Masjid Harus Memberdayakan Masyarakat

BANDUNG RAYA
BUPATI Bandung Dadang Naser (berdiri) menyampaikan sambutannya pada pembukaan Musyawarah Daerah II Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bandung di Wisma Haji, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Rabu (18/5). Kegiatan yang bertemaka
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM
BUPATI Bandung Dadang Naser (berdiri) menyampaikan sambutannya pada pembukaan Musyawarah Daerah II Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bandung di Wisma Haji, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Rabu (18/5). Kegiatan yang bertemakan Peningkatan Kualitas Kemakmuran Masjid Menuju Masyarakat Sabilulungan untuk memilih Ketua DMI Kabupaten Bandung.*

SOREANG, (PRLM).- Masjid-masjid harus bisa menjadi ajang untuk bisa memberdayakan masyarakat. Bahkan, kalau perlu tiap masjid harus memiliki stok pangan agar tidak ada daerah yang rawan pangan.

"Masjid-masjid merupakan tempat strategis untuk memberdayakan masyarakat sekitarnya. Masjid-masjid jangan sebatas untuk tempat salat," kata Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, saat membuka muysawarah daerah (musda) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Bandung di Wisma Haji Soreang, Rabu (18/5).

Lebih jauh Dadang Naser mengatakan, masjid jangan kalah dengan NII KW 9 maupun aliran Islam yang menyimpang. "Masjid itu banyak dan tersebar di mana-mana sehingga harus bisa membendung gerakan NII KW 9 yang lebih banyak bersifat gerakan bawah tanah. Masa kita kalah sama dengan NII KW 9, aliran Islam menyimpang, maupun non Muslim," katanya.

Kemiskinan, kata bupati, merupakan kondisi yang harus bisa diantisipasi karena dekat dengan kekufuran. "Kalau bisa di tiap masjid diadakan banyak kegiatan termasuk pemberdayaan masyarakat. Kalau bisa di masjid-masjid disediakan beras siaga satu ton untuk menyantuni apabila ada bencana atau warga yang rawan daya beli." Katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Lapak PKL Dayeuhkolot Kembali Ditertibkan

BANDUNG RAYA
Lapak PKL Dayeuhkolot Kembali Ditertibkan

SOREANG, (PRLM).- Sebanyak 23 lapak pedagang kaki lima yang terus bertahan di trotoar Jalan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, kembali ditertibkan Pemkab Bandung. Nantinya, kawasan Dayeuhkkolot ini akan ditata kembali dan terbebas dari PKL.

38 Keluarga Belum Sepakati Ganti Rugi PLTA Upper Cisokan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sebanyak 38 keluarga di Blok Cibima, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat hingga kini belum menyepakati nilai ganti rugi pembebasan lahan untuk megaproyek PLTA Upper Cisokan.

BBKSDA Jabar Amankan 69 Potongan Tubuh Satwa Dilindungi

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat mengamankan 69 buah potongan tubuh satwa liar yang dilindungi Undang-Undang. Barang bukti tersebut diamankan dari salah satu toko suvenir di Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung.

Lahan Puso, Petani Dapat Bantuan Benih Varietas Unggul

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Khusus terhadap lahan sawah yang dinyatakan puso, Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengaku segera memberikan bantuan benih varietas unggul sebanyak 7 ton.