PT KAI Luncurkan Kereta Pustaka

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT KAI (Persero) segera meluncurkan gerbong Kereta Pustaka bersama dengan Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di Stasiun Kota, Tamansari, Jakarta Barat.

Wakil Kepala Divisi Hertage PT KAI, Atik Palwani, mengatakan kereta tersebut mulai 9 September mendatang akan mengadakan tur di delapan stasiun di Pulau Jawa, yaitu stasiun Bandung, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Surabaya, Madiun, Solo Balapan, dan Yogyakarta.

"Kereta akan berangkat tanggal 9 September, digandeng dengan Argo Parahyangan menuju Stasiun Bandung," ujar Atik Palwani di Stasiun Kota, Tamansari, Jakarta Barat, Selasa.

Kereta Pustaka ini, ujar Atik Palwani, akan berhenti selama seminggu di masing-masing stasiun, kemudian akan mengadakan pameran perkeretaapian di stasiun tersebut.

"Salah satu yang dipamerkan adalah dokumentasi cagar budaya berupa rel kereta api dan stasiun di Jawa Barat dan Jawa Tengah," lanjutnya.

Selain itu Kereta Pustaka ini juga akan diisi dengan berbagai buku, sehingga juga berfungsi sebagai perpustakaan.

Atik juga menambahkan bahwa pameran ini diharapkan dapat mensosialisasikan peninggalan sejarah perkeretaapian yang memegang peran penting dalam perkembangan Indonesia pada waktu lampau. (A-26).***

Baca Juga

BI Longgarkan Aturan Valas untuk Dorong Pasar Domestik

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Bank Indonesia (BI) melonggarkan beberapa aturan pertukaran mata uang asing untuk mendorong dan memperdalam pasar valuta asing domestik di negara ini.

Tol Cisumdawu dan Waduk Jatigede Harus Dongkrak Perekonomian Daerah

EKONOMI

SUMEDANG, (PRLM).- Dua projek besar yang sudah dan sedang dibangun di Kabupaten Sumedang yakni Waduk Jatigede dan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) harus mampu mendongkrak perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tim Khusus Pemkab Bandung untuk Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan

EKONOMI

SOREANG, (PRLM).- Untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan, Pemerintah Kabupaten Bandung akan membentuk tim khusus.

Tim tersebut terdiri dari petugas Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, kepolisian, serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Kecelakaan Kerja di Indonesia Terus Meningkat

EKONOMI

DEPOK, (PRLM).- Tingkat kecelakaan kerja di Indonesia tergolong tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja perlu diupayakan untuk melindungi aset human capital dan menunjang keunggulan kompetitif bangsa.