Tukang Memperbaiki Karya Seni Temukan Tokoh Iblis di Lukisan Giotto

REUTERS/PRLM

ROMA, (PRLM).- Seorang tukang memperbaiki karya seni telah menemukan tokoh iblis yang tersembunyi di gambar awan di salah satu lukisan dinding paling terkenal Giotto di Basilica of St Francis di Assisi, kata beberapa pejabat gereja, Sabtu (5/11).

Iblis tersebut tersembunyi di perincian awan di atas gambar dinding nomor 20 di lingkaran pemandangan dalam kehidupan dan kematian St Francis, yang digambar oleh Giotto di Bondone pada Abad Ke-13.

Temuan itu dibuat oleh ahli sejarah seni Italia, Chiarra Frugone. Gambar tersebut memperlihatkan profil satu tokoh dengan hidung melengkung, senyum licik dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan di panel pemandangan yang menggambarkan kematian St Francis.

Tokoh itu sulit dilihat dari lantai basicilica tapi muncul dengan jelas di dalam gambar yang diperbesar.

Sergio Fusetti, pemimpin tukang memperbaiki karya seni basilica, mengatakan Giotto barangkali tak pernah ingin gambar iblis tersebut menjadi bagian utama lukisan dinding itu dan mungkin telah melukisnya di antara awan "untuk sedikit bersenang-senang".

Master lukis tersebut mungkin telah menggambar seseorang yang ia kenal dengan melukiskannya sebagai iblis di dalam gambar dinding itu, kata Fusetti di jejaring biara tersebut.

Karya seni di basilica di biara itu, tempat Sr Francis dikuburkan, terakhir kali diperbaiki setelah basilica tersebut rusak parah akibat gempa Bumi pada 1997. (rtr/das)***

Baca Juga

CIA: Korea Utara Berada di Puncak Kemampuan Nuklir

WASHINGTON, (PR).- Direktur CIA Mike Pompeo memperingatkan bahwa saat ini Korea Utara berada di titik puncak karena telah mampu memberi ancaman kepada Amerika Serikat dengan meluncurkan rudal nuklir.

Siti Aisyah Jalani Reka Ulang Pembunuhan Kim Jong Nam

KUALA LUMPUR, (PR).- Siti Aisyah (25) terdakwa dalam kasus pembunuhan terhadap Kim Jung-nam (45), yang diketahui merupakan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, jalani reka ulang pembunuhan.