Ormas-ormas Islam Sepakat Idul Adha Jatuh Minggu (6/11)

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Penetapan Hari Idul Adha 1432 H/2011 pada tahun ini kemungkinan besar tidak akan ada perbedaan di antara ormas-ormas Islam layaknya penetapan Idul Fitri beberapa waktu lalu. Ormas-ormas besar seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, maupun Persatuan Islam (Persis) memutukan Idul Adha 10 Zulhijjah 1432 H/2011 bertepatan dengan Minggu (6/11).

Hal itu dikatakan Ketua PC NU Kota Bandung KH. Maftuh Kholil, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jabar H. Rizal Fadillah, dan Ketua Umum PP Persis Prof. Dr. H. M. Abdurrahman, Jumat (21/10).

“Insya Allah pelaksanaa Idul Adha pada tahun ini tidak ada perbedaan yakni kemungkinan besar bertepatan dengan Minggu (6/11),” kata Kiai Maftuh di kantor PC NU Kota Bandung Jln. Yudha.

Merujuk kepada almanak Pengurus Besar (PB) NU, menurut Maftuh, ijtimak akhir Zulkaidah erjadi pada Kamis (27/10) pukul 2.57 WIB dengan ketinggian hilal 6 derajat 31 menit 43 detik. “Dengan ketinggian hilal 6 derajat kemungkinan besar tidak akan ada perbedaan dalam penetapan Idul Adha. Baik ormas Islam yang menganut faham rukyat seperti NU, Imkanur rukyat yaitu Persis, maupun hisab seperti Muhammadiyah tidak akan berbeda pendapat,” katanya.

Perbedaan pendapat dalam penetapan Idul Fitri beberapa waktu lalu, kata Kiai Maftuh, akibat ketinggian hilal yang masih kurang dari dua derajat. “Dengan ketinggian hilal kurang dari dua derajat membuat NU dan Persis menetapkan belum masuk bulan Syawal, sedangkan Muhammadiyah menyatakan sudah masuk bulan Syawal sehingga terjadi perbedaan Idul Fitri antara Selasa (29/8) dan Rabu (30/8) lalu,” katanya.

Sedangkan H. Rizal Fadillah mengatakan, merujuk kepada Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah No. 375/MLM/I.0/2011 menetapkan Idul Adha bertepatan dengan Minggu (6/11) mendatang. “Hilal bulan baru untuk 1 Zulhijjah sudah di atas ufuk yang terlihat di seluruh Indonesia yakni pada Kamis (27/10) pukul 2.57 WIB sehingga 1 Zulhijjah jatuh pada Jumat (28/10) dan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah bertepatan dengan Minggu (6/11),” katanya.

Rizal mengimbau kepada pengurus maupun warga Muhammadiyah untuk melaksanakan salat Idul Adha pada Minggu (6/11) di tempat-tempat yang telah ditentukan.
“Kami juga mengimbau agar pembagian hewan kurban bisa lebih merata khususnya kepada warga masyarakat yang selama ini berada di bawah garis kemiskinan,” katanya.

Sementara itu, Ustaz M. Abdurrahman mengatakan, berdasarkan kajian dari Dewan Hisab dan Rukyat PP Persis menetapkan Idul Adha 10 Zulhijjah 1432 H/2011 bertepatan dengan Minggu (6/11). “Bisa saja terjadi ada kelompok-kelompok kecil di kalangan umat Islam sendiri yang menetapkan Idul Adha berbeda. Namun, ormas-ormas Islam dan pemerintah kemungkinan besar menyepakati Idul Adha bertepatan dengan Minggu (6/11),” katanya.(A-71/kur)***

Baca Juga

PWI Kab. Bandung Sebarkan Sembako di Soreang

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Bandung menggelar bakti sosial dengan menyalurkan 50 paket sembako kepda warga kurang mampu yang tinggal di sekitar sekretariat PWI Kab. Bandung yakni dua desa di Kec.

Polres Bandung Sita Jamu Ilegal

BANDUNG RAYA
SATUAN Reskrim Polres Bandung memeriksa izin BPPOM saat penggerebekan di toko distributor di Jln. Cibaduyut, Kota Bandung, Kamis (2/7/2015) malam. Polres Bandung menyita jamu dengan izin BPPOM yang diduga palsu hasil pengembangan dari gudang penyimpanan m

Menteri Agraria Gandeng Polri dan Kejagung

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan berencana menggandeng Kepolisian RI (Polri) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk ikut menyelesaikan sengketa pertanahan yang banyak terjadi di Indonesia.

Buruh Demo Tuntut PP 46/2015 tentang JHT Dicabut

BANDUNG RAYA

‪CIMAHI, (PRLM).- Ratusan buruh dari perwakilan berbagai serikat buruh di Kota Cimahi melakukan aksi unjuk rasa ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Cimahi di Jln. Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi, Selasa (7/7/2015). Mereka menuntut dicabutnya Peraturan Pemerintah (PP) No.