Pangandaran Diproyeksikan Jadi Andalan Wisata Nasional

WISATA
Pesona alam Pantai Pangandaran yang indah menjadikan kawasan tersebut  sebagai tempat andalan wisata pantai bagi Kabupaten Ciamis serta Provinsi Jawa Barat. Sejumlah wisatawan tengah bermain di pantai. Mereka tidak hanya berenang serta berselancar di laut
NURHANDOKO/PRLM
Pesona alam Pantai Pangandaran yang indah menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat andalan wisata pantai bagi Kabupaten Ciamis serta Provinsi Jawa Barat. Sejumlah wisatawan tengah bermain di pantai. Mereka tidak hanya berenang serta berselancar di laut, tetapi juga dapat bermain di kawasan pantai pasir putih dengan naik perahu pesiar yang banyak dijumpai di wilayah tersebut.*

CIAMIS, (PRLM).- Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis diproyeksikan menjadi kawasan strategis pengembangan pariwisata nasional. Kawasan pantai yang membentang mulai dari Pantai Karapyak, Kecamatan Kalipucang sampai dengan Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata nasional, yang tidak kalah menariknya dengan Bali.

Direktur Produk Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Achyaruddin mengungkapkan hal tersebut ketika bertemu dengan Bupati Ciamis Engkon Komara yang didampingi Sekda Tahyadi A Satibie, Senin (27/6). Rombongan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tersebut sengaja datang ke tatar Galuh Ciamis untuk mengadakan peninjauan langsung terkait dengan rencana persiapan pengembangan Pantai Pangadaran menjadi kawasan strategis pariwisata nasional.

"Dibandingkan dengan kawasan wisata pantai lain di Provinsi Jawa Barat, Pantai Pangandaran yang memiliki potensi yang sangat luas untuk pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional. Banyak keunggulan hal yang tidak dijumpai di tempat lain," ujarnya.

Dia mengatakan kunjungannya ke tatar Galuh terkait dengan kesiapan Pemeritah Kabupaten Ciamis dalam menghadapi rencana pengembangan kawasan wisata tersebut ke depan. Achyaruddin menilai pemerintah daerah setempat sangat serius menangani pengembangan kawasan wisata Pangandaran.

"Dukungan yang diberikan pemerintah daerah sangat luar biasa. Bupati memberikan respons yang sangat serus dalam menghadapi rencana pengembangan kawasan pariwisata Pangandaran. Kami puas dengan kesiapan pemkab Ciamis," tuturnya.

Lebih lanjut dia juga menilai bahwa pemandangan maupun pesona alam wisata pantai Pangandaran yang di antaranya meliputi wilayah Pantai Karapyak di Kecamatan Kalipucang, Pantai Pangandaran di Kecamatan Pangandaran sampai dengan Pantai Batu Karas di Kecamatan Cijulang, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata andalan. "Potensinya tidak kalah dengan Bali. Pengembangan kawasan strategis kami harapkan sudah berjalan pada tahun 2014," ujarnya.

Sementara itu Perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jaaenudin mengatakan terpilihnya Pantai Pangandaran menjadai kawasan startegis pariwisata nasional, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pengembangan sektor pariwisata, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kami akan melihat kebijakan apa saja yang digulirkan oleh pemerintah untuk mendukung kegiatan tersebut, khususnya di Pangandaran," tuturnya.

Terpisah Bupati Caimis Engkon Komara mengatakan banyak keunggulan kawasan wisata Pantai Pangandaran dibandingkan dengan tempat yang lain. Misalnya wisatawan dapat menikmati sekaligus dua kejadian alam yaitu matahari terbenam (sunset) di Pantai Barat dan matarari terbit (sunrese) di Pantai Timur Pangandaran. "Tidak perlu jauh-jauh untuk melihat dua fenomena alam tersebut. Cukup di satu wilayah saja dapat menikmati sunset maupun sunrise. Keadaan itu merupakan salah satu yang menjadi keunggulan untukmengembangkan wisata di Pangandaran," tuturnya. (A-101/das)**

Baca Juga

Perputaran Uang Sektor Pariwisata di Kota Bandung Capai Rp 5 T

WISATA

BANDUNG, (PRLM).- Berdasarkan data dari Pemerintah Kota Bandung, perputaran uang dari sektor pariwisata mencapai Rp 5 triliun. Tentu saja potensi ini bisa dimanfaatkan untuk pembangunan dan kesejahteraan warga Kota Bandung.

Tips Nyaman Berkeliling di Pelabuhan Sunda Kelapa

WISATA
JAKARTA, (PRLM).- Berkeliling ke Pelabuhan Sunda Kelapa memang menyenangkan. Terlebih bertepatan menyambut hari ulang tahun Jakarta yang ke-488.

Bebas Visa, Kunjungan Wisman Mei 2015 Tumbuh 5,47 Persen

WISATA

JAKARTA, (PRLM).- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Mei 2015 mencapai 793.499 wisman atau tumbuh 5,47 persen dibandingkan Mei tahun sebelumnya sebesar 752.363 wisman, sedangkan secara kumulatif Januari-Mei 2015 kunjungan wisman mencapai 3.842.669 wisman atau tum

Royal Flush, Seluncuran Air Raksasa dari Texas

WISATA
ROYAL Flush memiliki tiga seluncuran paralel, dengan tiga pilhan tanjakan.*

TEXAS, (PRLM).- Seluncuran air The Royal Flush yang ada di Texas, AS tidak diperuntukkan bagi para penakut. Dari tayangan video beberapa remaja tampak mampu terbang hingga puluhan kaki setelah lepas dari tanjakan yang tinggi.