Tukang Memperbaiki Karya Seni Temukan Tokoh Iblis di Lukisan Giotto

REUTERS/PRLM

ROMA, (PRLM).- Seorang tukang memperbaiki karya seni telah menemukan tokoh iblis yang tersembunyi di gambar awan di salah satu lukisan dinding paling terkenal Giotto di Basilica of St Francis di Assisi, kata beberapa pejabat gereja, Sabtu (5/11).

Iblis tersebut tersembunyi di perincian awan di atas gambar dinding nomor 20 di lingkaran pemandangan dalam kehidupan dan kematian St Francis, yang digambar oleh Giotto di Bondone pada Abad Ke-13.

Temuan itu dibuat oleh ahli sejarah seni Italia, Chiarra Frugone. Gambar tersebut memperlihatkan profil satu tokoh dengan hidung melengkung, senyum licik dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan di panel pemandangan yang menggambarkan kematian St Francis.

Tokoh itu sulit dilihat dari lantai basicilica tapi muncul dengan jelas di dalam gambar yang diperbesar.

Sergio Fusetti, pemimpin tukang memperbaiki karya seni basilica, mengatakan Giotto barangkali tak pernah ingin gambar iblis tersebut menjadi bagian utama lukisan dinding itu dan mungkin telah melukisnya di antara awan "untuk sedikit bersenang-senang".

Master lukis tersebut mungkin telah menggambar seseorang yang ia kenal dengan melukiskannya sebagai iblis di dalam gambar dinding itu, kata Fusetti di jejaring biara tersebut.

Karya seni di basilica di biara itu, tempat Sr Francis dikuburkan, terakhir kali diperbaiki setelah basilica tersebut rusak parah akibat gempa Bumi pada 1997. (rtr/das)***

Baca Juga

Tentara Suriah Temukan Kuburan Massal Korban ISIS

DAMASKUS, (PR).- Tentara Suriah menemukan satu kuburan massal di kota kuno Palmyra, Provinsi Homs. Kantor berita SANA melaporkan, kuburan berisi sedikitnyan 40 jenazah, termasuk para perempuan dan 3 anak-anak. Beberapa jenazah dalam kondisi terpenggal kepalanya.

Kucing Melawan Gravitasi dan Selalu Mendarat dengan Benar

LONDON, (PR).- Kucing tidak hanya melawan gravitasi, tetapi mendarat dengan aman dan hal ini terjadi kurang dari sedetik.

Kucing liar caracal ahli berburu burung, dan dapat menangkap buruannya dengan loncatan setengah terbang dan tidak terduga.

Populasi Harimau di Alam Liar Naik, di Riau Tersisa 192 Ekor

PEKANBARU, (PR).- Para ahli konservasi mengatakan jumlah harimau yang hidup di alam liar meningkat untuk pertama kalinya setelah puluhan tahun mengalami penurunan.

Data perkiraan terbaru WWF dan Global Tiger Forum mengisyaratkan terdapat hampir 3.900 ekor harimau di dunia.

mood, the voice, perancis, france, anggun, selamanya, snow on the sahara

Peserta The Voice Prancis Bawakan Lagu Milik Anggun

MOOD, peserta pada program TV ‘The Voice’ di Prancis membawakan lagu berbahasa Indonesia berjudul ‘Selamanya’, yang ditulis oleh Anggun album debut artis Internasional itu, "Snow on The Sahara".