Alumni Unwim Minta Pertahankan Pendidikan Pertanian

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).-Kalangan alumni pendidikan pertanian Bojongseungit Tanjungsari, yang sekarang bernama Universitas Winaya Mukti (Unwim), menginginkan adanya revitalisasi Fakultas Pertanian Unwim. Hal ini terkait pelaksanaan integrasi Unwim dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mengancam kelanjutan Fakultas Pertanian Unwim setelah proses penggabungan selesai.

Para alumni tersebut khawatir jika pendidikan tinggi pertanian di kampus Bojongseungit Tanjungsari tersebut akan hilang karena seluruh aset yang ditempati Faperta Unwim saat ini akan diserahkan kepada ITB.

“Kami mendengar Fakultas Pertanian Unwim akan ditiadakan. Kami merasa perlu menegaskan bahwa eksistensi pendidikan tinggi pertanian di kampus Bojongseungit Tanjungsari harus dipertahankan,” ujar Ketua Forum Peduli Pendidikan Pertanian Bojongseungit Tanjung Sari, Kab. Sumedang, Ahmad Furqon kepada “PRLM”, pada pertemuan alumni pendidikan pertanian dengan keluarga Yayasan Pangeran Sumedang di Kantor Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jabar, Jln. Ters. Martanegara, Bandung, beberapa waktu lalu.

Furqon mengatakan, terlalu berlebihan jika harus menghapuskan pendidikan pertanian Unwim yang mempunyai sejarah panjang. Perjalanan panjang itu dimulai sejak didirikannya Sekolah Usaha Tani (Land Bouw Bedrifj School) pada 1914, atas prakarsa Kanjeng Pangeran Aria Soeriatmadja (Bupati Sumedang pada waktu itu).

Setelah itu, pendidikan pertanian tersebut terus berkembang ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti SPMA Tanjungsari, Akademi Pertanian Tanjungsari, Sekolah Tinggi Pertanian Tanjungsari hingga menjadi Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti (Unwim) saat ini. (A-196/kur)***

Baca Juga

Pengawas Pendidikan Harus Aktif ke Lapangan

PENDIDIKAN

SOREANG,(PRLM).- Para pengawas pendidikan di lingkungan Kemenag harus aktif terjun ke lapangan untuk memberikan motivasi dan pengawasan mutu pendidikan. Apalagi setiap bulan Kemenag mewajibkan setiap pengawas untuk melaporkan hasil pengawasannya.

Paskhas AU Latih Anggota Paskibraka Kab. Bandung

PENDIDIKAN

SOREANG,(PRLM).- Pusat Pendidikan dan Latihan Paskhas (Pusdiklat Paskhas) sebagai kawah candradimuka prajurit khusus TNI Angkatan Udara mendapat kepercayaan Pemkab Bandung untuk pemusatan latihan bagi para peserta calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Bandung.

LTPKD Temukan 642 Siswa Drop Out di Kabupaten Ciamis

PENDIDIKAN

CIAMIS,(PRLM).- Lembaga Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LTPKD) segera melakukan penyisiran serta pendataan intensif siswa yang drop out (DO) dan rawan drop out (RDO) di wilayah Kabupaten Ciamis.

Akreditasi Prodi Perguruan Tinggi Masih Terbatas

PENDIDIKAN

SOREANG,(PRLM).-Kebijakan akreditasi perguruan tinggi terutama swasta takkan bisa dilakukan pemerintah dalam waktu cepat. Hal itu disebabkan dengan jumlah program studi mencapai 4.500 buah, namun dalam setahun pemerintah hanya mampu melakukan akreditasi 150 program studi.