Masjid Harus Memberdayakan Masyarakat

BANDUNG RAYA
BUPATI Bandung Dadang Naser (berdiri) menyampaikan sambutannya pada pembukaan Musyawarah Daerah II Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bandung di Wisma Haji, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Rabu (18/5). Kegiatan yang bertemaka
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM
BUPATI Bandung Dadang Naser (berdiri) menyampaikan sambutannya pada pembukaan Musyawarah Daerah II Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bandung di Wisma Haji, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Rabu (18/5). Kegiatan yang bertemakan Peningkatan Kualitas Kemakmuran Masjid Menuju Masyarakat Sabilulungan untuk memilih Ketua DMI Kabupaten Bandung.*

SOREANG, (PRLM).- Masjid-masjid harus bisa menjadi ajang untuk bisa memberdayakan masyarakat. Bahkan, kalau perlu tiap masjid harus memiliki stok pangan agar tidak ada daerah yang rawan pangan.

"Masjid-masjid merupakan tempat strategis untuk memberdayakan masyarakat sekitarnya. Masjid-masjid jangan sebatas untuk tempat salat," kata Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, saat membuka muysawarah daerah (musda) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Bandung di Wisma Haji Soreang, Rabu (18/5).

Lebih jauh Dadang Naser mengatakan, masjid jangan kalah dengan NII KW 9 maupun aliran Islam yang menyimpang. "Masjid itu banyak dan tersebar di mana-mana sehingga harus bisa membendung gerakan NII KW 9 yang lebih banyak bersifat gerakan bawah tanah. Masa kita kalah sama dengan NII KW 9, aliran Islam menyimpang, maupun non Muslim," katanya.

Kemiskinan, kata bupati, merupakan kondisi yang harus bisa diantisipasi karena dekat dengan kekufuran. "Kalau bisa di tiap masjid diadakan banyak kegiatan termasuk pemberdayaan masyarakat. Kalau bisa di masjid-masjid disediakan beras siaga satu ton untuk menyantuni apabila ada bencana atau warga yang rawan daya beli." Katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Petugas Masih Menutup Jalan Asia Afrika

BANDUNG RAYA
WALAU acara formal peringatan Konferensi Asia Afrika 2015 sudah berakhir, namun sejumlah aktivitas di Jalan Asia Afrika Kota Bandung masih berlangsung.

Pawai Jampana Tradisi Warga Kabupaten Bandung

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Pawai jampana yakni membawa tandu berupa hasil bumi dan hasil kerajinan warga merupakan tradisi budaya warga Kab. Bandung sejak jaman dulu. Pawai ini bisa menjadi daya tarik pariwisata apabila bisa dikemas dengan baik.

Ade Swara dan Istri Akhirnya Lakukan Banding

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Bupati Karawang non aktif, Ade Swara dan istri, Nurlatifah akhirnya menempuh upaya hukum banding terkait vonis 6 dan 5 tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung.

Pemerintahan KBB Targetkan Pendapatan PBB P2 Rp 59,5 M

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).-Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menargetkan pendapatan pajak bumi dan bangunan (PBB) perdesaan dan perkotaan (P2) sebesar Rp 59,5 miliar, atau 22,3% dari rencana pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 266 miliar.