PPDB Melalui Jalur Online di Kota Bekasi Masih Sepi

ORANG tua mengambil nomor antrian pendaftaran si SMAN 2 Kota Bekasi, Jumat (1/7). Hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru melalui jalur online masih sepi.*
RIESTY YUSNILANINGSIH/PRLM
ORANG tua mengambil nomor antrian pendaftaran si SMAN 2 Kota Bekasi, Jumat (1/7). Hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru melalui jalur online masih sepi.*

BEKASI, (PRLM).- Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur online di Kota Bekasi, Jumat (1/7), masih sepi. Keputusan Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk tahun ajaran 2011/2012 ini yang hanya membolehkan pendaftar memilih satu sekolah negeri saja ditengarai menjadi penyebabnya.

Seperti diakui Marudi, Ketua Panitia PPDB SMAN 2 Kota Bekasi, animo pendaftar di hari pertama masih rendah. Jumlahnya berkurang drastis jika dibandingkan dengan pembukaan pendaftaran tahun lalu.

"Tahun lalu bisa sampai 500 pendaftar, kali ini baru sekitar 200. Saya prediksi, lonjakan baru akan terlihat menjelang akhir pendaftaran karena orang tua mungkin akan memantau pergerakan nilai terlebih dahulu," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pemberlakuan satu pilihan sekolah negeri saja cukup bermasalah. Orang tua menjadi lebih berhati-hati karena tak menginginkan sang anak gagal diterima dan langsung masuk ke sekolah swasta.

Selain itu, dengan pemberlakuan satu pilihan pun peminat SMAN 2 Kota Bekasi dan juga sekolah negeri lainnya otomatis akan berkurang. Tahun lalu, total dua ribu pendaftar merupakan mereka yang menjadikan SMAN 2 Kota Bekasi sebagai pilihan kesatu maupun kedua. Namun kini, satu pendaftar hanya boleh menentukan pilihan pada satu sekolah negeri.

Para pendaftar online di SMAN 2 Kota Bekasi akan memperebutkan 277 bangku yang tersedia. Masing-masing 20 kursi diperebutkan pendaftar dari luar Kota Bekasi dan yang memanfaatkan jalur bina prestasi. Sementara 79 bangku sisanya diperuntukkan bagi pendaftar melalui jalur bina lingkungan.

"Pendaftar melalui jalur bina prestasi kami seleksi melalui serangkaian tes potensi. Sementara seleksi pendaftar jalur bina lingkungan dilakukan Dinas Pendidikan. Seluruh data sudah diserahkan ke dinas," kata Marudi.

Hasil seleksi dari seluruh jalur yang tersedia diumumkan serentak pada 11 Juli 2011. Ada pun pendaftaran online dibuka hingga 6 Juli 2011. Hasil sementara di tiap-tiap sekolah dapat dipantau melalui website www.bekasi.siap-ppdb.com (A-184/kur)***

Baca Juga

Butuh Regulasi Dukung Produksi 'GESITS'

JAKARTA,(PR).- Regulasi yang berkesinambungan dari berbagai kementrian dan lembaga terkait sangat dibutuhkan untuk mendukung hilirisasi riset perguruan tinggi. Salah satunya ialah untuk mendukung produksi massal motor listrik karya anak bangsa, Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS).

SDM Jadi Prioritas, Pemerintah Gandeng Universitas dari Tiongkok

JAKARTA, (PR).- Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia ,(SDM) bidang ketenagakerjaan dengan menjalin kerja sama dengan salah satu institusi akademis yang kuat dalam riset dan pelatihan di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), yakni Universitas Tsinghua.

Perlindungan Profesi Guru dan Anak Perlu Kesamaan Persepsi

SUBANG, (PR).- Saat ini ada pergeseran paradigma di masyarakat terkait perlindungan profesi guru maupun anak didik. Hal ini terlihat dari banyaknya kejadian yang menimpa guru, saat memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar, berujung pada proses hukum.