Kepadatan Penduduk Akibat Migrasi Masuk dan Kelahiran

BANDUNG, (PRLM).- Daerah yang memiliki densitas atau kepadatan penduduk tinggi di Jawa Barat, saat ini, bukan hanya Kota Bandung dan Cimahi, tetapi sudah merambah Kota Bekasi. Kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, tapi termasuk migrasi masuk.

Demikian dikatakan Ketua Koalisi Kependudukan Jabar, Dr Ferry Hadiyanto kepada "PRLM", di Bandung, Rabu (2/11). Hasil Sensus Penduduk 2010 menunjukkan Jabar dengan luas 37.116,54 kilometer persegi, kepadatan penduduknya mencapai 1.159 jiwa per kilometer persegi.

Kota Bandung dan Cimahi memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi dibandingkan kota/ kabupaten lainnya di Jabar. Kepadatan penduduk Kota Bandung adalah 14.228 orang per kilometer persegi kota, sedang Cimahi 13.134 orang per kilometer persegi.

"Saya rasa sekarang ini Kota Bekasi juga termasuk kota yang densitas penduduknya tinggi. Kepadatan penduduk itu bagaimana penduduk dirasiokan dengan luas wilayah yang tersedia," ucapnya.

Ferry mengatakan kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, namun termasuk migrasi masuk. Jadi bagaimana penduduk dari daerah lain masuk ke Jabar dan berkumpul paling banyak di ketiga kota itu. "Ini yang menyebabkan kepadatan penduduk relatif lebih tinggi dari daerah lain," paparnya. (A-62/A-88)***

Baca Juga

2.000 Buruh akan Turun Unjuk Rasa di Bandung

BANDUNG,(PR).- Sekitar 2.000 buruh diperkirakan akan turun ke jalanan Kota Bandung dalam memperingati hari buruh, atau May Day, Minggu, 1 Mei 2016. Pemusatan massa akan berlangsung di sejumlah titik, seperti kawasan Gedung Sate dan sekitar Balai Kota Bandung.

Seorang Kakek Terbakar di Rumahnya

NGAMPRAH, (PR).- Seorang kakek, Didi Suwardi (82), tewas setelah rumahnya terbakar di Kampung Pondok Buahbatu, RT 3 RW 9, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin 2 Mei 2016 dini hari. Kebakaran itu juga membuat istri Didi, Aca (82), mengalami luka bakar parah.