Tukang Memperbaiki Karya Seni Temukan Tokoh Iblis di Lukisan Giotto

LUAR NEGERI
REUTERS/PRLM

ROMA, (PRLM).- Seorang tukang memperbaiki karya seni telah menemukan tokoh iblis yang tersembunyi di gambar awan di salah satu lukisan dinding paling terkenal Giotto di Basilica of St Francis di Assisi, kata beberapa pejabat gereja, Sabtu (5/11).

Iblis tersebut tersembunyi di perincian awan di atas gambar dinding nomor 20 di lingkaran pemandangan dalam kehidupan dan kematian St Francis, yang digambar oleh Giotto di Bondone pada Abad Ke-13.

Temuan itu dibuat oleh ahli sejarah seni Italia, Chiarra Frugone. Gambar tersebut memperlihatkan profil satu tokoh dengan hidung melengkung, senyum licik dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan di panel pemandangan yang menggambarkan kematian St Francis.

Tokoh itu sulit dilihat dari lantai basicilica tapi muncul dengan jelas di dalam gambar yang diperbesar.

Sergio Fusetti, pemimpin tukang memperbaiki karya seni basilica, mengatakan Giotto barangkali tak pernah ingin gambar iblis tersebut menjadi bagian utama lukisan dinding itu dan mungkin telah melukisnya di antara awan "untuk sedikit bersenang-senang".

Master lukis tersebut mungkin telah menggambar seseorang yang ia kenal dengan melukiskannya sebagai iblis di dalam gambar dinding itu, kata Fusetti di jejaring biara tersebut.

Karya seni di basilica di biara itu, tempat Sr Francis dikuburkan, terakhir kali diperbaiki setelah basilica tersebut rusak parah akibat gempa Bumi pada 1997. (rtr/das)***

Baca Juga

Gaji Minim, Warga Mesir Frustasi

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Melempemnya ekonomi Mesir yang kemudian diperparah dengan penerapan neoliberalisme telah membuat banyak warga Mesir frustasi saat ini.

Ebola Kembali Mewabah di Liberia, 102 Orang Dikarantina

LUAR NEGERI

MONROVIA, (PRLM).- Setelah sempat berhenti selama setengah tahun, ebola kembali memakan korban jiwa di Liberia.

Pimpinan UE Ingatkan Yunani Bisa Terdepak dari Zona Euro

LUAR NEGERI

ATHENA, (PRLM).- Laporan BBC menyebutkan, demonstrasi besar-besaran akan berlangsung di Athena menjelang referendum mengenai kesepakatan dana talangan, Minggu (5/7/2015). Wartawan BBC di Athena, Chris Morris, mengatakan kedua kubu gencar berkampanye demi menjangkau para pemilih.

Di Islandia Penistaan Agama Diijinkan Secara Hukum

LUAR NEGERI

REYKJAVIK, (PRLM).- Parlemen Islandia telah menghapus undang-undang tentang penistaan agama, meskipun mendapatkan pertentangan dari sejumlah gereja di negara tersebut.

Sebuah aturan baru diusulkan oleh minoritas Pirate Party, yang berkampanye untuk kebebaasan internet dan data.