Pembuatan KTP Kota Bekasi Cukup di Kelurahan

BEKASI, (PRLM).- Warga Kota Bekasi tahun ini tak perlu lagi mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke kantor kecamatan. Cukup mendatangi kantor kelurahan, pengurusan KTP sudah dapat dilakukan. Kebijakan tersebut diambil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi untuk meringkas panjangnya rentang pelayanan, sekaligus meminimalisir keberadaan calo.

Pelayanan KTP di tingkat kelurahan tersebut secara resmi diluncurkan Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Senin (15/8).

Perubahan pelayanan pembuatan KTP dari kecamatan ke kelurahan ini didasari pertimbangan melesatnya jumlah warga Kota Bekasi. Total penduduk sebanyak 2,3 juta jiwa yang terdata pada September 2010, melonjak seratus persen dari sepuluh tahun yang lalu.

"Dari total jumlah penduduk tersebut, sebanyak 1,6 juta jiwa merupakan wajib KTP. Jika dirata-ratakan, setiap kecamatan melayani 160.000 pemohon KTP. Dengan pembukaan pelayanan di tingkat kelurahan, beban tiap-tiap kelurahan sebanyak 28.500-an jiwa," ucap Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Mochamad Kosim.

Perubahan sistem pelayanan dari tingkat kecamatan ke kelurahan yang disertai dengan perubahan piranti lunak, sekaligus dipersiapkan juga untuk pelayanan pembuatan KTP elektronik.

Kota Bekasi yang merupakan kelompok pertama pengimplementasi program ini bersama 196 kabupaten/kota lain, menargetkan 1,6 juta penduduknya sudah mengubah KTP konvensionalnya menjadi e-KTP. Kapasitas alat yang mampu memproses 300 e-KTP per hari, dirasa cukup untuk memproses 1,6 juta e-KTP hingga Desember 2011.

Sementara pengimplementasian sistem ini masih harus menunggu tibanya perangkat logistik pendukungnya berupa pemindai sidik jari, alat tanda tangan digital, sensor retina mata, kamera, dan komputer. (A-184/A-88)***

Baca Juga

Pengendara Keluhkan Kerusakan Jalan Cikumpay-Cikopo

PURWAKARTA, (PR).- Masyarakat pengguna jalan keluhkan rusaknya jalan raya yang menghubungkan Desa Cikumpay, Kecamatan Campaka ke Desa Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Subang, Gebyar, Sisingaan

Gebyar Sisingaan Meriahkan HUT Kabupaten Subang

SUBANG, (PR).-Gebyar seni gotong Sisingaan yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Subang ke 68, Rabu 5 April 2016 berlangsung semarak. Acara yang digelar di halaman kantor Pemkab Subang dan Alun-alun tersebut melibatkan 86 sisingaan.

Harga Sayuran dan Bawang Melangit

CIAMIS,(PR).- Harga hasil aneka jenis sayur komoditi pertanian di pasar tradisional Ciamis maupun Kota Banjar, terus melonjak. Kenaikan  paling tinggi yakni bawang merah menembus Rp 60.000 per kilogram, naik 100% dibanding sebelumnya. 

cianjur, konvoi, pelajar, tawuran, sekolah

Cegah Tawuran, Konvoi Pelajar Dibubarkan

CIANJUR, (PR).- Polisi membubarkan puluhan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Cianjur,  Kamis 7 April 2016. Sedikitnya 30 orang berhasil diamankan polisi saat akan melalukan konvoi di sepanjang Jalan Didiprawirakusumah, Jalan Raya Bandung, dan menuju Jalan Pasundan.