Edah Zubaedah, TKW Asal Cirebon, 9 Tahun Hilang di Arab Saudi

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).- Seorang tenaga kerja wanita (TKW) warga Desa Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Edah Zubaedah (39) dikabarkan menghilang lebih dari 9 tahun sejak berangkat ke Arab Saudi. Pihak keluarga sudah berupaya mencari informasi dari berbagai sumber baik PJTKI maupun dinas terkait, namun belum mendapat kepastian.

Pihak perusahaan pengerah tenaga kerja (PJTKI) PT Avida Avia Duta yang berkedudukan di Jakarta, yang mengirim Edah sendiri terkesan lepas tangan. "Hingga kini pihak keluarga belum pernah mendengar kabar berita Edah. Anak kedua kami tidak jelas keberadaannya sejak berangkat 9 tahun lalu," kata Jaenudin, orang tua Edah.

Upaya untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi Edah juga dilakukan dengan melaporkannya ke pihak Dinas Tenaga Kerja setempat. Namun pihak Disnaker juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Menurut Jaenudin, Edah bekerja di Arab Saudi melalui jasa penyalur TKI, PT Avida Avia Duta di Jakarta. Informasi terakhir yang diterimanya dari pihak PJTKI, anaknya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Kota Qoseem. Namun, sejak diberangkatkan tahun 2001, kata Jaenudin, Edah tidak ada kabar beritanya.

Dikatakan dia, pihak keluarga pernah menerima surat yang dititipkan melalui teman sesama TKW yang kebetuan pulang. Menurut keterangan teman Edah, surat itu dari Edah. Namun kata Jaenudin, pihaknya menyangsikan surat tersebut ditulis oleh Edah Zubaedah karena tanda tangan dan tulisan tidak sesuai dengan ciri khas tulisan Edah.

Pihak keluarga curiga Edah mengalami nasib seperti TKW lain yang tidak jelas kabar beritanya. "Dalam suratnya waktu itu ia menyatakan dalam keadaan sehat, namun tidak digaji selama bekerja," tutur Jaenudin.

Jaenudin berharap ada upaya dari pemerintah untuk dapat mengetahui keberadaan dan memulangkan Edah yang sudah hampir sepuluh tahun tidak jelas keberadaanya. (A-92/das)***

Baca Juga

Polresta Tasikmalaya Musnahkan Miras dan Petasan

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Razia cipta kondisi selama enam bulan, dari Januari hingga Juli 2015, Polres Kota (Polresta) Tasikmalaya dan jajarannya berhasil mengamankan 2000 botol minuman keras (miras) berbagai merek dan 47 ribu petasan berbagai jenis dan ukuran.

Kekeringan Meluas, BPBD Indramayu Salurkan Air Bersih

JAWA BARAT
Kekeringan Meluas, BPBD Indramayu Salurkan Air Bersih

INDRAMAYU, (PRLM).- Kekeringan di Kabupaten Indramayu meluas sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Indramayu menetapkan siaga darurat bencana. Oleh karena itu, BPBD Kabupaten Indramayu siap menyalurkan air bersih ke setiap wilayah yang krisis air bersih.

Polisi Masih Selidiki Kasus Penculikan Bayi di RSUD Sumedang

JAWA BARAT
Polisi Masih Selidiki Kasus Penculikan Bayi di RSUD Sumedang

SUMEDANG, (PRLM).- Polsek Sumedang Selatan hingga kini masih menyelidiki kasus dugaan penculikan bayi berumur 11 hari di RSUD Sumedang, Selasa (7/7/2015).

Kepala Lapas tak Lindungi Petugas yang Terlibat Narkoba

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Salah seorang petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tasikmalaya, (DS) warga Jalan Tentara Pelajar Gang Empang Wetan RT 03 RW 09 Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya tertangkap karena kasus narkoba.