Jajaran Korem 062/Tarumanegara Siap Antisipasi Bencana

PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*
RIRIN N.F./PRLM
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*

GARUT, (PRLM).- Jajaran Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan di areal Panti Asuhan Anak Yatim Petirahan Jawa Barat di Kec. Cisurupan Kab. Garut, Selasa (27/9). Hal itu digelar untuk meningkatkan kompetensi koordinasi antarinstansi untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana Papandayan.

Bertindak sebagai direktur gladi, yaitu Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf. Asrobudi. Sedangkan pelaksana gladi 1 yaitu jajaran Kodim 0611/Garut yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0611/Grt Letkol Arm. Edi Yusnandar.

Menurut Danrem 062/Tarumanegara Kol. Inf. Asrobudi, gladi posko 1 bertujuan untuk latihan prosedur hubungan komandan dan staf dalam rangka melaksanakan tugas operasi militer selain perang. "Terutama penanggulangan bencana alam erupsi Papandayan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Asrobudi, juga diberi gambaran bagaimana kodim 0611 ditunjuk selaku komandan tanggap darurat melaksanakan kegiatan tanggap darurat. "Semua dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi erupsi Papandayan. Bukan menentang, tapi bersahabat dengan alam," ucapnya.

Bila terjadi erupsi papandayan, maka yang dilakukan dapat menjadi bekal untuk aplikasi praktik di lapangan.
Sejumlah instansi yang terlibat, diantaranya jajaran Korem 062/Tarumanegara, Kodim 0611/Garut, jajaran Basarnas, BPBD Prov. Jabar dan BPBD Kab. Garut, Mahawarman, Tagana, Perhutani, Polres Garut, Pemkab. Garut, dan lainnya.
"Dengan adanya potensi bencana Papandayan, semua pihak harus meningkatkan koordinasi antarinstansi," ujarnya. (A-158/A-147)***

Baca Juga

Polisi Gagalkan Peredaran Tuak untuk Tahun Baru

BANJAR, (PR).- Jajaran Polresta Banjar berhasil menggagalkan pengirman ratusan liter minuman keras jenis tuak. Diperkirakan pengirman minuman tradisional memabukkan tersebut, adalah untuk persiapan dijual pada malam tahun baru.

Tiga Mahasiswa Itenas Belum Ditemukan

SUKABUMI, (PR).- Tiga mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, (Itenas) tenggelam saat berenang di kawasan Ujunggenteng, Sukabumi, Senin, 26 Desember 2016. Hingga petang ini, pencarian belummembuahkan hasil.

Pos Polisi Purwakarta Jadi Target Bom Tahun Baru

JAKARTA, (PR).- Empat terduga teroris yang ditangkap dan ditembak mati di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta telah merencanakan aksi pada malam pergantian tahun.