Diperlukan Komitmen Keterbukaan antara Pengelola dan Penyelenggara

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bandung M. Said Sediohadi mengatakan, untuk pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah swasta tidak pernah ada keluhan atau kendala di lapangan. Namun, yang diperlukan di sini adalah komitmen keterbukaan antara pengelola (yayasan) dan penyelenggara (sekolah).

Menurut Said, di sekolah swasta ada dua sistem pengelolaan keuangan, yaitu sentralisasi dan desentralisasi. Jika sentralisasi, pengelolaan keuangan diserahkan kepada yayasan atau komite sekolah. Akan tetapi, jika desentralisasi pengelolaan keuangan diserahkan ke kepala sekolah dengan memberi laporan pertanggungjawaban secara berkala kepada yayasan atau komite sekolah.

"Diperlukan keterbukaan masing-masing pihak agar tidak terjadi sikap saling curiga. Untuk pencairan dana BOS tahun ini, saya harapkan bisa berjalan lancar seperti tahun sebelumnya," kata Said yang dihubungi Kamis (3/3). (A-187/das)***

Baca Juga

Indonesia Kekurangan Doktor

JAKARTA, (PR).- Perguruan tinggi nasional masih kekurangan jumlah dosen bergelar doktor. Dari total sekitar 165.000 dosen yang tersebar di 4.500 kampus negeri dan swasta, jumlah doktor yang ada saat ini baru sekitar 16.000 orang.