Pangandaran Diproyeksikan Jadi Andalan Wisata Nasional

WISATA
Pesona alam Pantai Pangandaran yang indah menjadikan kawasan tersebut  sebagai tempat andalan wisata pantai bagi Kabupaten Ciamis serta Provinsi Jawa Barat. Sejumlah wisatawan tengah bermain di pantai. Mereka tidak hanya berenang serta berselancar di laut
NURHANDOKO/PRLM
Pesona alam Pantai Pangandaran yang indah menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat andalan wisata pantai bagi Kabupaten Ciamis serta Provinsi Jawa Barat. Sejumlah wisatawan tengah bermain di pantai. Mereka tidak hanya berenang serta berselancar di laut, tetapi juga dapat bermain di kawasan pantai pasir putih dengan naik perahu pesiar yang banyak dijumpai di wilayah tersebut.*

CIAMIS, (PRLM).- Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis diproyeksikan menjadi kawasan strategis pengembangan pariwisata nasional. Kawasan pantai yang membentang mulai dari Pantai Karapyak, Kecamatan Kalipucang sampai dengan Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata nasional, yang tidak kalah menariknya dengan Bali.

Direktur Produk Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Achyaruddin mengungkapkan hal tersebut ketika bertemu dengan Bupati Ciamis Engkon Komara yang didampingi Sekda Tahyadi A Satibie, Senin (27/6). Rombongan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tersebut sengaja datang ke tatar Galuh Ciamis untuk mengadakan peninjauan langsung terkait dengan rencana persiapan pengembangan Pantai Pangadaran menjadi kawasan strategis pariwisata nasional.

"Dibandingkan dengan kawasan wisata pantai lain di Provinsi Jawa Barat, Pantai Pangandaran yang memiliki potensi yang sangat luas untuk pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional. Banyak keunggulan hal yang tidak dijumpai di tempat lain," ujarnya.

Dia mengatakan kunjungannya ke tatar Galuh terkait dengan kesiapan Pemeritah Kabupaten Ciamis dalam menghadapi rencana pengembangan kawasan wisata tersebut ke depan. Achyaruddin menilai pemerintah daerah setempat sangat serius menangani pengembangan kawasan wisata Pangandaran.

"Dukungan yang diberikan pemerintah daerah sangat luar biasa. Bupati memberikan respons yang sangat serus dalam menghadapi rencana pengembangan kawasan pariwisata Pangandaran. Kami puas dengan kesiapan pemkab Ciamis," tuturnya.

Lebih lanjut dia juga menilai bahwa pemandangan maupun pesona alam wisata pantai Pangandaran yang di antaranya meliputi wilayah Pantai Karapyak di Kecamatan Kalipucang, Pantai Pangandaran di Kecamatan Pangandaran sampai dengan Pantai Batu Karas di Kecamatan Cijulang, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata andalan. "Potensinya tidak kalah dengan Bali. Pengembangan kawasan strategis kami harapkan sudah berjalan pada tahun 2014," ujarnya.

Sementara itu Perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jaaenudin mengatakan terpilihnya Pantai Pangandaran menjadai kawasan startegis pariwisata nasional, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pengembangan sektor pariwisata, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kami akan melihat kebijakan apa saja yang digulirkan oleh pemerintah untuk mendukung kegiatan tersebut, khususnya di Pangandaran," tuturnya.

Terpisah Bupati Caimis Engkon Komara mengatakan banyak keunggulan kawasan wisata Pantai Pangandaran dibandingkan dengan tempat yang lain. Misalnya wisatawan dapat menikmati sekaligus dua kejadian alam yaitu matahari terbenam (sunset) di Pantai Barat dan matarari terbit (sunrese) di Pantai Timur Pangandaran. "Tidak perlu jauh-jauh untuk melihat dua fenomena alam tersebut. Cukup di satu wilayah saja dapat menikmati sunset maupun sunrise. Keadaan itu merupakan salah satu yang menjadi keunggulan untukmengembangkan wisata di Pangandaran," tuturnya. (A-101/das)**

Baca Juga

Sejumlah Larangan Cara Berbusana Saat Liburan

WISATA

PRLM - Tampilan menggoda sementara pada liburan untuk membiarkan rambut Anda ke bawah dan menikmati kebebasan berada jauh dari rumah.

Ada 88 Obyek Wisata Baru di Yogyakarta

WISATA

YOGYAKARTA,(PRLM).– Sepanjang tahun 2014 tercatat ada penambahan obyek wisata (obwis) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada sebanyak 88 obwis. Seluruhnya tersebar di lima Kabupaten dan Kota berupa wisata alam dan budaya.

Mengente Ambon Mengembalikan Citra Ambon Manise

WISATA
MENTERI Pariwisata  Dr.Ir Arief Yahya melaunching Tahun Kunjungan Wisata Kota Ambon Manise di Balairung Soesilo Soedarman,Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (18/4/2015). *

JAKARTA, (PRLM).- Tahun Kunjungan Wisata Kota Ambon Manise “Mangente Ambon” merupakan suatu gerakan moral pemerintah dan masyarakat Kota Ambon untuk mengumpulkan seluruh potensi masyarakat dan cendikiawan di dalam maupun di luar Ambon (Maluku) untuk memberikan dukungan dalam mewujudkan Ambon Mani

Menpar, "Sempurnakan Fasilitas Publik"

WISATA

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya terus mengingatkan agar objek-objek wisata nasional terus berbenah, menyempurnakan fasilitas publik, sekaligus mengedukasi warganya untuk menjaga alam dan tradisi budayanya.