Pembuatan KTP Kota Bekasi Cukup di Kelurahan

BEKASI, (PRLM).- Warga Kota Bekasi tahun ini tak perlu lagi mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke kantor kecamatan. Cukup mendatangi kantor kelurahan, pengurusan KTP sudah dapat dilakukan. Kebijakan tersebut diambil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi untuk meringkas panjangnya rentang pelayanan, sekaligus meminimalisir keberadaan calo.

Pelayanan KTP di tingkat kelurahan tersebut secara resmi diluncurkan Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Senin (15/8).

Perubahan pelayanan pembuatan KTP dari kecamatan ke kelurahan ini didasari pertimbangan melesatnya jumlah warga Kota Bekasi. Total penduduk sebanyak 2,3 juta jiwa yang terdata pada September 2010, melonjak seratus persen dari sepuluh tahun yang lalu.

"Dari total jumlah penduduk tersebut, sebanyak 1,6 juta jiwa merupakan wajib KTP. Jika dirata-ratakan, setiap kecamatan melayani 160.000 pemohon KTP. Dengan pembukaan pelayanan di tingkat kelurahan, beban tiap-tiap kelurahan sebanyak 28.500-an jiwa," ucap Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Mochamad Kosim.

Perubahan sistem pelayanan dari tingkat kecamatan ke kelurahan yang disertai dengan perubahan piranti lunak, sekaligus dipersiapkan juga untuk pelayanan pembuatan KTP elektronik.

Kota Bekasi yang merupakan kelompok pertama pengimplementasi program ini bersama 196 kabupaten/kota lain, menargetkan 1,6 juta penduduknya sudah mengubah KTP konvensionalnya menjadi e-KTP. Kapasitas alat yang mampu memproses 300 e-KTP per hari, dirasa cukup untuk memproses 1,6 juta e-KTP hingga Desember 2011.

Sementara pengimplementasian sistem ini masih harus menunggu tibanya perangkat logistik pendukungnya berupa pemindai sidik jari, alat tanda tangan digital, sensor retina mata, kamera, dan komputer. (A-184/A-88)***

Baca Juga

Pemudik Pakai Kereta Api Menurun

TASIKMALAYA,(PR).- Meskipun memasuki masa arus mudik lebaran, jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Tasikmalaya justru menurun selama sepekan ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Stasiun Tasikmalaya Toni Haryanto, saat dijumpai dijumpai kantornya, Jumat, 1 Juli 2016.

Pemudik Bermotor Makin Merajai Pantura Subang

SUBANG, (PR).- Pemudik bersepeda motor yang melintas wilayah Kabupaten Subang, Sabtu 2 Juli 2016 menguasai jalur pantai utara. Sejak pagi iring-iringan pengendara sepeda motor tak berhenti, terus mengalir dari arah Jakarta menuju Cirebon memadati semua badan jalan.

Bus Pilih Jalur Alternatif Indramayu

INDRAMAYU, (PR).- Sejumlah bus antarkota antarprovinsi melewati jalur alternatif Indramayu-Cirebon pada Sabtu 2 Juli 2016 dan Minggu 3 Juli 2016. Bus penumpang itu diduga menghindari kemacetan di jalur pantura wilayah Plered Kabupaten Cirebon.

999 Lampion Turut Meriahkan Parade 999 Bedug di Malam Takbiran Purwakarta

PURWAKARTA, (PR).- Semarak malam takbiran di Kabupaten Purwakarta selain akan dimeriahkan oleh parade 999 bedug yang berasal dari seluruh masjid dan musala, Selasa 5 Juli 2016 malam, langit malam Kabupaten yang dikenal sebagai salah satu basis pesantren di Jawa Barat ini pun dipastikan akan teran