Gladi Posko 1 Tanggap Darurat

Jajaran Korem 062/Tarumanegara Siap Antisipasi Bencana

JAWA BARAT
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*
RIRIN N.F./PRLM
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*

GARUT, (PRLM).- Jajaran Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan di areal Panti Asuhan Anak Yatim Petirahan Jawa Barat di Kec. Cisurupan Kab. Garut, Selasa (27/9). Hal itu digelar untuk meningkatkan kompetensi koordinasi antarinstansi untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana Papandayan.

Bertindak sebagai direktur gladi, yaitu Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf. Asrobudi. Sedangkan pelaksana gladi 1 yaitu jajaran Kodim 0611/Garut yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0611/Grt Letkol Arm. Edi Yusnandar.

Menurut Danrem 062/Tarumanegara Kol. Inf. Asrobudi, gladi posko 1 bertujuan untuk latihan prosedur hubungan komandan dan staf dalam rangka melaksanakan tugas operasi militer selain perang. "Terutama penanggulangan bencana alam erupsi Papandayan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Asrobudi, juga diberi gambaran bagaimana kodim 0611 ditunjuk selaku komandan tanggap darurat melaksanakan kegiatan tanggap darurat. "Semua dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi erupsi Papandayan. Bukan menentang, tapi bersahabat dengan alam," ucapnya.

Bila terjadi erupsi papandayan, maka yang dilakukan dapat menjadi bekal untuk aplikasi praktik di lapangan.
Sejumlah instansi yang terlibat, diantaranya jajaran Korem 062/Tarumanegara, Kodim 0611/Garut, jajaran Basarnas, BPBD Prov. Jabar dan BPBD Kab. Garut, Mahawarman, Tagana, Perhutani, Polres Garut, Pemkab. Garut, dan lainnya.
"Dengan adanya potensi bencana Papandayan, semua pihak harus meningkatkan koordinasi antarinstansi," ujarnya. (A-158/A-147)***

Baca Juga

Debit Bendung Rentang Semakin Susut

JAWA BARAT
Debit Bendung Rentang Semakin Susut

MAJALENGKA, (PRLM).- Debit air Bendung Rentang di Desa/Kecamatan Jatitujuh, Kab Majalengka yang airnya dipasok untuk tiga Kabupaten masing-masing Cirebon, Indramayu dan Majalengka kini terus menyusut hingga tinggi muka air tinggal 2,137.

Terkena Kemarau dan Serangan Wereng, Hasil Panen Anjlok

JAWA BARAT
Terkena Kemarau dan Serangan Wereng, Hasil Panen Anjlok

BANJAR, (PRLM).- Kekurangan air dan serangan hawa wereng mengakibatkan hasil panen padi di wilayah Pamongkoran, Kecamatan/Kota Banjar anjlok. Beberapa persawahan, bahkan tidak bisa dipanen, karena tanaman padi tidak manghasilkan gabah yang berisi beras atau hampa.

Kejari Sukabumi Kesulitan Ungkap Kasus Korupsi KOHIPPI

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukabumi mengalami kesulitan untuk segera menetapkan tersangka dugaan tindakan pidana korupsi dana penyaluran kredit di Koperasi Himpunan Pengusaha Pribumi (Kohippi) Kota Sukabumi sebesar Rp17,5 miliar.

Pengembang Adukan Perda Depok

JAWA BARAT

DEPOK, (PRLM).- Lantaran aduan terus bermunculan dari kalangan pengembang rumah, Komisi A DPRD Kota Depok mengusulkan revisi terhadap salah satu pasal dalam Perda No 13 Tahun 2013 tentang Bangunan dan Izin Mendirikan Bangunan.