Populasi

Kepadatan Penduduk Akibat Migrasi Masuk dan Kelahiran

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Daerah yang memiliki densitas atau kepadatan penduduk tinggi di Jawa Barat, saat ini, bukan hanya Kota Bandung dan Cimahi, tetapi sudah merambah Kota Bekasi. Kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, tapi termasuk migrasi masuk.

Demikian dikatakan Ketua Koalisi Kependudukan Jabar, Dr Ferry Hadiyanto kepada "PRLM", di Bandung, Rabu (2/11). Hasil Sensus Penduduk 2010 menunjukkan Jabar dengan luas 37.116,54 kilometer persegi, kepadatan penduduknya mencapai 1.159 jiwa per kilometer persegi.

Kota Bandung dan Cimahi memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi dibandingkan kota/ kabupaten lainnya di Jabar. Kepadatan penduduk Kota Bandung adalah 14.228 orang per kilometer persegi kota, sedang Cimahi 13.134 orang per kilometer persegi.

"Saya rasa sekarang ini Kota Bekasi juga termasuk kota yang densitas penduduknya tinggi. Kepadatan penduduk itu bagaimana penduduk dirasiokan dengan luas wilayah yang tersedia," ucapnya.

Ferry mengatakan kepadatan penduduk bukan hanya menyangkut kelahiran, namun termasuk migrasi masuk. Jadi bagaimana penduduk dari daerah lain masuk ke Jabar dan berkumpul paling banyak di ketiga kota itu. "Ini yang menyebabkan kepadatan penduduk relatif lebih tinggi dari daerah lain," paparnya. (A-62/A-88)***

Baca Juga

Kasus Meninggalnya Kelvin Dipertanyakan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Kasus meninggalnya Kelvin Beonjamin yang tertabrak mobil avanza saat mengendarai motor di Jalan Baladewa Kota Bandung dipertanyakan. Ada dugaan meninggalnya korban akibat keterlambatan penanganan.

El Nino Pengaruhi Musim Kemarau

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).-Selama periode musim kemarau diprediksikan ada pengaruh dari El Nino dengan katagori lemah hingga moderat.

Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan hal itu di kantornya, Selasa (30/6/2015).

Pemanfaatan Teknologi Informasi di KBB Belum Optimal

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dinilai gagal memanfaatkan teknologi informasi dalam menyosialisasikan program pemerintah ataupun menampung keluhan masyarakat.

Donor Turun Signifikan, Pasien Harus Membawa Donor Pengganti

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Donor yang datang ke PMI Kota Bandung mengalami penurunan cukup signifikan sejak awal ramadan.

Untuk menjaga persediaan darah, pasein yang membutuhkan darah diharapkan membawa donor pengganti.