PPDB Melalui Jalur Online di Kota Bekasi Masih Sepi

PENDIDIKAN
ORANG tua mengambil nomor antrian pendaftaran si SMAN 2 Kota Bekasi, Jumat (1/7). Hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru melalui jalur online masih sepi.*
RIESTY YUSNILANINGSIH/PRLM
ORANG tua mengambil nomor antrian pendaftaran si SMAN 2 Kota Bekasi, Jumat (1/7). Hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru melalui jalur online masih sepi.*

BEKASI, (PRLM).- Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur online di Kota Bekasi, Jumat (1/7), masih sepi. Keputusan Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk tahun ajaran 2011/2012 ini yang hanya membolehkan pendaftar memilih satu sekolah negeri saja ditengarai menjadi penyebabnya.

Seperti diakui Marudi, Ketua Panitia PPDB SMAN 2 Kota Bekasi, animo pendaftar di hari pertama masih rendah. Jumlahnya berkurang drastis jika dibandingkan dengan pembukaan pendaftaran tahun lalu.

"Tahun lalu bisa sampai 500 pendaftar, kali ini baru sekitar 200. Saya prediksi, lonjakan baru akan terlihat menjelang akhir pendaftaran karena orang tua mungkin akan memantau pergerakan nilai terlebih dahulu," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pemberlakuan satu pilihan sekolah negeri saja cukup bermasalah. Orang tua menjadi lebih berhati-hati karena tak menginginkan sang anak gagal diterima dan langsung masuk ke sekolah swasta.

Selain itu, dengan pemberlakuan satu pilihan pun peminat SMAN 2 Kota Bekasi dan juga sekolah negeri lainnya otomatis akan berkurang. Tahun lalu, total dua ribu pendaftar merupakan mereka yang menjadikan SMAN 2 Kota Bekasi sebagai pilihan kesatu maupun kedua. Namun kini, satu pendaftar hanya boleh menentukan pilihan pada satu sekolah negeri.

Para pendaftar online di SMAN 2 Kota Bekasi akan memperebutkan 277 bangku yang tersedia. Masing-masing 20 kursi diperebutkan pendaftar dari luar Kota Bekasi dan yang memanfaatkan jalur bina prestasi. Sementara 79 bangku sisanya diperuntukkan bagi pendaftar melalui jalur bina lingkungan.

"Pendaftar melalui jalur bina prestasi kami seleksi melalui serangkaian tes potensi. Sementara seleksi pendaftar jalur bina lingkungan dilakukan Dinas Pendidikan. Seluruh data sudah diserahkan ke dinas," kata Marudi.

Hasil seleksi dari seluruh jalur yang tersedia diumumkan serentak pada 11 Juli 2011. Ada pun pendaftaran online dibuka hingga 6 Juli 2011. Hasil sementara di tiap-tiap sekolah dapat dipantau melalui website www.bekasi.siap-ppdb.com (A-184/kur)***

Baca Juga

Kota Yogyakarta Masih Kekurangan Guru

PENDIDIKAN

YOGYAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Kota Yogyakarta masih banyak kekurangan tenaga guru dan kesehatan meskipun pada penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun lalu sudah ada tambahan 20 guru sekolah dasar dan sejumlah tenaga kesehatan.

Ujian Nasional 2015

45 SMP di Kabupaten Bandung Akan Ikuti UN Gabungan

PENDIDIKAN

SOREANG, (PRLM).- Sebanyak 42.252 siswa dari 255 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Bandung akan mengikuti Ujian Nasional pada 4-7 Mei 2015 nanti. Sebanyak 45 sekolah di antaranya melakukan UN secara gabungan lantaran belum memiliki akreditasi.

Ujian Nasional 2015

27.790 Siswa Ikuti UN Tingkat SMP di KBB

PENDIDIKAN

NGAMPRAH, (PRLM).- Sebanyak 27.790 siswa SMP dan MTs, serta pendidikan kesetaraan Paket B maupun Wustha, di Kabupaten Bandung Barat akan mulai mengikuti Ujian Nasional pada hari ini, Senin (4/5/2015).

Ujian Nasional Bocor karena Ulah Pengkhianat

PENDIDIKAN

SOLO, (PRLM).- Terjadinya kecurangan dalam ujian nasional (Unas), penyebabnya bukan karena banyak orang tidak jujur. Tetapi para murid dan guru jujur memilih diam karena kalah dengan para pengkhianat.