Populasi

Kepadatan Penduduk Akibat Migrasi Masuk dan Kelahiran

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Daerah yang memiliki densitas atau kepadatan penduduk tinggi di Jawa Barat, saat ini, bukan hanya Kota Bandung dan Cimahi, tetapi sudah merambah Kota Bekasi. Kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, tapi termasuk migrasi masuk.

Demikian dikatakan Ketua Koalisi Kependudukan Jabar, Dr Ferry Hadiyanto kepada "PRLM", di Bandung, Rabu (2/11). Hasil Sensus Penduduk 2010 menunjukkan Jabar dengan luas 37.116,54 kilometer persegi, kepadatan penduduknya mencapai 1.159 jiwa per kilometer persegi.

Kota Bandung dan Cimahi memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi dibandingkan kota/ kabupaten lainnya di Jabar. Kepadatan penduduk Kota Bandung adalah 14.228 orang per kilometer persegi kota, sedang Cimahi 13.134 orang per kilometer persegi.

"Saya rasa sekarang ini Kota Bekasi juga termasuk kota yang densitas penduduknya tinggi. Kepadatan penduduk itu bagaimana penduduk dirasiokan dengan luas wilayah yang tersedia," ucapnya.

Ferry mengatakan kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, namun termasuk migrasi masuk. Jadi bagaimana penduduk dari daerah lain masuk ke Jabar dan berkumpul paling banyak di ketiga kota itu. "Ini yang menyebabkan kepadatan penduduk relatif lebih tinggi dari daerah lain," paparnya. (A-62/A-88)***

Baca Juga

Perda Sejarah Singkat Kota Cimahi akan Direvisi

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi No. 30 tahun 2003 yang memuat sejarah pembentukan Kota Cimahi dalam pembahasan untuk revisi.

Rumah yang Diterjang Longsor di Ciwaruga tak Kantongi IMB

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Pembangunan rumah di Kompleks Perumahan Pondok Hijau, RT 01/08, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat yang diterjang longsor ternyata tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Ridwan Kamil Sidak ke Pasar Simpang Dago

BANDUNG RAYA
WALI Kota Bandung, Ridwan Kamil (tengah) saat melakukan inspeksi di Pasar Simpang Dago, Jln. Ir. H Djuanda, Kota Bandung, Rabu (5/8/2015). Dirinya meminta agar pasar tumpah yang meluber hingga ke badan jalan di pasar tersebut hanya berlangsung hingga puku

Kena PHK Sepihak, 300 Pekera Mengadu ke Dinsosnakertrans

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sekitar 300 pekerja PT Sibatek Abadi Spinning Mills di Jalan Cangkorah Batujajar, Kabupaten Bandung Barat dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh pihak perusahaan.