Lapas Cianjur Kelebihan 200 Narapidana

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Ruang tahanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur sudah over kapasitas. Sebab saat ini, jumlah narapidana yang ada di Lapas Cianjur tercatat sebanyak 746 orang. Padahal idealnya dengan kapasitas ruangan yang ada maksimal Lapas Kelas II B seharusnya maksimal hanya menampung 500 orang.

Hal itu diakui Kepala Lapas Kelas II B Cianjur Sahat Philips Parapat, baru baru ini. Dia mengatakan apabila melihat kondisi ideal, sebenarnya daya tampung di Lapas Cianjur saat ini sudah tidak memadai. Namun demikian masalah kelebihan penghuni ruang tahanan tersebut tidak hanya dihadapi Lapas Cianjur, tetapi merata dialami hampir semua Lapas di Jawa Barat. "Kalau bicara ideal, Lapas Cianjur memang over kapasitas. Ada kelebihan hampir 200 orang narapidana," ujarnya.

Dijelaskan Philips, dari total penghuni lapas Cianjur sebanyak 746 orang, terdiri dari 693 narapidana laki-laki dewasa, 19 orang wanita, dan 34 lainnya merupakan narapidana anak-anak.

Selain menambah kapasitas ruang, salah satu upaya mengurangi kelebihan kapasitas penghuni tahanan itu diantaranya melaksanakan program pembebasan bersyarat bagi narapidana dengan kategori berkelakuan baik. "Upaya memberikan remisi bagi narapidana juga merupakan upaya lainnya. Kalau penambahan kapasitas ruangan, ada cuma sangat terbatas," tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan Philips, pemberian remisi itu dilaksanakan pada hari besar, juga hari raya keagamaan. Selain Hari Raya Idulfitri, program remisi ini selalu digulirkan juga pada hari-hari besar keagamaan lainnya. "Untuk hari besar nasional, remisi diberikan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus," tuturnya. (A-116/A-88)***

Baca Juga

Pelaku Pembunuhan Asisten Presdir XL Axiata Peragakan 34 Adegan

JAWA BARAT

GARUT, (PRLM).- Sebanyak 34 adegan pra rekonstruksi pembunuhan Asisten Presiden Direktur XL Axiata, Hayriantira (37) diperlihatkan kepada jajaran Kepolisan Resor Garut, dan Subdit III Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Jaya.

Disperda Cianjur Tegur Hotel Bintang Empat

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Dinas Perpajakan Daerah (Disperda) Kabupaten Cianjur melakukan teguran keras terhadah sebuah hotel bintang empat di kawasan wisata Cipanas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

BNN Kab. Cianjur Dapat Penghargaan dari Gubernur Jabar

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Cianjur berhasil mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beberapa hari lalu.

Empat Situs Sejarah di Sukabumi Terancam Punah Akibat Penggalian Pasir

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Para budayawan dan pemerhati lingkungan Kota dan Kabupaten Sukabumi, telah melakukan penelusuran situs Batu Sabak yang berada di bukit Sabak di Kampung Songgom, Desa Periangan Jaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.