Kesehatan

Penyebab Mag pada Anak-anak

herbal-wonders.com/"PRLM"
herbal-wonders.com/"PRLM"

Dokter yang terhormat.
Anak laki-laki saya berusia 11 tahun sering menderita penyakit mag. Beberapa kali dibawa ke rumah sakit, kalau bukan karena asmanya kambuh ya penyakit magnya yang anfal. Saya perhatikan sih mungkin magnya akibat stres karena masalah di sekolahnya.


Karena anak saya terlalu sering kumat, dokter menyarankan untuk menjalani endoskopi. Dan ternyata banyak luka di lambungnya. Dokter menduga karena ia sering mengonsumsi jamu (anak saya memang suka minum jamu seduk khusus anak-anak).


Bahkan setelah menjalani endoskopi ditemukan sebuah benjolan (belum ketahuan hasil biopsinya).
Dok apakah benar mag itu akibat terlalu banyak minum jamu? Atau memang yang lebih berpengaruh adalah stres? Lalu, benarkah biopsi dapat berakibat pada menyebarnya suatu penyakit?
Terima kasih atas jawaban Dokter.

Ny. Mia di Bandung

Penyakit yang diderita oleh anak Ibu kemungkinan besar adalah gastritis, yaitu adanya peradangan di lambung yang nantinya dapat menyebabkan timbulnya luka atau ulkus.
 Pemeriksaan yang dilakukan itu adalah pemeriksaan endoskopi yaitu dengan memasukkan alat khusus seperti selang besar yang memiliki kamera. Alat tersebut dimasukkan lewat mulut untuk melihat saluran cerna bagian atas seperti esophagus dan lambung.

Gastritis pada anak umumnya belum secara jelas diketahui penyebabnya. Namun, kelebihan asam pada lambung, stres serta genetik tetap dianggap paling bertanggung jawab atas terjadinya gastritis.

Sekitar 5-10 persen gastritis pada anak disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Suatu kuman yang dapat ditemukan di seluruh penjuru dunia, terutama di negara berkembang. Infeksi oleh kuman tersebut dapat menular, terutama kepada orang-orang serumah atau akibat sanitasi yang kurang baik.

Pengobatan yang terbaik adalah dengan mengetahui penyebab gastritis. Jamu-jamuan memang dikatakan dapat menyebabkan gastritis apabila mengandung zat kimia tertentu yang dapat melukai mukosa lambung bila diminum sering dan terus-menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu mencermati kandungan dari jamu seduh yang sering diminum oleh anak.

Namun karena Ibu mengatakan anak Ibu juga menderita asma, maka salah satu penyebab gastritis pada anak Ibu mungkin saja karena refluks gastroesofageal atau ada aliran balik asam lambung ke esophagus atau kerongkongan yang dapat menimbulkan peradangan di daerah tersebut dan menjadi salah satu pencetus asma. Yang harus diperhatikan adalah timbulnya serangan asma pada anak Ibu apakah berhubungan dengan nyeri perut yang dialaminya.

Benjolan yang ditemukan pada pemeriksaan endoskopi mungkin adalah polip yang terjadi karena reaksi terhadap adanya gambaran patologi anatomi dari jaringan tubuh yang diambil. Umumnya apabila diambil dengan prosedur yang tepat tidak akan membahayakan bagi pasien. Namun apabila biopsi diambil dari jaringan yang dicurigai adalah kanker ganas, maka meskipun terjadi penyebaran hal tersebut bukan disebabkan oleh tindakan biopsi. Namun lebih dikarenakan penyakitnya sendiri.

Untuk pengobatan lebih lanjut, Ibu sebaiknya membawa anak berobat ke dokter spesialis anak agar ditangani lebih saksama.  (Dok. Geulis ”PR”,  17/4/11)***

Komentari di Facebook !