Biaya Nikah di KUA Hanya Rp 30.000,-

SOREANG,(PRLM).-Biaya nikah masih dianggap masyarakat mahal, padahal Kantor Urusan Agama (KUA) hanya menerapkan biaya Rp 30.000,-. Syaratnya nikah dilakukan di KUA dan pada saat jam kerja.

"Biaya nikah hanya Rp 30.000,- untuk kas negara asalkan dilakukan di KUA dan saat jam kerja. Kebiasaan masyarakat yang ingin nikah pada hari-hari Sabtu atau Minggu perlu diubah," kata Kasi Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Kemenag Kab. Bandung. H. Dadi Rusmadi, di sela-sela nikah massal di Kantor Kec. Cangkuang, Kamis (17/2).

Menurut Dadi, biaya nikah bisa lebih dari Rp 30.000,- karena keluarga mempelai ingin menikahkan calon pengantin di rumah atau tempat walimah dan di luar jam kerja. "Karena di luar jam kerja dan di tempat walimah sehingga ada biaya tambahan yang tergantung keikhlasan dari keluarga mempelai," katanya.

Sedangkan Kepala KUA Cangkuang, H. Ahmad Sobari mengatakan, kebiasaan masyarakat harus diubah dengan mengalihkan tempat nikah di KUA. "Kalau dulu masyarakat merasa bangga apabila nikah di kaum atau gedung KUA yang dekat dengan masjid besar kecamatan," katanya.(A-71/kur)***

Baca Juga

Mobil Boks Operasi Pasar Murah Sempat Terguling

CIMAHI, (PR).- Mobil boks pengangkut gula pasir untuk kegiatan operasi pasar murah yang digelar di Pasar Cimindi sempat terperosok ke besi penutup drainase di depan Terminal Cimindi Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi, Jumat, 27 Mei 2016.

Holil Aksan Umarzen Pimpin IPHI Jawa Barat

BANDUNG, (PR).- Bertempat di Gedung Noer Abika Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Sabtu 28 Mei 2016, Pimpinan Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) Jawa Barat menyelenggarakan Muswil VI bertema: Dengan Muswil VI IPHI Kita Tingkat Ukhuwwah Islamiyah.