Gunung Berapi Raksasa Ditemukan di Bawah Laut

HORISON
Gunung berapi di bawah laut Antartika dekat Kepulauan Sandwich Selatan, daerah terpencil di Samudera Atlantik, yang terlacak oleh scan sonar kapal ekspedisi.*
zmescience/prlm
Gunung berapi di bawah laut Antartika dekat Kepulauan Sandwich Selatan, daerah terpencil di Samudera Atlantik, yang terlacak oleh scan sonar kapal ekspedisi.*

AUSTIN, (PRLM).- Dalam survei yang pertama kalinya dilakukan, serangkaian gunung berapi besar yang naik hingga 1,86 mil ditemukan tersembunyi di bawah perairan Antartika dekat Kepulauan Sandwich Selatan, daerah terpencil di Samudera Atlantik.

Kapten Cook pernah menemukan kepulauan kasar pada 1775 dan menulis tentang sejumlah pulau gunung berapi aktif dan meletus di atas permukaan laut. "Namun dasar laut itu benar-benar belum diketahui. Tidak pernah disurvei sama sekali," kata Phil Leats dari British Antartic Survey yang memimpin upaya-upaya terbaru ini. "Kami petakan secara detail daerah dasar laut di sekitar pulau-pulau ini," katanya, seperti dikutip laman News Discovery, baru-baru ini.

Dari hasil scan sonar kapal ekspedisi, terungkap dua belas gunung berapi di bawah laut, ada yang naik hampir dua kilometer dari dasar laut. Beberapa jelas telah aktif belum lama ini. Sementara yang lainnya telah runtuh, membentuk kawah besar sekitar tiga mil. "Ini adalah pegunungan besar di dasar laut," kata Leats. (Aya/das)***

Baca Juga

Bodi ZTE V3 Berbahan Metal

HORISON

SHENZHEN, (PRLM).- ZTE telah merilis varian V3 dengan bodi berbahan metal untuk pasar Tiongkok. Perangkat besutan manufaktur smartphone asal Kota Shenzhen, Tiongkok ini dibanderol antara 160 hingga 250 dolar Amerika Serikat, demikian dilaporkan laman GSMarena.

Samsung Konfirmasi Beberapa Fitur Smartwatch Gear A

HORISON

SEOUL, (PRLM).-Setelah beberapa bulan muncul rumor seputar smartwatch Gear A, manufaktur smartphone asal Korea Selatan itu akhirnya mengkonfirmasi perangkat dengan membeberkan beberapa fitur Gear A, demikian dilaporkan laman GSMarena.

Pabrik Smartphone Tiongkok Gunakan Robot, Kesalahan Berkurang

HORISON

BEIJING, (PRLM)- Satu pabrik smartphone di Tiongkok dioperasikan sepenuhnya oleh robot. Mereka membuat kesalahan lebih sedikit daripada manusia.

Perusahaan Teknologi Presisi Changying di Dongguan City, di provinsi Guangdong, telah menggantikan 90 persen dari 650 pekerja dengan mesin.

Akan Tersedia Google Glass Terbaru untuk Pebisnis

HORISON

SAN FRANCISCO, (PRLM).- Wall Street Journal melaporkan, Google telah mulai mendistribusikan versi baru dari Google Glass yang secara ekslusif akan tersedia untuk kalangan bisnis.