Seminar Iptek ITSF Tampilkan 19 Penelitian

JAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 19 penelitian akan dipaparkan dalam seminar ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) yang dijadwalkan berlangsung di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Rabu (9/2).

Ketua ITSF Soefjan Tsauri menuturkan, ke-19 peneliti itu berasal dari berbagai lembaga dan universitas di Indonesia. "Mereka adalah para peneliti penerima bantuan penelitian ITSF program tahun 2009," ujarnya sebagaimana siaran pers, Selasa (8/2).

Dijelaskan Soefjan, seminar akan terbagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama akan mengupas paparan penelitian seputar "Life Science and Agricultural Sciences". Kedua, akan melihat tentang "Physical and Enginering Sciences". Sedangkan, sesi ketiga akan membahas tentang "Chemistry and Chemical Engineering & Biotechnology'.

Sebagaimana diketahui, ITSF didirikan pada Desember 1993. Tujuan pendirian ITSF adalah untuk membantu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Menurut Soefjan, di samping tujuan tersebut, ITSF juga mengupayakan beberapa kegiatan untuk mendukung perkembangan iptek. Dia mencontohkan, kegiatan itu, seperti pemberian penghargaan melalui "ITSF Science and Technology Award" untuk menghargai prestasi peneliti iptek di Indonesia.

Soefjan menambahkan, pemberian penghargaan juga dianugerahkan kepada para peneliti muda untuk lebih memacu penelitian iptek mereka. "ITSF juga memacu para guru SMA untuk lebih kreatif dan inovatif pada bidang iptek lewat penghargaan yang sama," jelasnya. (A-94/das)***

Baca Juga

Kemendikbud Didesak Segera Investigasi Buku 'Aku Berani Tidur Sendiri'

JAKARTA, (PR).- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mendesak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera menginvestigasi buku bacaan anak dengan judul 'Aku Berani Tidur Sendiri'. Buku bacaan tersebut diduga bermuatan pornografi.

Siswa SD Assalaam Ikuti Ujian Hafalan Juz Amma

BANDUNG, (PR).- Para siswa SD Assalaam di Jalan Sasakgantung mengikuti uji kompetensi bacaan dan hafalan Juz Amma di aula SD Assalaam, Minggu 26 Februari 2017. Ujian tersebut digelar sebagai salah satu kompetensi yang harus dikuasai para siswa dan menentukan nilai Pendidikan Agama Islam.

Dana Terbatas Jangan Jadi Alasan Peneliti tak Produktif

JAKARTA, (PR).- Keterbatasan dana tidak bisa menjadi alasan bagi para guru besar untuk tidak produktif dalam melakukan penelitian. Pasalnya, pemerintah sudah mengalokasikan dana penelitian di luar dana tunjangan kehormatan dan profesi dosen.

Murid TK Belajar Jadi Pemadam Kebakaran

SOREANG, (PR).- Sejumlah murid TK Islam Al Halim Perum Gading Tutuka 2 Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, mengunjungi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, untuk belajar menangani api, Selasa 7 Maret 2017.