Seminar Iptek ITSF Tampilkan 19 Penelitian

JAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 19 penelitian akan dipaparkan dalam seminar ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) yang dijadwalkan berlangsung di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Rabu (9/2).

Ketua ITSF Soefjan Tsauri menuturkan, ke-19 peneliti itu berasal dari berbagai lembaga dan universitas di Indonesia. "Mereka adalah para peneliti penerima bantuan penelitian ITSF program tahun 2009," ujarnya sebagaimana siaran pers, Selasa (8/2).

Dijelaskan Soefjan, seminar akan terbagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama akan mengupas paparan penelitian seputar "Life Science and Agricultural Sciences". Kedua, akan melihat tentang "Physical and Enginering Sciences". Sedangkan, sesi ketiga akan membahas tentang "Chemistry and Chemical Engineering & Biotechnology'.

Sebagaimana diketahui, ITSF didirikan pada Desember 1993. Tujuan pendirian ITSF adalah untuk membantu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Menurut Soefjan, di samping tujuan tersebut, ITSF juga mengupayakan beberapa kegiatan untuk mendukung perkembangan iptek. Dia mencontohkan, kegiatan itu, seperti pemberian penghargaan melalui "ITSF Science and Technology Award" untuk menghargai prestasi peneliti iptek di Indonesia.

Soefjan menambahkan, pemberian penghargaan juga dianugerahkan kepada para peneliti muda untuk lebih memacu penelitian iptek mereka. "ITSF juga memacu para guru SMA untuk lebih kreatif dan inovatif pada bidang iptek lewat penghargaan yang sama," jelasnya. (A-94/das)***

Baca Juga

MTs Negeri 2 Bandung Kumpulkan Dana Bangun Masjid

BANDUNG,(PR).- Hanya memiliki masjid yang kecil dan tak mampu menampung salat guru dan siswa, MTs Negeri 2 Bandung di Jalan Antapani 78 Kota Bandung sedang membangun masjid megah. Masjid tiga lantai rencananya akan menghabiskan dana sampai Rp 1 miliar.

Pengembangan STP Butuh Dukungan Pemda

LAMONGAN,(PR).- Pengembangan Science Techno Park (STP) membutuhkan campur tangan dukungan pemerintah daerah. Pengembangan STP yang dilakukan harus sejalan dengan visi misi pembangunan daerah yang dicanangkan Pemda.

Kasus Nilai Nol Siswa SMAN 4 Bandung Berpeluang Dibawa ke PTUN

BANDUNG, (PR).- Persoalan DPR, siswa SMAN 4 Bandung yang tidak naik kelas, bisa dibawa ke ranah tata usaha negara. Pasalnya, sekarang objek sengketa pengadilan tata usaha negara (PTUN) tidak hanya pada tataran surat keputusan.

Nilai Syarat Kelulusan Sertifikasi Guru Minimal 80

JAKARTA,(PR).- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan baru pada program sertifikasi guru tahun 2016 ini. Salah satunya adalah peningkatan batas nilai syarat kelulusan sertifikasi guru menjadi minimal 80 (dari nilai tertinggi 100).