Satpol PP Kota Cimahi Kekurangan Kendaraan Operasional

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi masih kekurangan kendaraan operasional, terutama truk pengendalian masyarakat (Dalmas). Saat ini Satpol PP Kota Cimahi baru memiliki satu truk dalmas, tiga sepeda motor, dan empat mobil operasional.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Cimahi Ruswanto, idealnya Satpol PP memiliki empat truk dalmas. Hal ini terkait dengan fungsinya yang vital untuk mengangkut personel Satpol PP dan barang sitaan ketika melakukan penertiban dan operasi.

Sejauh ini dengan satu truk yang ada, Satpol PP Kota Cimahi seringkali kewalahan saat harus mengangkut barang sitaan dalam jumlah banyak. Sementara di sisi lain, personel yang turun ke lapangan pun harus diangkut.

Kapasitas truk yang ada maksimal hanya bisa mengangkut 15-20 personel Satpol PP dan barang sitaan. Sementara personel Satpol PP Kota Cimahi sendiri saat ini mencapai 98 orang. “Terlebih jika ada acara khusus, kami sering gunakan truk untuk membantu mengangkut pelajar atau drum band,” kata Ruswanto.

Selain itu, tambah Ruswanto, truk juga diperlukan saat keadaan tanggap darurat manakala terjadi bencana alam. “Tidak ada yang mengharapkan terjadi bencana, tetapi tidak ada salahnya bersiap jika terjadi ada kendaraan yang bisa digunakan untuk evakuasi,” ucapnya.

Ruswanto mengakui, kondisi truk yang ada sekarang ini masih cukup baik. Namun, dari segi jumlah satu truk jelas tidak cukup. Begitu pula dengan kendaraan operasional lain seperti sepeda motor. “Sepeda motor kami perlukan ketika melakukan operasi yustisi di malam hari dan harus masuk ke gang-gang kecil,” ujarnya.

Selama ini, tambah Ruswanto, personel Satpol PP masih mengandalkan sepeda motor pribadi dalam jumlah terbatas saat melakukan operasi yustisi malam hari.

Kendati demikian, Ruswanto mengerti jika anggaran pemkot Cimahi yang ada belum bisa mendukung sepenuhnya kebutuhan operasional Satpol PP. “Namun saat ini kami sudah mendapatkan dua unit sepeda motor dan 2011 nanti akan ada satu truk baru,” ujarnya.

Dengan adanya tambahan dua sepeda motor baru tersebut, Ruswanto berharap kinerja anggotanya menjadi lebih baik dalam penegakan peraturan daerah dan operasional Satpol PP pada umumnya. (A-178/kur)***

Baca Juga

Tim Gabungan Kembali Menggeledah Rumah di Bojong Malaka

BANDUNG RAYA
TIM gabungan kepolisian melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Kompleks Bojong Malaka Indah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2016). Rumah yang digeledah tersebut diduga merupakan rumah terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antite

SOREANG, (PRLM).- Tim gabungan Polda Jabar, Polres Bandung, Polrestabes Bandung, Unit Jibom Brimob Polda Jabar, dan Densus 88 Antiteror, kembali menggeledah sebuah rumah di Kompleks Bojong Malaka Indah, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2016).

Pemkab Bandung Sediakan Rp 325 Juta Untuk Fogging Gratis

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Mengantisipasi penyakit yang timbul akibat anomali cuaca khususnya penyakit demam berdarah dangue, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mengalokasikan Rp 325 juta pada tahun ini untuk program fogging gratis kepada masyarakat.

Anak Hanyut Terseret Limpasan Air

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Tingginya curah hujan membuat air melimpas dari saluran drainase menyeret seorang anak laki-laki yang sedang berjalan kaki melintasi ruas perempatan Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi, Rabu (13/1/2016). Tubuh anak tersebut hanyut masuk ke saluran air dan masih dalam pencarian.

Bebek Berjemur di Sawah yang Masih Ada

BANDUNG RAYA
SEKELOMPOK bebek berjemur di pematang sawah yang masih ada di persimpangan Jln. Tanjungsari Asri - Sindang Sari, Kel. Antapani Wetan, Kota Bandung, Jumat (15/1/2016). Alih fungsi lahan mendesak sawah-sawah produktif di perkotaan.*