Setengah Abad KUA Lembang Tanpa Kejelasan Status Tanah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Meski telah berdiri selama 53 tahun, Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat hingga kini belum memiliki kejelasan status kepemilikan tanah. Pengurus KUA hanya memiliki beberapa dokumen tidak resmi yang menyatakan bahwa kantor itu berdiri di atas tanah wakaf. “Sejauh ini, yang kami miliki hanya surat-surat di bawah tangan yang tidak memiliki kekuatan hukum. Sampai sekarang belum ada bukti autentik yang menyatakan bahwa KUA berdiri di atas tanah wakaf,” kata Kepala KUA Kecamatan Lemabang, Endang Suhinda, Selasa (22/3).

Meski belum memiliki kejelasan status, Endang menuturkan, masyarakat sekitar telah menganggapnya sebagai tanah wakaf. Tanah itu satu paket dengan tanah yang kini didirikan Masjid Agung dan Alun-alun Lembang.

Di sekeliling KUA Lembang, juga terdapat beberapa bangunan kantor seperti Badan Amil Zakat, TPA, dan MUI. Sejumlah kantor ini juga berdiri di atas tanah yang belum memiliki kejelasan status. “Sampai sekarang memang kondisi ini tidak menyebabkan aktivitas kami terganggu. Namun, kami ingin agar tanah ini memiliki kejelasan status mengingat keberadaannya di daerah wisata,” kata Endang.

Sebagai upaya, Endang mengaku tengah mengurus proses administrasi untuk mendapatkan kejelasan status tanah KUA kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung Barat. Upaya itu, menurut dia, dilakukan untuk membuat status tanah tersebut menjadi tanah wakaf. (A-192/A-88)***

Baca Juga

Jumlah Warga Miskin di Jawa Barat Meningkat

BANDUNG RAYA
SEORANG pria tua tertidur pulas di samping becak miliknya di Jln. Malabar, Kota Bandung, Selasa (12/1/2015). Dalam setahun terakhir jumlah warga miskin di Jawa Barat mengalami kenaikan sebesar 9,57% dari sebelumnya  4.435.699 orang kini menjadi 4.485.654

Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Siliwangi

BANDUNG RAYA
KESADARAN masyarakat membuang sampah masih rendah. Kondisi itu terlihat sepanjang pinggir  Jalan Siliwangi, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (13/1/2016), masih banyak tumpukan sampah berserakan.*

Gafatar Sempat Beroperasi di Cimahi Selama Dua Tahun

BANDUNG RAYA
SEJUMLAH warga terlihat berkerumun di depan rumah kontrakan yang sempat dijadikan sekretariat Gafatar Cimahi.*

CIMAHI, (PRLM).- Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sempat muncul dan membentuk sekretariat di rumah kontrakan di Jln. Permai 1 RT 3 RW 14 Cibogo Kel. Leuwigajah Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Dai Jangan Gagap Teknologi

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang amat pesat memiliki konsekuensi tersendiri kepada metode dakwah. Para pelaku dakwah atau dai tak boleh gagap teknologi sehingga harus bisa memanfaatkan teknologi untuk kebaikan umat.