Penyelidikan Pabrik Pencemar Lingkungan Terhambat Hujan

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Beberapa perusahaan sedang diselidiki Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kab. Bandung dan Satuan IV Dirkrimsus Polda Jabar. Namun, proses penyelidikan itu terhambat akibat turun hujan dalam beberapa hari ini sehingga kesulitan mendapatkan sampel limbah maupun pembuangan ilegal limbah.

“Setidaknya ada tiga pabrik yang sedang diselidiki intensif, namun kami mengalami masalah setelah beberapa hari ini turun hujan sehingga prosesnya dihentikan dulu,” kata Kabid Penegakkan Hukum dan Kemitraan Lingkungan BPLH Kab. Bandung, Agus Maulana, di ruang kerjanya, Rabu (2/11).

Diberitakan sebelumnya, BPLH Kab. Bandung dan Satuan IV Dirkrimsus Polda Jabar mengadakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) terhadap PT Saf di Jln. Raya Pameungpeuk yang diduga kuat tidak mengelola limbahnya dengan baik. Pihak pabrik membuang limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B-3) sembarangan dan memiliki saluran pembuangan ilegal limbah yang langsung ke aliran sungai.

Menurut Agus, tiga pabrik itu berada di Kec. Banjaran, Baleendah, dan Majalaya yang sebelumnya sudah diperingatkan, namun tetap membandel. “Tak jarang pihak pabrik menyebutkan nama-nama pejabat yang dianggap bisa melindunginya seperti pejabat di pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar. Kami tak peduli dengan adanya oknum pejabat yang katanya melindungi pabrik karena pabrik telah membuat kerusakan lingkungan Kab. Bandung,” ujarnya.

Hanya saja, kata Agus, proses penyelidikan sementara dihentikan karena turun musim hujan. “Kalau musim hujan tak akan terlihat jelas limbah pabrik yang dibuang seenaknya terutama limbah cair," katanya.(A-71/kur)***

Baca Juga

BUMD KBB Akan Bangun Perumahan Korpri

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Bandung Barat, yakni PT Multiguna Sarana tahun ini akan merambah bidang properti untuk mengembangkan usahanya.

Buruh Tani Siap Tanam Bibit Wortel

BANDUNG RAYA
BEBERAPA buruh tani sedang  beraktivitas di sawah, Minggu (10/1/2016). Buruh perempuan membersihkan rumput pada tanaman wortel yang baru tumbuh daun, sedangkan yang laki-laki mencangkul mempersiapkan untuk di tanami bibit di Kampung Babakan Lebak, Desa Gi

Tingkat Kerawanan di Jawa Barat Makin Mengkhawatirkan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Provinsi Jawa Barat, R. Iwan Riswantara mengingatkan agar masyarakat lebih waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan di lingkungan masing-masing.

Buruh Berhasil Mendobrak Gerbang Pabrik hingga Jebol

BANDUNG RAYA
AKSI unjuk rasa buruh PT Guccitex mendapat pengawalan ketat aparat Polres Cimahi di Jln. Cibaligo No 157 Kota Cimahi, Selasa (12/1/2016). Namun, dorongan para buruh berhasil mendobrak gerbang pabrik hingga jebol.*

CIMAHI, (PRLM).- Aksi unjuk rasa buruh PT Guccitex mendapat pengawalan ketat aparat Polres Cimahi di Jln. Cibaligo No 157 Kota Cimahi, Selasa (12/1/2016). Namun, dorongan para buruh berhasil mendobrak gerbang pabrik hingga jebol.