Pangandaran Diproyeksikan Jadi Andalan Wisata Nasional

Pesona alam Pantai Pangandaran yang indah menjadikan kawasan tersebut  sebagai tempat andalan wisata pantai bagi Kabupaten Ciamis serta Provinsi Jawa Barat. Sejumlah wisatawan tengah bermain di pantai. Mereka tidak hanya berenang serta berselancar di laut
NURHANDOKO/PRLM
Pesona alam Pantai Pangandaran yang indah menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat andalan wisata pantai bagi Kabupaten Ciamis serta Provinsi Jawa Barat. Sejumlah wisatawan tengah bermain di pantai. Mereka tidak hanya berenang serta berselancar di laut, tetapi juga dapat bermain di kawasan pantai pasir putih dengan naik perahu pesiar yang banyak dijumpai di wilayah tersebut.*

CIAMIS, (PRLM).- Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis diproyeksikan menjadi kawasan strategis pengembangan pariwisata nasional. Kawasan pantai yang membentang mulai dari Pantai Karapyak, Kecamatan Kalipucang sampai dengan Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata nasional, yang tidak kalah menariknya dengan Bali.

Direktur Produk Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Achyaruddin mengungkapkan hal tersebut ketika bertemu dengan Bupati Ciamis Engkon Komara yang didampingi Sekda Tahyadi A Satibie, Senin (27/6). Rombongan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tersebut sengaja datang ke tatar Galuh Ciamis untuk mengadakan peninjauan langsung terkait dengan rencana persiapan pengembangan Pantai Pangadaran menjadi kawasan strategis pariwisata nasional.

"Dibandingkan dengan kawasan wisata pantai lain di Provinsi Jawa Barat, Pantai Pangandaran yang memiliki potensi yang sangat luas untuk pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional. Banyak keunggulan hal yang tidak dijumpai di tempat lain," ujarnya.

Dia mengatakan kunjungannya ke tatar Galuh terkait dengan kesiapan Pemeritah Kabupaten Ciamis dalam menghadapi rencana pengembangan kawasan wisata tersebut ke depan. Achyaruddin menilai pemerintah daerah setempat sangat serius menangani pengembangan kawasan wisata Pangandaran.

"Dukungan yang diberikan pemerintah daerah sangat luar biasa. Bupati memberikan respons yang sangat serus dalam menghadapi rencana pengembangan kawasan pariwisata Pangandaran. Kami puas dengan kesiapan pemkab Ciamis," tuturnya.

Lebih lanjut dia juga menilai bahwa pemandangan maupun pesona alam wisata pantai Pangandaran yang di antaranya meliputi wilayah Pantai Karapyak di Kecamatan Kalipucang, Pantai Pangandaran di Kecamatan Pangandaran sampai dengan Pantai Batu Karas di Kecamatan Cijulang, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata andalan. "Potensinya tidak kalah dengan Bali. Pengembangan kawasan strategis kami harapkan sudah berjalan pada tahun 2014," ujarnya.

Sementara itu Perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jaaenudin mengatakan terpilihnya Pantai Pangandaran menjadai kawasan startegis pariwisata nasional, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pengembangan sektor pariwisata, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kami akan melihat kebijakan apa saja yang digulirkan oleh pemerintah untuk mendukung kegiatan tersebut, khususnya di Pangandaran," tuturnya.

Terpisah Bupati Caimis Engkon Komara mengatakan banyak keunggulan kawasan wisata Pantai Pangandaran dibandingkan dengan tempat yang lain. Misalnya wisatawan dapat menikmati sekaligus dua kejadian alam yaitu matahari terbenam (sunset) di Pantai Barat dan matarari terbit (sunrese) di Pantai Timur Pangandaran. "Tidak perlu jauh-jauh untuk melihat dua fenomena alam tersebut. Cukup di satu wilayah saja dapat menikmati sunset maupun sunrise. Keadaan itu merupakan salah satu yang menjadi keunggulan untukmengembangkan wisata di Pangandaran," tuturnya. (A-101/das)**

Baca Juga

Wisata Islami Aceh, Rasakan Pesona Ramadan

BANDA ACEH, (PR).- Saat bulan Ramadan menyapa, sempatkanlah untuk traveling ke Aceh. Provinsi berjuluk Serambi Makkah ini memiliki atmosfir dan suasana bulan Ramadan yang khas.

Kunjungan Wisman Bulan April Capai 1,14 Juta Orang

JAKARTA, (PR).- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi destinasi Wonderful Indonesia mencapai 1,14 juta wisatawan. Itu sama dengan peningkatan 7,09% dibandingkan periode bulan sebelumnya.

Bujuk Wisman Asal Korsel melalui HITS

JAKARTA, (PR).- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan branding Wonderful Indonesia terus membujuk wisatawan asal Korea Selatan (Korsel) untuk datang ke Indonesia.

BBTF Digiring Jadi Travel Fair Internasional

NUSA DUA, (PR).- Bali Beyond Travel Fair (BBTF) 2017, yang resmi digelar 7-11 Juni 2017 di Nusa Dua Bali Convention Center (NDBCC) Bali akan segera bertransformasi.