Tukang Memperbaiki Karya Seni Temukan Tokoh Iblis di Lukisan Giotto

LUAR NEGERI
REUTERS/PRLM

ROMA, (PRLM).- Seorang tukang memperbaiki karya seni telah menemukan tokoh iblis yang tersembunyi di gambar awan di salah satu lukisan dinding paling terkenal Giotto di Basilica of St Francis di Assisi, kata beberapa pejabat gereja, Sabtu (5/11).

Iblis tersebut tersembunyi di perincian awan di atas gambar dinding nomor 20 di lingkaran pemandangan dalam kehidupan dan kematian St Francis, yang digambar oleh Giotto di Bondone pada Abad Ke-13.

Temuan itu dibuat oleh ahli sejarah seni Italia, Chiarra Frugone. Gambar tersebut memperlihatkan profil satu tokoh dengan hidung melengkung, senyum licik dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan di panel pemandangan yang menggambarkan kematian St Francis.

Tokoh itu sulit dilihat dari lantai basicilica tapi muncul dengan jelas di dalam gambar yang diperbesar.

Sergio Fusetti, pemimpin tukang memperbaiki karya seni basilica, mengatakan Giotto barangkali tak pernah ingin gambar iblis tersebut menjadi bagian utama lukisan dinding itu dan mungkin telah melukisnya di antara awan "untuk sedikit bersenang-senang".

Master lukis tersebut mungkin telah menggambar seseorang yang ia kenal dengan melukiskannya sebagai iblis di dalam gambar dinding itu, kata Fusetti di jejaring biara tersebut.

Karya seni di basilica di biara itu, tempat Sr Francis dikuburkan, terakhir kali diperbaiki setelah basilica tersebut rusak parah akibat gempa Bumi pada 1997. (rtr/das)***

Baca Juga

Peringati Tragedi Pembantaian, Paus Fransis Kunjungi Bosnia-Herzegovina

LUAR NEGERI
SARAJEVO,  (PRLM).- Pemimpin Katolik dunia, Paus Fransiscus, mengunjungi Kota Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, Sabtu (6/6/2015).

Pascagempa Kinabalu, Anak-anak SD Singapura Trauma

LUAR NEGERI

SINGAPURA, (PRLM).- Para orang tua yang anak-anak mereka ikut darmawisata ke Kinabalu dan menyaksikan langsung sejumlah teman mereka tewas akibat gempa di gunung tertinggi di Asia Tenggara itu, mengungkapkan anak-anak mereka mengalami trauma.

Obama dan Cameron Meluncurkan Pasukan Internasional

LUAR NEGERI

BERLIN, (PRLM).- Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris David Cameron akan bekerjasama dengan para pemimpin dunia lainnya untuk membuat tim global baru semacam 'detektif penyakit' yang akan menangani pandemi seperti krisis Ebola.

Gubernur New York Janjikan Hadiah untuk Penangkapan Napi

LUAR NEGERI

NEW YORK, (PRLM).- Dua orang terpidana yang melarikan diri dari penjara dengan memotong dinding dan pipa baja masih belum tertangkap, sementara pihak berwajib masih menyelidiki bagaimana kedua terpidana itu bisa mendapat alat-alat yang digunakan untuk membantu mereka kabur dari penjara, ala film