Biaya Nikah di KUA Hanya Rp 30.000,-

SOREANG,(PRLM).-Biaya nikah masih dianggap masyarakat mahal, padahal Kantor Urusan Agama (KUA) hanya menerapkan biaya Rp 30.000,-. Syaratnya nikah dilakukan di KUA dan pada saat jam kerja.

"Biaya nikah hanya Rp 30.000,- untuk kas negara asalkan dilakukan di KUA dan saat jam kerja. Kebiasaan masyarakat yang ingin nikah pada hari-hari Sabtu atau Minggu perlu diubah," kata Kasi Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Kemenag Kab. Bandung. H. Dadi Rusmadi, di sela-sela nikah massal di Kantor Kec. Cangkuang, Kamis (17/2).

Menurut Dadi, biaya nikah bisa lebih dari Rp 30.000,- karena keluarga mempelai ingin menikahkan calon pengantin di rumah atau tempat walimah dan di luar jam kerja. "Karena di luar jam kerja dan di tempat walimah sehingga ada biaya tambahan yang tergantung keikhlasan dari keluarga mempelai," katanya.

Sedangkan Kepala KUA Cangkuang, H. Ahmad Sobari mengatakan, kebiasaan masyarakat harus diubah dengan mengalihkan tempat nikah di KUA. "Kalau dulu masyarakat merasa bangga apabila nikah di kaum atau gedung KUA yang dekat dengan masjid besar kecamatan," katanya.(A-71/kur)***

Baca Juga

PDIP Gelar Pelatihan Komunikasi Terapan Bagi Kadernya

BANDUNG,(PR).-DPD PDI-Perjuangan Jawa Barat menggelar Pelatihan Komunikasi Terapan terhadap 40 kader perwakilan DPC PDIP se-Jabar dan badan-badan DPD PDIP Perjuangan Jabar di Kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung pada Rabu (7/9/2016) hingga Kamis (8/9/2016).

Pengedar Obat Jenis Psikotropika Ditangkap

CIMAHI, (PR).-Di tempat dan waktu yang berbeda, Satuan Narkoba Polres Cimahi mengamankan dua pengedar obat-obatan jenis psikotropika yang diperjualbelikan tanpa surat keterangan dokter.

Pelajar Tewas Tergilas Truk Molen

NGAMPRAH, (PR).- Seorang pelajar, Adi Mulyadi (17) tewas setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Padalarang-Cisarua, Kampung Cijamil, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 8 September 2016.