Kepadatan Penduduk Akibat Migrasi Masuk dan Kelahiran

BANDUNG, (PRLM).- Daerah yang memiliki densitas atau kepadatan penduduk tinggi di Jawa Barat, saat ini, bukan hanya Kota Bandung dan Cimahi, tetapi sudah merambah Kota Bekasi. Kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, tapi termasuk migrasi masuk.

Demikian dikatakan Ketua Koalisi Kependudukan Jabar, Dr Ferry Hadiyanto kepada "PRLM", di Bandung, Rabu (2/11). Hasil Sensus Penduduk 2010 menunjukkan Jabar dengan luas 37.116,54 kilometer persegi, kepadatan penduduknya mencapai 1.159 jiwa per kilometer persegi.

Kota Bandung dan Cimahi memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi dibandingkan kota/ kabupaten lainnya di Jabar. Kepadatan penduduk Kota Bandung adalah 14.228 orang per kilometer persegi kota, sedang Cimahi 13.134 orang per kilometer persegi.

"Saya rasa sekarang ini Kota Bekasi juga termasuk kota yang densitas penduduknya tinggi. Kepadatan penduduk itu bagaimana penduduk dirasiokan dengan luas wilayah yang tersedia," ucapnya.

Ferry mengatakan kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, namun termasuk migrasi masuk. Jadi bagaimana penduduk dari daerah lain masuk ke Jabar dan berkumpul paling banyak di ketiga kota itu. "Ini yang menyebabkan kepadatan penduduk relatif lebih tinggi dari daerah lain," paparnya. (A-62/A-88)***

Baca Juga

Urus Surat Perpajakan tak Butuh Biaya

BANDUNG,(PR).- Pemahaman masyarakat awam tentang pengurusan perpajakan identik dengan masalah keuangan. Tingginya kasus administrasi perpajakan di masyarakat akibat ketidakpahaman masyarakat dalam kepengurusan perpajakan.

Besok, KPK Sidangkan Kasus Suap BPJS Subang

BANDUNG, (PR).- Dua dari lima orang tersangka dalam perkara suap penanganan kasus BPJS Kesehatan, Kabupaten Subang, akan mulai disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu 29 Juni 2016. Kedua tersangka yakni pasangan suami istri Jajang Abdul Holik dan Lenih Marliani.

Wagub Sidak Pabrik Garmen, Pastikan THR Sudah Dibayarkan

BANDUNG,(PR).-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat Ferry Sofwan menggelar sidak THR ke salah satu pabrik garmen di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu 29 Juni 2016. Dalam sidak tersebut, tidak ditemukan pelanggaran.