Lapas Cianjur Kelebihan 200 Narapidana

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Ruang tahanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur sudah over kapasitas. Sebab saat ini, jumlah narapidana yang ada di Lapas Cianjur tercatat sebanyak 746 orang. Padahal idealnya dengan kapasitas ruangan yang ada maksimal Lapas Kelas II B seharusnya maksimal hanya menampung 500 orang.

Hal itu diakui Kepala Lapas Kelas II B Cianjur Sahat Philips Parapat, baru baru ini. Dia mengatakan apabila melihat kondisi ideal, sebenarnya daya tampung di Lapas Cianjur saat ini sudah tidak memadai. Namun demikian masalah kelebihan penghuni ruang tahanan tersebut tidak hanya dihadapi Lapas Cianjur, tetapi merata dialami hampir semua Lapas di Jawa Barat. "Kalau bicara ideal, Lapas Cianjur memang over kapasitas. Ada kelebihan hampir 200 orang narapidana," ujarnya.

Dijelaskan Philips, dari total penghuni lapas Cianjur sebanyak 746 orang, terdiri dari 693 narapidana laki-laki dewasa, 19 orang wanita, dan 34 lainnya merupakan narapidana anak-anak.

Selain menambah kapasitas ruang, salah satu upaya mengurangi kelebihan kapasitas penghuni tahanan itu diantaranya melaksanakan program pembebasan bersyarat bagi narapidana dengan kategori berkelakuan baik. "Upaya memberikan remisi bagi narapidana juga merupakan upaya lainnya. Kalau penambahan kapasitas ruangan, ada cuma sangat terbatas," tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan Philips, pemberian remisi itu dilaksanakan pada hari besar, juga hari raya keagamaan. Selain Hari Raya Idulfitri, program remisi ini selalu digulirkan juga pada hari-hari besar keagamaan lainnya. "Untuk hari besar nasional, remisi diberikan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus," tuturnya. (A-116/A-88)***

Baca Juga

Kerusakan Jalan di Kota dan Kab. Sukabumi Semakin Menyulitkan Warga

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Seiring intensitas hujan semakin meningkat, kerusakan ruas jalan di sejumlah kecamatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi semakin menyulitkan warga.

Awal Tahun 2016, Sudah Ada Tiga Perusahaan Diadukan Karyawannya

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Sudah tiga pengaduan mengenai tenaga kerja masuk ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Cianjur selama dua pekan diawal tahun 2016.

Tiga Warga Garut Menghilang, Diduga Terkait Gafatar

JAWA BARAT

‪GARUT, (PRLM).- Tiga warga Kabupaten Garut yang dilaporkan hilang, diduga terkait jaringan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Ketiganya adalah ibu dan dua anaknya, Winarti (42) dan kedua anaknya, Sri Putri Rahma (17) dan Andi Permana (10). Mereka hilang sejak 28 Desember 2015 lalu.

Dua Pemburu Biyawak Hanyut di Sungai Cilutung

JAWA BARAT
SEJUMLAH warga sedang melihat tim SAR melakukan pencarian korban  hanyut di sungai Cilutung ketika sedang mencari biyawak, pada Selasa (12/1/2016).*

MAJALENGKA,(PRLM).- Dua orang pemburu biyawak Ade Rusnadi (30) dan Udin (25) warga Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka tenggelam di Sungai Cilutung, tepatnya di Desa Liangjulang, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Selasa (12/1/2016), hingga kini kedua korban belum dite