presiden Trump tentang imigran, meminta pemerintah untuk memberikan pengecualian larangan dengan mempertimbangkan kasus-kasus tertentu. Tujuannya melindungi keamanan bangsa.

Amnesti Internasional: Rezim Assad Gantung 13.000 Warga Suriah

BEIRUT, (PR).- Otoritas Amnesti International, Selasa 7 Februari 2017, menuding pemerintah Suriah selama lima tahun terakhir ini telah menggantung sedikitnya 13.000 warga setempat di salah satu penjara terkejam di Damaskus.