Setengah Abad KUA Lembang Tanpa Kejelasan Status Tanah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Meski telah berdiri selama 53 tahun, Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat hingga kini belum memiliki kejelasan status kepemilikan tanah. Pengurus KUA hanya memiliki beberapa dokumen tidak resmi yang menyatakan bahwa kantor itu berdiri di atas tanah wakaf. “Sejauh ini, yang kami miliki hanya surat-surat di bawah tangan yang tidak memiliki kekuatan hukum. Sampai sekarang belum ada bukti autentik yang menyatakan bahwa KUA berdiri di atas tanah wakaf,” kata Kepala KUA Kecamatan Lemabang, Endang Suhinda, Selasa (22/3).

Meski belum memiliki kejelasan status, Endang menuturkan, masyarakat sekitar telah menganggapnya sebagai tanah wakaf. Tanah itu satu paket dengan tanah yang kini didirikan Masjid Agung dan Alun-alun Lembang.

Di sekeliling KUA Lembang, juga terdapat beberapa bangunan kantor seperti Badan Amil Zakat, TPA, dan MUI. Sejumlah kantor ini juga berdiri di atas tanah yang belum memiliki kejelasan status. “Sampai sekarang memang kondisi ini tidak menyebabkan aktivitas kami terganggu. Namun, kami ingin agar tanah ini memiliki kejelasan status mengingat keberadaannya di daerah wisata,” kata Endang.

Sebagai upaya, Endang mengaku tengah mengurus proses administrasi untuk mendapatkan kejelasan status tanah KUA kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat. Upaya itu, menurut dia, dilakukan untuk membuat status tanah tersebut menjadi tanah wakaf. (A-192/A-88)***

Baca Juga

Qasidah Al Alimiyah Meriahkan Imtihan

BANDUNG RAYA
GRUP Qasidah Al Alimiyah yang pernah ikut audisi D'Terong turut tampil memeriahkan acara Imtihan dan menyambut Bulan Ramadan di Pesantren Kutawaringan, Desa Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung.*

Mio dan Jupiter Tabrakan, Dua Orang Tewas Seketika

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraaan bermotor di kawasan Jalan PSM, depan Departemen Perhubungan Darat AD, Kiaracondong, sekira pukul 2.00 WIB, Selasa (9/6/2015).

Satpom AU Lanud Sulaiman Adakan "Sweeping"

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Personel Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau) Lanud Sulaiman melaksanakan “sweeping” pemeriksaan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, Rabu (10/6/2015) maupun untuk kelengkapan identitas diri, baik itu KTA (Kartu Tanda Anggota) maupun SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Tunjangan Babinsa Bakal Naik

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberi sinyal kenaikan remunerasi tunjangan operasional bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa). Nilainya sebesar Rp 1 juta//bulan, meningkat nyaris 20 kali dari tunjangan semula.