Lapas Cianjur Kelebihan 200 Narapidana

CIANJUR, (PRLM).- Ruang tahanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur sudah over kapasitas. Sebab saat ini, jumlah narapidana yang ada di Lapas Cianjur tercatat sebanyak 746 orang. Padahal idealnya dengan kapasitas ruangan yang ada maksimal Lapas Kelas II B seharusnya maksimal hanya menampung 500 orang.

Hal itu diakui Kepala Lapas Kelas II B Cianjur Sahat Philips Parapat, baru baru ini. Dia mengatakan apabila melihat kondisi ideal, sebenarnya daya tampung di Lapas Cianjur saat ini sudah tidak memadai. Namun demikian masalah kelebihan penghuni ruang tahanan tersebut tidak hanya dihadapi Lapas Cianjur, tetapi merata dialami hampir semua Lapas di Jawa Barat. "Kalau bicara ideal, Lapas Cianjur memang over kapasitas. Ada kelebihan hampir 200 orang narapidana," ujarnya.

Dijelaskan Philips, dari total penghuni lapas Cianjur sebanyak 746 orang, terdiri dari 693 narapidana laki-laki dewasa, 19 orang wanita, dan 34 lainnya merupakan narapidana anak-anak.

Selain menambah kapasitas ruang, salah satu upaya mengurangi kelebihan kapasitas penghuni tahanan itu diantaranya melaksanakan program pembebasan bersyarat bagi narapidana dengan kategori berkelakuan baik. "Upaya memberikan remisi bagi narapidana juga merupakan upaya lainnya. Kalau penambahan kapasitas ruangan, ada cuma sangat terbatas," tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan Philips, pemberian remisi itu dilaksanakan pada hari besar, juga hari raya keagamaan. Selain Hari Raya Idulfitri, program remisi ini selalu digulirkan juga pada hari-hari besar keagamaan lainnya. "Untuk hari besar nasional, remisi diberikan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus," tuturnya. (A-116/A-88)***

Baca Juga

Seorang PNS Dipecat, Tiga Lainnya Turun Pangkat

CIANJUR, (PR).- Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Cianjur dipecat akibat tidak melaksanakan tugas selama 46 hari berturut-turut tanpa alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. PNS tersebut berasal dari kelurahan di wilayah Kecamatan Cianjur.

Pemkot Bogor Bebaskan PBB kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah

BOGOR, (PR).- Pemerintah Kota Bogor mengeluarkan surat keputusan pembebasan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan kepada 103.971 SPPT yang masuk dalam golongan masyarakat berpenghasilan rendah. Secata total, pembebasan PBB P2 tersebut bernilai sekitar Rp 5.108.943.278.

Pembongkaran Warem Patrol Diwarnai Tangis Histeris

INDRAMAYU, (PR).- Petugas gabungan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu melaksanakan pembongkaran 150 warung remang-remang di pinggir jalan pantura wilayah Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu, Sabtu, 2 April 2016.