Beasiswa Jamsostek Catat Rekor MURI

PENDIDIKAN

JAKARTA, (PRLM).- Museum Rekor Indonesia (MURI) akan menganugerahkan rekor kepada PT Jamsostek (Persero) sebagai pemberi beasiswa secara serentak di kantor terbanyak, yakni pada 121 kantor cabang. Beasiswa diberikan kepada 12.250 anak peserta Jamsostek dengan nilai Rp 29,4 miliar.

“Bantuan beasiswa merupakan salah satu wujud program Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) dalam bidang pendidikan, sebagai sumbangsih PT Jamsostek (Persero) dalam rangka meningkatkan kecerdasan bangsa khususnya anak-anak tenaga kerja peserta Jamsostek,” kata Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga di Jakarta, Sabtu (30/4).

Dijelaskan, dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011 pada 2 Mei 2011 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bertema "Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa", pihaknya ikut berperan menyerahkan beasiswa kepada anak tenaga kerja peserta.

Menurut Hotbonar, program Bantuan Beasiswa itu bertujuan membantu tenaga kerja peserta dalam pembiayaan pendidikan anak tenaga kerja yang berprestasi untuk jangka waktu 12 bulan. Dikatakan, akumulasi penyaluran dana beasiswa anak pekerja Jamsostek hingga tahun 2010 sebesar Rp 96,505 miliar yang diberikan kepada 132.825 anak peserta program Jamsostek.

Persyaratan mengajukan Bantuan Beasiswa itu, bagi perusahaan adalah telah terdaftar sebagai peserta program Jamsostek minimal satu tahun dan tertib administrasi kepesertaan program Jamsostek. Sedangkan, bagi tenaga kerja adalah telah menjadi peserta Jamsostek minimal satu tahun dan masih aktif, upah maksimal 300% dari upah minimal kabupaten atau upah minimal kota.

Persyaratan lainnya, mendapat nilai diatas 7,00 untuk SD/SMP/SMU dan indeks prestasi (IP) minimal 2,75 untuk mahasiswa, anak tenaga kerja yang meninggal dunia/cacat total tetap akibat kecelakaan kerja, anak tenaga kerja tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari instansi lain, dan mengisi formulir permohonan bantuan beasiswa Jamsostek

Menurut Hotbonar, pada tahun 2010 dana DPKP yang telah disalurkan mencapai Rp 171,562 miliar dan secara akumulasi sejak adanya DPKP hingga realisasi sampai dengan Desember 2010 sebesar Rp 1,03 triliun.
"Pada tahun 2011, rencananya bakal disalurkan dana DPKP sebesar Rp 437 miliar dengan proporsi 70% bergulir dan 30% tidak bergulir," katanya. (A-78/A-147)***

Baca Juga

Kemenag Harus Jelaskan Secara Terbuka soal Pemecatan Rektor UIN SGD

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang membidangi masalah agama, Deding Ishak Ibnu Suja mengatakan, Kemenag pusat harus secara terbuka menjelaskan ihwal pemecatan Deddy Ismatullah sebagai rektor UIN Sunan Gunung Djati.

Buku Agama Bermasalah

PENDIDIKAN
ADE BAYU INDRA/PRLM

Penelitian Mahasiswa UNY

Puntung Rokok Bisa Jadi Insektisida Nabati

PENDIDIKAN
 WILUJENG KHARISMA/PRLM

YOGYAKARTA, (PRLM).- Puntung rokok biasanya hanya menjadi sampah. Terlebih jika para perokok membuang puntungnya di sembarang tempat. Padahal sebenarnya jika dimanfaatkan, puntung tersebut bermanfaat.

Ujian Nasional 2015

23.328 Siswa di Kabupaten Bandung Siap UN

PENDIDIKAN

SOREANG, (PRLM).-Sebanyak 23.328 siswa SMA dan SMK di Kabupaten Bandung siap mengikuti ujian nasional yang akan digelar mulai Senin (13/4/2015) pekan depan. Tiga sekolah di antaranya akan menggelar ujian dalam jaringan (online).