Lapas Cianjur Kelebihan 200 Narapidana

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Ruang tahanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur sudah over kapasitas. Sebab saat ini, jumlah narapidana yang ada di Lapas Cianjur tercatat sebanyak 746 orang. Padahal idealnya dengan kapasitas ruangan yang ada maksimal Lapas Kelas II B seharusnya maksimal hanya menampung 500 orang.

Hal itu diakui Kepala Lapas Kelas II B Cianjur Sahat Philips Parapat, baru baru ini. Dia mengatakan apabila melihat kondisi ideal, sebenarnya daya tampung di Lapas Cianjur saat ini sudah tidak memadai. Namun demikian masalah kelebihan penghuni ruang tahanan tersebut tidak hanya dihadapi Lapas Cianjur, tetapi merata dialami hampir semua Lapas di Jawa Barat. "Kalau bicara ideal, Lapas Cianjur memang over kapasitas. Ada kelebihan hampir 200 orang narapidana," ujarnya.

Dijelaskan Philips, dari total penghuni lapas Cianjur sebanyak 746 orang, terdiri dari 693 narapidana laki-laki dewasa, 19 orang wanita, dan 34 lainnya merupakan narapidana anak-anak.

Selain menambah kapasitas ruang, salah satu upaya mengurangi kelebihan kapasitas penghuni tahanan itu diantaranya melaksanakan program pembebasan bersyarat bagi narapidana dengan kategori berkelakuan baik. "Upaya memberikan remisi bagi narapidana juga merupakan upaya lainnya. Kalau penambahan kapasitas ruangan, ada cuma sangat terbatas," tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan Philips, pemberian remisi itu dilaksanakan pada hari besar, juga hari raya keagamaan. Selain Hari Raya Idulfitri, program remisi ini selalu digulirkan juga pada hari-hari besar keagamaan lainnya. "Untuk hari besar nasional, remisi diberikan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus," tuturnya. (A-116/A-88)***

Baca Juga

Sedikitnya 150 Hektar Sawah Terancam tidak Mendapat Pasokan Air

JAWA BARAT
NURHANDOKO WIYOSO/PRLM

BANJAR,(PRLM).-Sedikitnya 150 hektare persawahan di wilayah Kecamatan Purwaharja dan sekitarnya, Kota Banjar terencam tidak mendapat pasokan air.

Hal itu berkenaan dengan ambrolnya tembok saluran irigasi, menyusul longsornya tanggul Sungai Cijolang.

Aksi Prihatin Ketakjelasan Yayasan

Mahasiswa Stikes BP Buat Kuburan Depan Kampus

JAWA BARAT
NURHANDOKO WIYOSO/PRLM

BANJAR, (PRLM).- Tidak kurang 100 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Putera Kota Banjar menggelar aksi keprihatinan atas minimnya fasilitas dan ketidakjelasan yayasan yang menaungi institusi tersebut.

Kejari Cianjur Akan Cekal H.M

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur akan bertindak tegas terhadap H.M Anggota DPRD Cianjur yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi bantuan keuangan Desa Peradaban, setelah dua kali mangkir dari panggilan Kejari.

Taman Skateboard Kota Bogor Akan Diluncurkan Minggu

JAWA BARAT
KISMI DWI ASTUTI/PRLM

BOGOR, (PRLM).- Pemerintah Kota Bogor akan meluncurkan taman skateboard pertama di Kota Bogor yang berada di Lapangan Sempur Bogor Tengah Kota Bogor, Minggu (29/3/2015).