Pabrik Bahan Peledak Dahana akan Pindah ke Subang

TASIKMALAYA, (PRLM).- Perusahaan Terbatas Dahana (Persero), perusahaan pembuat bahan peledak milik pemerintah direncanakan akan segera beralih lokasi pembuatan bahan peledak ke wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat tahun 2012 mendatang. Rencana itu dinilai berbagai pihak sejalan dengan rencana jangka panjang ekspansi perusahaan.

"Tahun 2011 pengerjaannya secara full, dan mudah-mudahan 2012 mendatang kita semua sudah pindah," kata Sekretaris Perusahaan PT Dahana, Asep Maskandar.

Menurutnya, perpindahan tersebut seiring dengan tumbuhnya perusahaan BUMN tersebut yang memerlukan perluasan lahan, serta rencana jangka panjang. Karena di tempat sekarang yakni Cibeureum, Kota Tasikmalaya kondisi parbik pembuat bahan peledak tersebut dinilai kurang optimal yang berada di dekat pemukiman penduduk.

"Pembatas kita itu hanya tembok pembatas itu. Minimalnya untuk pabrik pembuat bahan peledak itu pembatasnya lahan yang cukup luas," katanya.

Hingga kini pangsa pasar PT Dahana masih beriorientasi di sektor komersial sekitar 95 persen dengan pangsa pasar terbesar di sektor pertambangan yang baik dalam negeri maupun luar negeri, sedangkan sisanya sekitar 5 persennya ditujukan untuk kebutuhan militer pertahanan dalam negeri dengan produk utama catridge explosive.

Menurut Asep, rencana perpindahan Dahana berpotensi menghilangkan sekitar Rp 3 miliar pendapatan asli daerah (PAD) Pemkot Tasikmalaya yang berasal dari pajak keuntungan perusahaan. Namun pihaknya berjanji akan terus melakukan hubungan khususnya terhadap warga binaan yang selama ini diayomi Dahana.

"Secara langsungnya ya mungkin kehilangan PAD, tapi kita akan tetap behubungan khususnya dengan warga mitra binaan," katanya.

Tahap pertama yang akan dibangun di lahan baru seluas 600 hektar tersebut, adalah pembuatan pusat Energetik Material Center (EMC) dengan beberapa pendukung seperti pabrik baru, laboratorium, pusa penelitian hingga penelitian. (A-14/A-26)***

Baca Juga

atap sekolah,puting beliung, bogor, 8 luka-luka

Puting Beliung Terjang Sekolah, 8 Orang Terluka

BOGOR, (PR).- Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Mekanika Mardi Yuana Kelurahan Bondongan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor diliburkan selama dua hari, setelah kejadian puting beliung yang menerbangkan atap sekolah mereka.

kerajinan, majalengka

Perajin Gerabah Majalengka Bertahan di Tepi Zaman

MAJALENGKA,(PRLM).- Sejumlah warga Desa Parung, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka berupaya untuk tetap menekuni pembuatan gerabah tradisional. Mereka tidak bersedia beralih ke pembuatan keramik yang memiliki nilai ekonomi tinggi walapun pernah difasilitasi oleh pemerintah.

Polisi Gagalkan Pembajakan Truk di Tol Jakarta-Cikampek

KARAWANG, (PR).- Truk tronton Nopol BE 9765 GC bermuatan beberapa ton tepung tapioka dibajak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di km 39 yang masuk wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Kejadian berlangsung Kamis 31 Maret 2016 dinihari sekira pukul 4.30 WIB.

Menghilang Tanpa Kabar, Nurdin Ditemukan Tewas

KARAWANG, (PR).- Diduga frustasi menderita penyakit yang tak kunjung sembuh, Nurdin (31), warga Dusun Jamantri Desa Mekar Jaya, Kecamatan Rawamerta, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara menyebur ke saluran irigasi.