Lapas Cianjur Kelebihan 200 Narapidana

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Ruang tahanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur sudah over kapasitas. Sebab saat ini, jumlah narapidana yang ada di Lapas Cianjur tercatat sebanyak 746 orang. Padahal idealnya dengan kapasitas ruangan yang ada maksimal Lapas Kelas II B seharusnya maksimal hanya menampung 500 orang.

Hal itu diakui Kepala Lapas Kelas II B Cianjur Sahat Philips Parapat, baru baru ini. Dia mengatakan apabila melihat kondisi ideal, sebenarnya daya tampung di Lapas Cianjur saat ini sudah tidak memadai. Namun demikian masalah kelebihan penghuni ruang tahanan tersebut tidak hanya dihadapi Lapas Cianjur, tetapi merata dialami hampir semua Lapas di Jawa Barat. "Kalau bicara ideal, Lapas Cianjur memang over kapasitas. Ada kelebihan hampir 200 orang narapidana," ujarnya.

Dijelaskan Philips, dari total penghuni lapas Cianjur sebanyak 746 orang, terdiri dari 693 narapidana laki-laki dewasa, 19 orang wanita, dan 34 lainnya merupakan narapidana anak-anak.

Selain menambah kapasitas ruang, salah satu upaya mengurangi kelebihan kapasitas penghuni tahanan itu diantaranya melaksanakan program pembebasan bersyarat bagi narapidana dengan kategori berkelakuan baik. "Upaya memberikan remisi bagi narapidana juga merupakan upaya lainnya. Kalau penambahan kapasitas ruangan, ada cuma sangat terbatas," tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan Philips, pemberian remisi itu dilaksanakan pada hari besar, juga hari raya keagamaan. Selain Hari Raya Idulfitri, program remisi ini selalu digulirkan juga pada hari-hari besar keagamaan lainnya. "Untuk hari besar nasional, remisi diberikan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus," tuturnya. (A-116/A-88)***

Baca Juga

Selama Ramadan, Polres Subang Ringkus 13 Tersangka

JAWA BARAT

SUBANG,(PRLM).- Selama 14 hari di bulan Ramadan ini, Satuan Narkoba Polres Subang meringkus 13 tersangka yang terlibat dalam peredaran narkoba, yaitu jenis shabu, ganja, dan obat keras.

Pengguna Narkoba di Kota Tasikmalaya Meningkat

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Pengguna Narkoba di Kota Tasikmalaya setiap tahunnya terus meningkat. Berdasarkan data standar nasional, tiap tahun pengguna narkoba di Indonesia meningkat sekitar 10 persen.

Dinsosnakertrans Ciamis Bentuk Tim Pemantau THR

JAWA BARAT

CIAMIS,(PRLM).- Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ciamis mengingatkan seluruh perusahaan memberikan hak karyawan, tunjangan hari raya tujuh hari (H-7) sebelum lebaran.

Pembayaran THR untuk pekerja toko serta industri perumahan (home industry), rawan tertunda.

Penculik Bayi Berhasil Ditangkap di Tempat Kos

JAWA BARAT
Penculik Bayi Berhasil Ditangkap di Tempat Kos

SUMEDANG, (PRLM).- Polres Sumedang berhasil menangkap pelaku penculikan bayi di rumah kosnya di Lingkungan Tegalsari, Kelurahan Kota Kaler, Kec. Sumedang Utara, Rabu (8/7/2015) pukul 17.00 WIB.