Letjen TNI Budiman Wakasad Baru

JAKARTA, (PRLM).– Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta menerima laporan korps Serah Terima Jabatan (sertijab), Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) dari Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo kepada Letjen TNI Budiman. Sertijab itu berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Rabu, (30/3).

Letjen TNI Budiman sebelumnya menjabat Komandan Kodiklat Angkatan Darat, sedangkan Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo akan menjabat Kepala Staf Umum TNI di Mabes TNI.

Kasad mengatakan, serah terima jabatan merupakan hal yang lazim dilakukan di lingkungan TNI Angkatan Darat. Hal itu sebagai upaya Pembinaan Satuan dan Pembinaan Personel TNI Angkatan Darat yang dinamis dan konstruktif sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan organisasi.

Menurut dia, serah terima jabatan ini, dalam rangka mengembangkan kemampuan perwira dalam dimensi kepemimpinan dan manajerial dengan mengedepankan profesionalisme keprajuritan.

"Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan suasana yang lebih segar bagi organisasi dengan adanya inovasi dan kreativitas baru yang dapat mendorong kemajuan TNI Angkatan Darat ke depan dalam rangka menjawab tuntutan dan tantangan tugas yang demikian kompleks," kata Kasad.

Ditegaskan, jabatan Wakasad merupakan pembantu dan penasehat utama Kasad, yang dalam pelaksanaan tugas tugasnya bertanggung jawab kepada Kasad.

Sebagai pembantu dan penasehat utama Kasad, Wakasad mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam memimpin, mengkoordinasikan, dan membina badan-badan pembantu pimpinan/staf, pelayanan dan pelaksana staf serta pelaksana pusat dan komando utama pembinaan, serta tugas lain yang diberikan oleh Kasad.

“Prajurit yang mendapat kepercayaan dan kehormatan memangku jabatan Wakasad, memiliki tanggung jawab yang tidak ringan. Karena, dituntut untuk mengedepankan kemampuan menjabarkan kebijakan Kasad secara komprehensif, inovatif dan kreatif sehingga dapat dioperasionalkan ke seluruh jajaran TNI Angkatan Darat,” katanya.

Kasad menambahkan, besarnya peran Wakasad dalam mengkoordinasikan unsur-unsur TNI Angkatan Darat, memerlukan landasan loyalitas dan dedikasi yang tinggi ditopang kemampuan manajerial yang prima, sehingga mampu memberdayakan semua unsur menjadi satu kekuatan secara sinergis dalam memaksimalkan pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat. (A-78/A-26).***

Baca Juga

Latihlah Anak-anak Berpikir dan Melakukan Hal-hal Kreatif

JAKARTA, (PR).- Pakar psikologi Efnie Indrianie mengatakan, masa kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak. Karena pada masa inilah ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak dibentuk yang menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak pada usia dewasa.

Hasyim Asy'ari Usulkan Pemilihan Pendahulu oleh Parpol

JAKARTA, (PR).- Sistem dalam pemilihan umum legislatif (pileg) saat ini terus menjadi diskursus. Saran terbaru demi perbaikan kualitas calon anggota legislatif (caleg) dikemukakan Anggota baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo.

3.928 IUP Masih Tak Sesuai Standar

JAKARTA, (PR).- Ditetapkannya Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam dalam kasus tindak pidana korupsi persetujuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2009-2014 membuka mata banyak pihak kalau pengelolaan IUP masih carut marut.

Bantul Masih Kekurangan Pasokan Ikan

YOGYAKARTA, (PR).- Mempunyai wilayah pesisir 17 Kilometer, tak membuat Kab. Bantul melimpah hasil tangkapan ikannya. Justru kebutuhan ikan laut untuk sektor kuliner di Kabupaten Bantul ternyata masih banyak kekurangan.