Jajaran Korem 062/Tarumanegara Siap Antisipasi Bencana

PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*
RIRIN N.F./PRLM
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*

GARUT, (PRLM).- Jajaran Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan di areal Panti Asuhan Anak Yatim Petirahan Jawa Barat di Kec. Cisurupan Kab. Garut, Selasa (27/9). Hal itu digelar untuk meningkatkan kompetensi koordinasi antarinstansi untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana Papandayan.

Bertindak sebagai direktur gladi, yaitu Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf. Asrobudi. Sedangkan pelaksana gladi 1 yaitu jajaran Kodim 0611/Garut yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0611/Grt Letkol Arm. Edi Yusnandar.

Menurut Danrem 062/Tarumanegara Kol. Inf. Asrobudi, gladi posko 1 bertujuan untuk latihan prosedur hubungan komandan dan staf dalam rangka melaksanakan tugas operasi militer selain perang. "Terutama penanggulangan bencana alam erupsi Papandayan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Asrobudi, juga diberi gambaran bagaimana kodim 0611 ditunjuk selaku komandan tanggap darurat melaksanakan kegiatan tanggap darurat. "Semua dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi erupsi Papandayan. Bukan menentang, tapi bersahabat dengan alam," ucapnya.

Bila terjadi erupsi papandayan, maka yang dilakukan dapat menjadi bekal untuk aplikasi praktik di lapangan.
Sejumlah instansi yang terlibat, diantaranya jajaran Korem 062/Tarumanegara, Kodim 0611/Garut, jajaran Basarnas, BPBD Prov. Jabar dan BPBD Kab. Garut, Mahawarman, Tagana, Perhutani, Polres Garut, Pemkab. Garut, dan lainnya.
"Dengan adanya potensi bencana Papandayan, semua pihak harus meningkatkan koordinasi antarinstansi," ujarnya. (A-158/A-147)***

Baca Juga

Lebih Rendah Mana, Upah Minimum Buruh atau PNS?

SETIAP November gubernur menetapkan upah minimum bagi buruh swasta baik di kota maupun kabupaten, yang berlaku per Januari tahun berikutnya. Upah Minimum Kota/Kabupaten mengacu pada  inflasi dan pertumbuhan ekonomi di tiap-tiap daerah.

KBM Belum Sepenuhnya Normal Pasca Pengukuran Lahan Ricuh

MAJALENGKA,(PR).- Kegiatan belajar mengajar di SD Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai berangsur normal walaupun belum seluruhnya masuk sekolah, setelah pelaksanaan pengukuran lahan untuk perluasan Bandara Internasiolan Jawa Barat beberapa hari lalu.

Tim Saber Pungli Cirebon Terkendala Dana

CIREBON, (PR).- Pembentukan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kota Cirebon terkendala pendanaan. Namun Pemkot Cirebon tetap akan mengusahakan agar dananya bisa dianggarkan di APBD 2017.

Tiga Bendungan Segera Dibangun di Jabar

JAKARTA, (PR).- Tiga bendungan yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat ditandangani kontraknya secara serentak dan segera dibangun. Selain untuk mengatasi kebutuhan air, pembangunan ketiga bendungan itu juga untuk mengendalikan banjir dan mendukung irigasi pertanian.