Satpol PP Kota Cimahi Kekurangan Kendaraan Operasional

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi masih kekurangan kendaraan operasional, terutama truk pengendalian masyarakat (Dalmas). Saat ini Satpol PP Kota Cimahi baru memiliki satu truk dalmas, tiga sepeda motor, dan empat mobil operasional.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Cimahi Ruswanto, idealnya Satpol PP memiliki empat truk dalmas. Hal ini terkait dengan fungsinya yang vital untuk mengangkut personel Satpol PP dan barang sitaan ketika melakukan penertiban dan operasi.

Sejauh ini dengan satu truk yang ada, Satpol PP Kota Cimahi seringkali kewalahan saat harus mengangkut barang sitaan dalam jumlah banyak. Sementara di sisi lain, personel yang turun ke lapangan pun harus diangkut.

Kapasitas truk yang ada maksimal hanya bisa mengangkut 15-20 personel Satpol PP dan barang sitaan. Sementara personel Satpol PP Kota Cimahi sendiri saat ini mencapai 98 orang. “Terlebih jika ada acara khusus, kami sering gunakan truk untuk membantu mengangkut pelajar atau drum band,” kata Ruswanto.

Selain itu, tambah Ruswanto, truk juga diperlukan saat keadaan tanggap darurat manakala terjadi bencana alam. “Tidak ada yang mengharapkan terjadi bencana, tetapi tidak ada salahnya bersiap jika terjadi ada kendaraan yang bisa digunakan untuk evakuasi,” ucapnya.

Ruswanto mengakui, kondisi truk yang ada sekarang ini masih cukup baik. Namun, dari segi jumlah satu truk jelas tidak cukup. Begitu pula dengan kendaraan operasional lain seperti sepeda motor. “Sepeda motor kami perlukan ketika melakukan operasi yustisi di malam hari dan harus masuk ke gang-gang kecil,” ujarnya.

Selama ini, tambah Ruswanto, personel Satpol PP masih mengandalkan sepeda motor pribadi dalam jumlah terbatas saat melakukan operasi yustisi malam hari.

Kendati demikian, Ruswanto mengerti jika anggaran pemkot Cimahi yang ada belum bisa mendukung sepenuhnya kebutuhan operasional Satpol PP. “Namun saat ini kami sudah mendapatkan dua unit sepeda motor dan 2011 nanti akan ada satu truk baru,” ujarnya.

Dengan adanya tambahan dua sepeda motor baru tersebut, Ruswanto berharap kinerja anggotanya menjadi lebih baik dalam penegakan peraturan daerah dan operasional Satpol PP pada umumnya. (A-178/kur)***

Baca Juga

Rumah Sukandar Terbakar, Dua Penghuni Tersambar Api

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Kebakaran melanda rumah milik Sukandar (77) di RT 3 RW 2 No. 127 Margaluyu Kel. Cimahi Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (23/3/2015). Diduga, api berasal dari kompor gas yang menyambar gas elpiji dari selang regulator yang bocor.

Pemprov Desak Usut Oknum Pengadilan yang Bermain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kasus pemalsuan surat novum lapang Gasibu tidak sampai pada terdakwa Ridha Faridha Rukmiati Siti Jubaedah yang sudah divonis 2 tahun oleh hakim PN Bandung. Namun diperkirakan akan berbuntut panjang karena diduga pemalsuan itu melibatkan oknum pegawai pengadilan.

Ade Akui Usaha Walet dan Tambang Menjadi Penghasilan Paling Besar

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Bupati Karawang nonaktif, Ade Swara dan istrinya, Nurlatifah, menjelaskan pembelian barang dan aset miliknya merupakan uang penghasilan sebelum menjadi bupati. Bahkan Ade Swara menjelaskan bahwa bisnis walet dan tambang bouksit menjadi penghasilan yang paling besar.

Kasus Perceraian di Kab. Bandung Meningkat

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Jumlah kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kabupaten Bandung terus meningkat setiap tahun. Sepanjang 2014, jumlah kasus perceraian mencapai sekitar 7.000 kasus, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 5.000-an kasus.