Populasi

Kepadatan Penduduk Akibat Migrasi Masuk dan Kelahiran

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Daerah yang memiliki densitas atau kepadatan penduduk tinggi di Jawa Barat, saat ini, bukan hanya Kota Bandung dan Cimahi, tetapi sudah merambah Kota Bekasi. Kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, tapi termasuk migrasi masuk.

Demikian dikatakan Ketua Koalisi Kependudukan Jabar, Dr Ferry Hadiyanto kepada "PRLM", di Bandung, Rabu (2/11). Hasil Sensus Penduduk 2010 menunjukkan Jabar dengan luas 37.116,54 kilometer persegi, kepadatan penduduknya mencapai 1.159 jiwa per kilometer persegi.

Kota Bandung dan Cimahi memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi dibandingkan kota/ kabupaten lainnya di Jabar. Kepadatan penduduk Kota Bandung adalah 14.228 orang per kilometer persegi kota, sedang Cimahi 13.134 orang per kilometer persegi.

"Saya rasa sekarang ini Kota Bekasi juga termasuk kota yang densitas penduduknya tinggi. Kepadatan penduduk itu bagaimana penduduk dirasiokan dengan luas wilayah yang tersedia," ucapnya.

Ferry mengatakan kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, namun termasuk migrasi masuk. Jadi bagaimana penduduk dari daerah lain masuk ke Jabar dan berkumpul paling banyak di ketiga kota itu. "Ini yang menyebabkan kepadatan penduduk relatif lebih tinggi dari daerah lain," paparnya. (A-62/A-88)***

Baca Juga

Gempa Nepal

THC Kirim Dua Orang untuk Cari Tiga Rekan Nepal

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Taruna Hiking Club (THC), mengirimkan dua orang anggotanya untuk mencari tiga orang anggota THC yang hingga kini belum ada kabar keberadaannya setelah terjadinya gempa yang ada di Nepal, seperti diketahui gempa berkekuatan 7,9 SR ini menelan korban jiwa hingga ribuan orang.

Prostitusi Daring

Tak Layani di Kontrakan, Vila, Atau Kos

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pada praktik prostitusi daring (online), komunikasi dijalin mllui media sosial. Lantas wanita 'pesanan' diantarkan ke tempta menginap pria hidung belang.

May Day

Tuntut Pemberlakuan UMSK, Ratusan Buruh KBB ke Jakarta

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional, ratusan buruh di Kabupaten Bandung Barat berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi ke presiden. Para perwakilan buruh di KBB itu menuntut upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) segera diberlakukan.

Anak-anak Bersepeda Melihat Pesawat Terbang

BANDUNG RAYA
ANAK-anak bermain sepeda di Jalan Tatanegara yang ditutup dari kendaraan saat pesawat komersial mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Minggu (3/5/2015).