Diperlukan Komitmen Keterbukaan antara Pengelola dan Penyelenggara

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bandung M. Said Sediohadi mengatakan, untuk pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah swasta tidak pernah ada keluhan atau kendala di lapangan. Namun, yang diperlukan di sini adalah komitmen keterbukaan antara pengelola (yayasan) dan penyelenggara (sekolah).

Menurut Said, di sekolah swasta ada dua sistem pengelolaan keuangan, yaitu sentralisasi dan desentralisasi. Jika sentralisasi, pengelolaan keuangan diserahkan kepada yayasan atau komite sekolah. Akan tetapi, jika desentralisasi pengelolaan keuangan diserahkan ke kepala sekolah dengan memberi laporan pertanggungjawaban secara berkala kepada yayasan atau komite sekolah.

"Diperlukan keterbukaan masing-masing pihak agar tidak terjadi sikap saling curiga. Untuk pencairan dana BOS tahun ini, saya harapkan bisa berjalan lancar seperti tahun sebelumnya," kata Said yang dihubungi Kamis (3/3). (A-187/das)***

Baca Juga

IDI Persoalkan Delapan Fakultas/Prodi Kedokteran Baru

JAKARTA, (PR).- Ikatan Dokter Indonesia mempermasalahkan kebijakan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikn Tinggi yang memberikan ijin kepada 8 fakultas/program studi kedokteran baru. Kebijakan itu dinilai akan mempengaruhi kualitas pendidikan dokter.

Menciptakan Inovasi untuk Kemandirian Bisnis

BANDUNG, (PR).- Sedikitnya 220 peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Turki, Rusia, Singapura, dan India mengikuti seminar internasional "The 1st Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship" di Auditorium Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pen