Where to Go In West Java

Pantai Gunung Geder Garut tak Kalah Eksotik dari Kuta

RETNO HY/"PRLM"
RETNO HY/"PRLM"
Pantai Gunung Geder Garut Selatan yang tidak kalah dengan Kuta dan Parangtritis, tempatnya indah nan esotik.*

ALAM pantai selatan Jawa Barat banyak menawarkan tempat-tempat yang indah nan eksotik. Namun karena kondisi infrastruktur yang kurang memadai, keelokan alam tersebut hanya dinimati dan dikunjungi mereka yang menaruh mintat tinggi akan kegiatan berwisata alam.

Seperti halnya objek wisata di Kabupaten Garut.  Setidaknya ada sebelas objek wisata pantai, tapi hanya pantai Santolo dan Sayang Heulang saja yang dikenal dan banyak dikunjungi, karena lokasinya yang dekat dengan Kota Kecamatan. Tidak demikian halnya dengan pantai, Cilautereun, Rancabuaya, Taman Manalusu, Cijayana, Karang Paranje, Sancang, Gunung Geder, Pantai Cijeruk Indah, Karang Tepas atau Sodong Parat. Keberadaan pantai-pantai tersebut hanya didatangi sewaktu-waktu pada musim libur panjang, dan itupun hanya oleh wisatawan tertentu, seperti kelompok touring kendaraan bermotor ataupun komunitas.

“Kondisi tersebut sangat disayangkan. Hampir sepanjang 72 kilometer yang tersebar dienam wilayah kecamatan terdapat tepat-tempat yang dapat dijadikan objek wisata unggulan dan tidak kalah dengan pantai-patai di pulau Bali ataupun Lombok,” ujar Wakil Bupati Garut, Diky Chandra, pada satu kesempatan.

Padahal, sejak Junghun di tahun 1920-an melakukan pemetaan terhadap zona pantai laut selatan berucap kalau sepanjang 72 kilometer kawasan pantai tersebut merupakan zona yang tepat bagi wisata melakukan wisata bahari. Menurut Junghung kawsan pantai Gartut termasuk ke dalam zona panas dengan ketinggian antara 0-100 meter diatas permukaan laut dan struktur geologi sesar normal dengan jenis tanah dinominasi tanah Regosol Garut.

Di antara sebelas pantai indah di Kab. Garut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, tahun 2011 ini melirik Pantai Gunung Geder yang berada di Desa Cijambe, Kec. Cikelet, sebagai bakal calon ikon objek wisata bahari Jawa Barat. “Alasannya, Pantai Gunung Geder yang bisa menjadi penghubung antara objek wisata pantai satu dengan pantai lainnya karena lokasinya yang berada diantara objek wisata pantai di Kec. Cikelet dan Pameungpeuk,” ujar Kasi Kelembagaan Subdin Kepariwisataan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Sajidin Aries, saat melakukan peninjauan ke lapangan bersama sejumlah media.

Pantai Gunung Geder dalam lima tahun belakangan ini mulai menjadi kawasan wisata pantai alternatif wisatawan domestic maupun mancanegara. Padahal, objek wisata yang berada sekira 94 kilometer dari Kota Garut, memiliki pesona alam yang tidak jauh berbeda dengan pantai Kuta Bali ataupun Parangtritis, Bantul Jogyakarta. Bahkan, dibandingkan dengan pantai Kuta Bali, ataupun Parangtritis Jogyakarta, Pantai Gunung Geder miliki banyak kelebihan.

Sepanjang lebih tujuh kilometer panjang pantai menawarkan landscape yang sangat menawan, perpaduan suasana pantai dengan pasir putih dan deburan ombaknya serta hijaunya hamparan sawah dan hutan alam dengan didominasi pohon kelapa dan ketapang, Berbeda dengan pantai Sayang Heulang yang memiliki kemiringan sabgat curam, ataupun pantai Santolo dengan bebatuan karangnya yang akan muncul bila laut surut.

Pantai Gunung Geder berupa perpaduan hamparan pasir putih yang mendekati bibir pantai dan pasir kecoklatan yang mendekati daratan. Pemandangan eksotik yang dapat dinikmati sepanjang harinya diantara hembusan angin yang cukup kencang adalah ombak tinggi dengan suara deburanya saat menabrak karang. Sedangkan sore menjelang petang manakala cuaca sedang bersahabat, kesempurnaan matahari sedang terbenam menjadi pemandangan yang sulit dilukiskan.

Kini, untuk dapat menikmati semua peristiwa alam Pantai Gunung Geder, wisatawan dari Kota Bandung ataupun kota lainnya tidak hanya dapat mencapainya terlebihdahulu harus melalui Kota Garut. Jalur Kab. Bandung melalui Kecamatan Pangalengan dan Rancabali (dulu masuk Kec. Ciwideuy), menjadi jalur yang paling disukai wisatawan yang melakukan perjalanan dengan touring berombongan.

Selain ruas jalan yang lebar, sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan perkebunan teh dengan situnya (danau kecil) yang berseling perumahan penduduk dan hutan kecil, juga hamparan pesawahan yang berbatasan dengan laut selatan (samudera Hindia). Dibeberapa titik kondisi jalan sangat bervariasi, namun seiring dengan pengembangan wilayah Jabar Selatan, kini pemerintah terus melakukan infrastruktur.

Karenanya, Pantai Gunung Geder dan sepuluh pantai lainnya di sepanjang 72 kilometer pantai selatan Kab. Garut, bukan lagi merupakan objek wisata alternatif. Tapi wajib untuk dikunjungi. (Retno HY/”PRLM”)***

Klik Peta Lokasi

 

Komentari di Facebook !