Pedagang Sulit Dapatkan Pasokan

Sepekan Terakhir, Harga Kacang Kedelai Alami Kenaikan

EKONOMI

KARAWANG, (PRLM).- Harga kacang kedelai di wilayah Kabupaten Karawang dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan. Selain itu, pasokannya pun susah didapatkan. "Sudah satu minggu ini naik sekitar Rp 500- Rp 1.000 per kilogramnya. Jika sebelumnya harga kacang kedelai dengan kulaitas rendah sebesar Rp 8.000/kg kini menjadi Rp 9.000/kg," ucap Rohmani (42), salah satu pedagang kacang kedelai di Pasar Baru Karawang Kota, Senin (7/2).

Rohmani mengatakan, kenaikan harga dipicu karena minimnya pasokan. Biasanya mereka mendapat pasokan dari Wilayah Indramayu dan wilayah Jawa Tengah, sudah satu bulan pasokan tersendat. "Kami menjual pasokan yang lama. Kalau sampai dua minggu terakhir pasokan masih tersendat bisa jadi kacang kedelai langka di Karawang," ujarnya.

Kenaikan kedelai pun berimbas pada produksi tahu dan tempe. Salah seorang pedangang tempe tahun, Enop (45) mengatakan sudah sepekan keuntungannya menurun karena harga kedelai yang naik namun ia masih menjual harga tempe dan tahu sama. "Takut kalau dinaikan tidak ada yang beli," ucapnya.

Jika dalam seminggu kedepan harga kedelai tak kunjung turun, kata Enop, ia terpaksa menaikan harga tempe tahu yang dijualnya. "Kalau tidak, alternatif lainnya ya mengurangi ukuran, biar tetap dapat untung," ujarnya.

Sementara itu, Ijam Sujana, Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan. (KTNA) Kabupaten Karawang mengatakan khusus kedelai pasokan secara nasional tidak pernah mencukupi dari kebutuhan yang ada dibandingan dengan jumlah konsumsi masyarakat Indonesia.

Ijam menuturkan khususnya di Karawang petani kedelai untuk musim saat ini sudah memanen kedelainya pada usia muda di akhir tahun lalu. "Biasanya mereka akan menanam lagi pada musim gaduh pada bulan Juni atau Juli tahun ini. Mungkin saja ini juga menyebabkan pasokan kedelai untuk lokal di Kabupaten Karawang menjadi minim," tuturnya. (A-186/das)***

Baca Juga

Terkait Bank Regional Baru

Cina Berusaha Redakan Kecemasan AS

EKONOMI

BEIJING, (PRLM).- Menteri Keuangan Cina menegaskan bank regional baru yang diusulkan dan akan dipimpin negaranya bertujuan melengkapi, bukan menyaingi, kreditur global lain seperti Bank Dunia sehingga Amerika tidak perlu khawatir.

Segera Bentuk Panja Kebutuhan Pokok

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka mengusulkan segera dibentuk Panja Kebutuhan Pokok untuk meminta penjelasan terkait kenaikan sembilan bahan pokok yang semakin membebani masyarakat.

Impor Gula Rafinasi Membuat Harga Gula Petani Anjlok

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Kebijakan pemerintah yang akan melakukan impor gula rafinasi sebesar 945.643 ton dikhawatirkan akan membuat anjlok harga gula rakyat hingga di bawah harga pembelian pemerintah (HPP). Sebab, petani tebu akan memasuki musim giling pada Mei 2015.

Pelaku Bisnis di Bursa Genjot Investor Domestik

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Pasar modal Indonesia merupakan salah satu pasar keuangan dengan pertumbuhan tertinggi. Namun, sayangnya, hingga saat ini sebagian besar pertumbuhan pasar modal di Indonesia masih dinikmati asing. Hal itu dikarenakan masih minimnya jumlah investor domestik.