Riana Helmi Dokter Termuda di Indonesia

NASIONAL

YOGYAKARTA,(PRLM).- Riana Helmi mencatatkan diri dalam rekor nasional sebagai perempuan termuda di Indonesia yang menyandang gelar dokter. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut dilantik bersama 141 dokter lainnya di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (30/12).

Mahasiswi tersebut kelahiran Banda Aceh, 22 Maret 1991. Usianya pada saat dilantik menjadi dokter 19 tahun 9 bulan. Dengan demikian dia tercatat di Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar profesi dokter termuda di Indonesia. Penghargaan ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya, ketika MURI mencatat dia sebagai sarjana ledokteran termuda, 17 tahun 9 bulan.

Sri Widayanti, perwakilan MURI, menyatakan Riana Helmi dikenal juga kreatif, selain pandai dari segi akademik. "Dia pernah mendapat penghargaan dari MURI untuk kreasi pita terpanjang (500 meter) dalam peringatan hari AIDS, download jurnal kesehatan terbanyak, serta sikat gigi massal terbanyak," kata dia usai menyerahkan penghargaan MURI untuk kategori dokter termuda.

Pelantian Riana Helmi dan 141 dokter sejawatnya oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof dr Ali Ghufron Mukti, M.Sc. Teman-teman dia terdiri dari 46 dokter laki-laki dan 96 dokter perempuan. Semuanya meraih gelar profesi dokter dalam usia lebih tua dari Riana Helmi.

Usia mahasiswa periah dokter tertua disandang Noor Hanani Binti Mohd Hilmin dengan usia 25 tahun 10 bulan. Sedang lulusan terbaik Agus Simahendra dengan nilai IPK 3,97.

Ali Ghufron Mukti menyatakan usia muda tak menghalangi Riana Helmi menjadi dokter. "Saya lihat dia memiliki kematangan pribadi, tidak ada kesulitan ketika terjun di lapangan,” ujar dia.

Dia mengharapkan Riana Helmi dan kawan-kawannya bekerja dengan mengutamakan prinsip keselamatan dan efisiensi. Selama ini banyak banyak kasus medical error.

Pelantikan Riana Helmi dan kawan-kawan sebagai dokter menambah jumlah lulusan kedokteran. Jumlah dokter lulus dari Fakultas Kedokteran UGM 7204 dokter. (A-84/A-120)***

Baca Juga

Dukun Cabul Nekat Setubuhi Korban di Gua Keramat

NASIONAL
TUBAN, (PRLM).- Perbuatan seorang dukun asal Tuban, Jawa Timur ini benar-benar bejat. Saat dimintai tolong untuk menyembuhkan orang sakit, ia malah menyetubuhi korbannya yang masih di bawah umur hingga dua kali.
 

Presiden Jokowi Lantik 13 Duta Besar

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik 13 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Negara Sahabat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1/2016). Pelantikan digelar sekitar pukul 10.00 dan dihadiri para keluarga duta besar.

Patroli Perbatasan, Cek Patok dan Antisipasi Kriminal

NASIONAL

SCORFO BARU, (PRLM).- Menjaga wilayah NKRI adalah harga mati. Bagi prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 411/Pandawa Kostrad, medan yang berat tak dirasa demi memastikan wilayah perbatasan RI.

Pelaku Tanya Alamat ke Polisi Sebelum Meledakkan Diri

NASIONAL
JAKARTA, (PRLM).- Pelaku peledakan Pos Polisi Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sempat menanyakan alamat ke seorang polisi yang sedang berjaga di lokasi.