Pekerjaan Fisik Jalan Tol Cisumdawu Mulai Digarap

JAWA BARAT
BAGIAN lahan terkena projek jalan tol Cisumdawu di Blok Cikubang, Desa Citali, Kec Pamulihan, Kab. Sumedang,  sudah diratakan dan dipagar untuk persiapan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol.*
NURYAMAN/PRLM
BAGIAN lahan terkena projek jalan tol Cisumdawu di Blok Cikubang, Desa Citali, Kec Pamulihan, Kab. Sumedang, sudah diratakan dan dipagar untuk persiapan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol.*

SUMEDANG, (PRLM).- Pembangunan fisik jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi dua di kab. Sumedang kini sudah mulai digarap Satuan Kerja (Satker) projek tersebut. Aktifitas pembangunan jalan tol seksi dua dari wilayah Kec Pamulihan sampai dengan Kec. Sumedang Utara, itu menurut keterangan sudah berjalan sejak dua pekan yang lalu.

Untuk tahap awal pembangunan jalan tol tersebut, Selasa (26/7) di Desa Citali, Pamulihan misalnya sudah ada kegiatan perataan lahan dan pemagaran tanah. Bahkan masyarakat yang rumahnya berada pada lahan terkena rencana tol tersebut sudah ada yang membongkar rumahnya.

"Dalam dua pekan terakhir, memang sudah ada kegiatan pekerjaan-pekerjaan fisik untuk pembangunan jalan tol itu. Menurut laporan Kepala Desa Citali, di desanya sudah ada dua alat berat beko masuk untuk meratakan tanah," kata Camat Pamulihan Bambang Irianto, Selasa (26/7) sore.

Hal itu juga dibenarkan Kapolsek Pamulihan Inspektur Satu (Iptu) Kardiman. "Beberapa rumah warga sudah ada yang dibongkar oleh para pemiliknya untuk menyelamatkan material bangunan yang masih bisa dimanfaatkan," kata Kardiman.

Kepala Bappeda Sumedang H. Eka Setiawan, menyebutkan pekerjaan fisik di desa tersebut merupakan pekerjaan tahap persiapan pembangunan jalan tol Cisumdawu. Lokasi yang sekarang sudah mulai digarap itu merupakan daerah bakal intercheng (pintu tol) Cisumdawu di Citali.

Lokasi itu juga merupakan titik nol perbatasan antara seksi dua (Pamulihan-Sumedang Utara) dan seksi satu (Tanjungsari- Jatinangor), yang akan dijadikan lokasi acara peletakan batu pertama pembangunan Tol Cisumdawu.

Sebagaimana diberitakan, pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 61 kilometer, direncanakan pemerintah akan dimulai pada tahun 2011 di bagian seksi dua dari wilayah Kec. Pamulihan sampai dengan Kec. Sumedang Utara. Sementara, bagian seksi satu Cileunyi-Pamulihan dan bagian seksi lainnya dari Sumedang Utara hingga Dawuan, Kab.Majalengka dilaksanakan menyusul.

Seksi dua didahulukan, dengan alasan antara lain untuk menyelamatkan kondisi kawasan ruas jalan Cadaspangeran dari ancaman kerusakan akibat beban lalu lintas kendaraan yang semakin padat. (A-91/A-88)***

Baca Juga

Kerusakan Hutan Jadi Penyebab Kekeringan

JAWA BARAT

PARIGI, (PRLM). - Minimnya kelestarian hutan di Gunung Kendeng dan Gunung Porang yang menjadi sumber air untuk sebagian wilayah di Kabupaten Pangandaran disinyalir menjadi penyebab dari munculnya gejala kekeringan di kabupaten tersebut.

PNS Kesbangpol Jalani Tes Urine, Dua Orang Izin

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Dua orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur luput dari pelaksanaan tes urine yang dilakukan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Cianjur di kantor Kesbangpol Jalan Pangeran Hidyatulloh, Senin (6/7/2015)

Satpol PP Subang Amankan 3 Unit Bekhoe Galian C

JAWA BARAT
Satpol PP Subang Amankan 3 Unit Bekhoe Galian C

SUBANG, (PRLM).-Tiga unit bekhoe diamankan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Subang dari lokasi penambangan galian C Ranggawulung Kelurahan Cigadung Kecamatan/Kabupaten Subang, Selasa (7/7/2015).

Penambang Tewas Tertimpa Batu

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Suherman Bin Halil (50) warga Blok Pon, RT 01/03, Desa/Kec Sindangwangi, Kabupaten Majalengka tewas dengan kondisi mengenaskan akibat tertimpa batu dari tebing dari ketinggian sekitar 3,5 m yang sedang digalinya sejak dua tahun lalu, Kamis (9/7/2015).