Diperlukan Komitmen Keterbukaan antara Pengelola dan Penyelenggara

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bandung M. Said Sediohadi mengatakan, untuk pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah swasta tidak pernah ada keluhan atau kendala di lapangan. Namun, yang diperlukan di sini adalah komitmen keterbukaan antara pengelola (yayasan) dan penyelenggara (sekolah).

Menurut Said, di sekolah swasta ada dua sistem pengelolaan keuangan, yaitu sentralisasi dan desentralisasi. Jika sentralisasi, pengelolaan keuangan diserahkan kepada yayasan atau komite sekolah. Akan tetapi, jika desentralisasi pengelolaan keuangan diserahkan ke kepala sekolah dengan memberi laporan pertanggungjawaban secara berkala kepada yayasan atau komite sekolah.

"Diperlukan keterbukaan masing-masing pihak agar tidak terjadi sikap saling curiga. Untuk pencairan dana BOS tahun ini, saya harapkan bisa berjalan lancar seperti tahun sebelumnya," kata Said yang dihubungi Kamis (3/3). (A-187/das)***

Baca Juga

Kemendikbud Siapkan Tender UN 2017

JAKARTA, (PR).- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai mempersiapkan tender pengadaan barang dan jasa untuk menggelar Ujian Nasional (UN) 2017. Kendati hanya memiliki waktu tak lebih dari 4 bulan, Kemendikbud yakin proses tender tak akan menghalangi persiapan UN.

UI Raih Gelar Kampus Terhijau di Indonesia

DEPOK, (PR).- Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric World University Ranking 2016.

Wali Kota Dukung Orangtua Siswa Beli Bangku Sekolah

BEKASI, (PR).- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mendukung kebijakan sejumlah kepala sekolah di Bekasi yang melakukan penarikan uang pembelian bangku dan meja belajar dari orangtua siswa selama prosedurnya dipenuhi.