Setengah Abad KUA Lembang Tanpa Kejelasan Status Tanah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Meski telah berdiri selama 53 tahun, Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat hingga kini belum memiliki kejelasan status kepemilikan tanah. Pengurus KUA hanya memiliki beberapa dokumen tidak resmi yang menyatakan bahwa kantor itu berdiri di atas tanah wakaf. “Sejauh ini, yang kami miliki hanya surat-surat di bawah tangan yang tidak memiliki kekuatan hukum. Sampai sekarang belum ada bukti autentik yang menyatakan bahwa KUA berdiri di atas tanah wakaf,” kata Kepala KUA Kecamatan Lemabang, Endang Suhinda, Selasa (22/3).

Meski belum memiliki kejelasan status, Endang menuturkan, masyarakat sekitar telah menganggapnya sebagai tanah wakaf. Tanah itu satu paket dengan tanah yang kini didirikan Masjid Agung dan Alun-alun Lembang.

Di sekeliling KUA Lembang, juga terdapat beberapa bangunan kantor seperti Badan Amil Zakat, TPA, dan MUI. Sejumlah kantor ini juga berdiri di atas tanah yang belum memiliki kejelasan status. “Sampai sekarang memang kondisi ini tidak menyebabkan aktivitas kami terganggu. Namun, kami ingin agar tanah ini memiliki kejelasan status mengingat keberadaannya di daerah wisata,” kata Endang.

Sebagai upaya, Endang mengaku tengah mengurus proses administrasi untuk mendapatkan kejelasan status tanah KUA kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat. Upaya itu, menurut dia, dilakukan untuk membuat status tanah tersebut menjadi tanah wakaf. (A-192/A-88)***

Baca Juga

Pasar Tasik di "Rooftop" Pasar Ciroyom Demi Adipura

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Demi menyambut penilaian Adipura, seluruh elemen bergerak, termasuk dari tata ruang pasar yang berubah. Ada peningkatan dari sisi lingkungan dan keindahannya. Berbagai terobosan dan improvisasi juga dilakukan oleh masing-masing pasar.

Bupati Minta Jangan Ada Fee Awal Sebelum Lelang

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Bupati Bandung Dadang M. Naser meminta agar praktik komitmen pemberian uang atau barang maupun fee sebelum lelang proyek harus dihentikan. Pemotongan nilai proyek atas nama komitmen bisa mengurangi kualitas proyek sehingga proyek bermasalah.

Prajurit Paskhas Ikuti Uji Keterampilan

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Komandan Detasemen Pertahanan Udara 474 Paskhas Dili Setiawan, membuka uji keterampilan perorangan Denhanud 474 Paskhas. Pelaksanaan uji terampil diikuti 123 Prajurit yang langsung di bawah kendali latihan Komandan Denhanud 474 Paskhas.

Siap-siap! Operasi Simpatik Lodaya 2015 Mulai Besok

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Operasi Simpatik Lodaya 2015 akan berlangsung mulai Rabu (1/4/2015). Persiapan dilakukan jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi lewat sosialisasi Patroli Polwan "Hello Kitty" dengan turun ke masyarakat langsung, Selasa (31/3/2015).