Gladi Posko 1 Tanggap Darurat

Jajaran Korem 062/Tarumanegara Siap Antisipasi Bencana

JAWA BARAT
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*
RIRIN N.F./PRLM
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*

GARUT, (PRLM).- Jajaran Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan di areal Panti Asuhan Anak Yatim Petirahan Jawa Barat di Kec. Cisurupan Kab. Garut, Selasa (27/9). Hal itu digelar untuk meningkatkan kompetensi koordinasi antarinstansi untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana Papandayan.

Bertindak sebagai direktur gladi, yaitu Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf. Asrobudi. Sedangkan pelaksana gladi 1 yaitu jajaran Kodim 0611/Garut yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0611/Grt Letkol Arm. Edi Yusnandar.

Menurut Danrem 062/Tarumanegara Kol. Inf. Asrobudi, gladi posko 1 bertujuan untuk latihan prosedur hubungan komandan dan staf dalam rangka melaksanakan tugas operasi militer selain perang. "Terutama penanggulangan bencana alam erupsi Papandayan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Asrobudi, juga diberi gambaran bagaimana kodim 0611 ditunjuk selaku komandan tanggap darurat melaksanakan kegiatan tanggap darurat. "Semua dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi erupsi Papandayan. Bukan menentang, tapi bersahabat dengan alam," ucapnya.

Bila terjadi erupsi papandayan, maka yang dilakukan dapat menjadi bekal untuk aplikasi praktik di lapangan.
Sejumlah instansi yang terlibat, diantaranya jajaran Korem 062/Tarumanegara, Kodim 0611/Garut, jajaran Basarnas, BPBD Prov. Jabar dan BPBD Kab. Garut, Mahawarman, Tagana, Perhutani, Polres Garut, Pemkab. Garut, dan lainnya.
"Dengan adanya potensi bencana Papandayan, semua pihak harus meningkatkan koordinasi antarinstansi," ujarnya. (A-158/A-147)***

Baca Juga

Diduga Sabu 3,5 Kg Ditemukan di Stasiun Prujakan

JAWA BARAT

CIREBON, (PRLM).- Warga Kota Cirebon digegerkan dengan temuan tujuh bungkusan yang diduga kuat sabu-sabu seberat 3,5 kg di kawasan Stasiun Prujakan, Kota Cirebon, Senin (29/6/2015) malam.

Tiga Desa di Cianjur Gagal Dapat Sabermas

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Tiga desa/kelurahan di Kabupaten Cianjur terpaksa harus rela melepaskan bantuan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sabermas) MCK Plus yang seharusnya diterima.

BPN Luncurkan Tiga Inovasi Pelayanan

JAWA BARAT

CIREBON, (PRLM).- Kantor Pertanahan Kota Cirebon meluncurkan inovasi tiga pelayanan, yang semakin memudahkan dan mempercepat, masyarakat mendapatkan kepastian hak atas tanah miliknya.

Pemkab Cianjur Alokasikan Rp 3 M Untuk Bebaskan Lahan di Situs Gunung Padang

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Pemkab Cianjur pada tahun 2015 ini baru menganggarkan sebesar Rp 3 miliar untuk pembebasan lahan di zona inti Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Jumlah tersebut diprediksikan masih jauh dari mencukupi.