Jajaran Korem 062/Tarumanegara Siap Antisipasi Bencana

PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*
RIRIN N.F./PRLM
PERSONEL Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan.*

GARUT, (PRLM).- Jajaran Korem 062/Tarumanegara menggelar gladi posko 1 tanggap darurat bencana erupsi Gunung Papandayan di areal Panti Asuhan Anak Yatim Petirahan Jawa Barat di Kec. Cisurupan Kab. Garut, Selasa (27/9). Hal itu digelar untuk meningkatkan kompetensi koordinasi antarinstansi untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana Papandayan.

Bertindak sebagai direktur gladi, yaitu Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf. Asrobudi. Sedangkan pelaksana gladi 1 yaitu jajaran Kodim 0611/Garut yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0611/Grt Letkol Arm. Edi Yusnandar.

Menurut Danrem 062/Tarumanegara Kol. Inf. Asrobudi, gladi posko 1 bertujuan untuk latihan prosedur hubungan komandan dan staf dalam rangka melaksanakan tugas operasi militer selain perang. "Terutama penanggulangan bencana alam erupsi Papandayan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Asrobudi, juga diberi gambaran bagaimana kodim 0611 ditunjuk selaku komandan tanggap darurat melaksanakan kegiatan tanggap darurat. "Semua dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi erupsi Papandayan. Bukan menentang, tapi bersahabat dengan alam," ucapnya.

Bila terjadi erupsi papandayan, maka yang dilakukan dapat menjadi bekal untuk aplikasi praktik di lapangan.
Sejumlah instansi yang terlibat, diantaranya jajaran Korem 062/Tarumanegara, Kodim 0611/Garut, jajaran Basarnas, BPBD Prov. Jabar dan BPBD Kab. Garut, Mahawarman, Tagana, Perhutani, Polres Garut, Pemkab. Garut, dan lainnya.
"Dengan adanya potensi bencana Papandayan, semua pihak harus meningkatkan koordinasi antarinstansi," ujarnya. (A-158/A-147)***

Baca Juga

Raperda tentang Ngaos, Mamaos, dan Maenpo Ditunda

CIANJUR, (PR).- Panitia khusus DPRD Kabupaten Cianjur akhirnya menunda pengesahan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang Ngaos, Mamaos, dan Maenpo yang menjadi tiga pilar budaya Cianjur.

Puncak Darma nan Kirana di Geopark Ciletuh

KETIADAAN areal parkir memadai di pos awal pendakian sudah mengindikasikan bahwa medan yang akan kami tempuh untuk sampai ke Puncak Darma terjal dan sulit.

Jemaah Haji Ciamis Meninggal di Mekah

CIAMIS,(PR).- Seorang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis, Emuh Sutrisna Atmadja Wiardi, dikabarkan meninggal dunia saat berada di pemondokan di tanah suci. Warga Dusun Munjul Rt 8/RW 16 Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Ciamis meninggal akibat terkena serangan jantung.