Pekerjaan Fisik Jalan Tol Cisumdawu Mulai Digarap

BAGIAN lahan terkena projek jalan tol Cisumdawu di Blok Cikubang, Desa Citali, Kec Pamulihan, Kab. Sumedang,  sudah diratakan dan dipagar untuk persiapan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol.*
NURYAMAN/PRLM
BAGIAN lahan terkena projek jalan tol Cisumdawu di Blok Cikubang, Desa Citali, Kec Pamulihan, Kab. Sumedang, sudah diratakan dan dipagar untuk persiapan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol.*

SUMEDANG, (PRLM).- Pembangunan fisik jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi dua di kab. Sumedang kini sudah mulai digarap Satuan Kerja (Satker) projek tersebut. Aktifitas pembangunan jalan tol seksi dua dari wilayah Kec Pamulihan sampai dengan Kec. Sumedang Utara, itu menurut keterangan sudah berjalan sejak dua pekan yang lalu.

Untuk tahap awal pembangunan jalan tol tersebut, Selasa (26/7) di Desa Citali, Pamulihan misalnya sudah ada kegiatan perataan lahan dan pemagaran tanah. Bahkan masyarakat yang rumahnya berada pada lahan terkena rencana tol tersebut sudah ada yang membongkar rumahnya.

"Dalam dua pekan terakhir, memang sudah ada kegiatan pekerjaan-pekerjaan fisik untuk pembangunan jalan tol itu. Menurut laporan Kepala Desa Citali, di desanya sudah ada dua alat berat beko masuk untuk meratakan tanah," kata Camat Pamulihan Bambang Irianto, Selasa (26/7) sore.

Hal itu juga dibenarkan Kapolsek Pamulihan Inspektur Satu (Iptu) Kardiman. "Beberapa rumah warga sudah ada yang dibongkar oleh para pemiliknya untuk menyelamatkan material bangunan yang masih bisa dimanfaatkan," kata Kardiman.

Kepala Bappeda Sumedang H. Eka Setiawan, menyebutkan pekerjaan fisik di desa tersebut merupakan pekerjaan tahap persiapan pembangunan jalan tol Cisumdawu. Lokasi yang sekarang sudah mulai digarap itu merupakan daerah bakal intercheng (pintu tol) Cisumdawu di Citali.

Lokasi itu juga merupakan titik nol perbatasan antara seksi dua (Pamulihan-Sumedang Utara) dan seksi satu (Tanjungsari- Jatinangor), yang akan dijadikan lokasi acara peletakan batu pertama pembangunan Tol Cisumdawu.

Sebagaimana diberitakan, pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 61 kilometer, direncanakan pemerintah akan dimulai pada tahun 2011 di bagian seksi dua dari wilayah Kec. Pamulihan sampai dengan Kec. Sumedang Utara. Sementara, bagian seksi satu Cileunyi-Pamulihan dan bagian seksi lainnya dari Sumedang Utara hingga Dawuan, Kab.Majalengka dilaksanakan menyusul.

Seksi dua didahulukan, dengan alasan antara lain untuk menyelamatkan kondisi kawasan ruas jalan Cadaspangeran dari ancaman kerusakan akibat beban lalu lintas kendaraan yang semakin padat. (A-91/A-88)***

Baca Juga

Lebih Rendah Mana, Upah Minimum Buruh atau PNS?

SETIAP November gubernur menetapkan upah minimum bagi buruh swasta baik di kota maupun kabupaten, yang berlaku per Januari tahun berikutnya. Upah Minimum Kota/Kabupaten mengacu pada  inflasi dan pertumbuhan ekonomi di tiap-tiap daerah.

KBM Belum Sepenuhnya Normal Pasca Pengukuran Lahan Ricuh

MAJALENGKA,(PR).- Kegiatan belajar mengajar di SD Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai berangsur normal walaupun belum seluruhnya masuk sekolah, setelah pelaksanaan pengukuran lahan untuk perluasan Bandara Internasiolan Jawa Barat beberapa hari lalu.

Tim Saber Pungli Cirebon Terkendala Dana

CIREBON, (PR).- Pembentukan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kota Cirebon terkendala pendanaan. Namun Pemkot Cirebon tetap akan mengusahakan agar dananya bisa dianggarkan di APBD 2017.

Tiga Bendungan Segera Dibangun di Jabar

JAKARTA, (PR).- Tiga bendungan yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat ditandangani kontraknya secara serentak dan segera dibangun. Selain untuk mengatasi kebutuhan air, pembangunan ketiga bendungan itu juga untuk mengendalikan banjir dan mendukung irigasi pertanian.