Edah Zubaedah, TKW Asal Cirebon, 9 Tahun Hilang di Arab Saudi

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).- Seorang tenaga kerja wanita (TKW) warga Desa Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Edah Zubaedah (39) dikabarkan menghilang lebih dari 9 tahun sejak berangkat ke Arab Saudi. Pihak keluarga sudah berupaya mencari informasi dari berbagai sumber baik PJTKI maupun dinas terkait, namun belum mendapat kepastian.

Pihak perusahaan pengerah tenaga kerja (PJTKI) PT Avida Avia Duta yang berkedudukan di Jakarta, yang mengirim Edah sendiri terkesan lepas tangan. "Hingga kini pihak keluarga belum pernah mendengar kabar berita Edah. Anak kedua kami tidak jelas keberadaannya sejak berangkat 9 tahun lalu," kata Jaenudin, orang tua Edah.

Upaya untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi Edah juga dilakukan dengan melaporkannya ke pihak Dinas Tenaga Kerja setempat. Namun pihak Disnaker juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Menurut Jaenudin, Edah bekerja di Arab Saudi melalui jasa penyalur TKI, PT Avida Avia Duta di Jakarta. Informasi terakhir yang diterimanya dari pihak PJTKI, anaknya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Kota Qoseem. Namun, sejak diberangkatkan tahun 2001, kata Jaenudin, Edah tidak ada kabar beritanya.

Dikatakan dia, pihak keluarga pernah menerima surat yang dititipkan melalui teman sesama TKW yang kebetuan pulang. Menurut keterangan teman Edah, surat itu dari Edah. Namun kata Jaenudin, pihaknya menyangsikan surat tersebut ditulis oleh Edah Zubaedah karena tanda tangan dan tulisan tidak sesuai dengan ciri khas tulisan Edah.

Pihak keluarga curiga Edah mengalami nasib seperti TKW lain yang tidak jelas kabar beritanya. "Dalam suratnya waktu itu ia menyatakan dalam keadaan sehat, namun tidak digaji selama bekerja," tutur Jaenudin.

Jaenudin berharap ada upaya dari pemerintah untuk dapat mengetahui keberadaan dan memulangkan Edah yang sudah hampir sepuluh tahun tidak jelas keberadaanya. (A-92/das)***

Baca Juga

PNS Dituntut Netral

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).-Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Ahmad Bachtiar mengimbau seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu agar menjunjung profesionalitas dan netralitas.

Debit Air PDAM Majalengka Turun 20 Persen

JAWA BARAT

MAJALENGKA,(PRLM).- Debit air PDAM Majalengka turun sebesar 20 persen hingga 30 persen sejak sebulan terakahir, akibatnya pada jam-jam tertentu pasokan air ke konsumen banyak yang terhenti, air baru mengalir kembali setelah penggunaan berkurang.

Status Lanud Suryadarma Ditingkatkan Jadi Tipe A

JAWA BARAT
Status Lanud Suryadarma Ditingkatkan Jadi Tipe A

SUBANG, (PRLM).- Jabatan Komandan Lanud Suryadarma Kalijati Kabupaten Subang diserahterimakan, Jumat (7/8/2015). Kini Lanud Suryadarma resmi dipimpin Marsekal Pertama TNI Suparmono menggantikan pejabat lama Kolonel Pnb Tahyodi.

Pedagang Kecil Keluhkan Kenaikan Harga

JAWA BARAT
Pedagang Kecil Keluhkan Kenaikan Harga

SUBANG, (PRLM).- Sejumlah pedagang dan pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Subang menyampaikan keluhan seputar kenaikan harga kebutuhan sehari-hari, berbagai jenis komoditas bahan baku produksi hingga perkembangan usaha mereka kepada anggota MPR Maruarar Sirait.