Wakil Gubernur Jabar Buka Pasanggiri Pencak Silat Gajah Putih

PARA peserta mempertontonkan kebolehannya dalam seni ibing pencak silat Gajah Putih se-jabar yang digelar di gedung Korpri Kab.Garut.*
RIRIN/PRLM
PARA peserta mempertontonkan kebolehannya dalam seni ibing pencak silat Gajah Putih se-jabar yang digelar di gedung Korpri Kab.Garut.*

GARUT, (PRLM).-Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Gajah Putih se-Jawa Barat digelar di Gedung Korpri Kab. Garut Jln. Patriot Kab. Garut mulai Jumat (11/3). Kegiatan yang digelar setiap 2 tahun tersebut diikuti peserta dari 8 daerah di Jawa Barat.

Menurut ketua panitia Ahmad Fajar Kunaefi, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sekitar 800 orang dengan 300 kali penampilan. Semua peserta berasal dari paguron Gajah Putih.

"Piagam dan piala seharusnya bukan jadi tujuan para peserta untuk ikuti kegiatan ini. Kami lebih utamakan mempererat silaturahmi antarsesama paguron Gajah Putih dan paguron lain yang ada di Garut. Mudah-mudahan semangat para pesilat bisa diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Menurut dia, pasanggiri pencak silat termasuk ajang yang jarang digelar. "Apalagi, diikuti oleh peserta dari tingkat siswa sekolah,"ucapnya.

Kondisi tersebut, lanjut Dede, bisa dikaitkan dengan konsep ketahanan bangsa. "Pendidikan pembangunan karakter sudah tidak ada lagi di tingkat sekolah. Melalui ekstrakulikuler seperti pencak silat, pramuka, dan kegiatan ekstrakulikuler yang menonjolkan budaya menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa," ucapnya. (A-158/kur)***

Baca Juga

Dompet Dhuafa Jadikan Masjid Pusat Pemberdayaan

BOGOR, (PR).- Masjid sebagai salah satu tempat ibadah umat Muslim juga memiliki peran penting lainnya. Kehadirannya tidak hanya sebagai bangunan untuk salat, zikir, dan mengaji. Sejatinya, masjid juga dapat menjadi pusat pemberdayaan dan ekonomi.

guru, menanti, realisasi, janji, bupati,

Guru Menanti Realisasi Janji Rudy untuk Perbaiki Sekolah

GARUT, (PR).-Bupati Garut Rudy Gunawan berjanji, pekan depan akan memperbaiki bangunan SD Negeri Dunguswiru II yang salah satu lokalnya ambruk. Pihak sekolah mengharapkan realisasi perbaikan sebelum tahun ajaran baru dimulai.

SATUAN Polisi Pamong Praja memperhatikan sebuah alat berat di lokasi galian tanah pengurugan tol di Ruas Jalan Lingkar Utara Majalengka, Senin (1/9/2014). Di wilayah tersebut ada sejumlah lokasi galian tanah untuk pengurugan tol Cikampek- Palimanan-Kertaj

Satpol PP Tutup Galian Tanah Merah di Pagaden

SUBANG, (PR).- Tim gabungan Satpol PP bersama Unit Tindak Pidana Tertentu Polres Subang menghentikan operasional sekaligus menyegel lokasi penambangan galian tanah merah di Kampung/Desa Jabong Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.