Edah Zubaedah, TKW Asal Cirebon, 9 Tahun Hilang di Arab Saudi

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).- Seorang tenaga kerja wanita (TKW) warga Desa Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Edah Zubaedah (39) dikabarkan menghilang lebih dari 9 tahun sejak berangkat ke Arab Saudi. Pihak keluarga sudah berupaya mencari informasi dari berbagai sumber baik PJTKI maupun dinas terkait, namun belum mendapat kepastian.

Pihak perusahaan pengerah tenaga kerja (PJTKI) PT Avida Avia Duta yang berkedudukan di Jakarta, yang mengirim Edah sendiri terkesan lepas tangan. "Hingga kini pihak keluarga belum pernah mendengar kabar berita Edah. Anak kedua kami tidak jelas keberadaannya sejak berangkat 9 tahun lalu," kata Jaenudin, orang tua Edah.

Upaya untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi Edah juga dilakukan dengan melaporkannya ke pihak Dinas Tenaga Kerja setempat. Namun pihak Disnaker juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Menurut Jaenudin, Edah bekerja di Arab Saudi melalui jasa penyalur TKI, PT Avida Avia Duta di Jakarta. Informasi terakhir yang diterimanya dari pihak PJTKI, anaknya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Kota Qoseem. Namun, sejak diberangkatkan tahun 2001, kata Jaenudin, Edah tidak ada kabar beritanya.

Dikatakan dia, pihak keluarga pernah menerima surat yang dititipkan melalui teman sesama TKW yang kebetuan pulang. Menurut keterangan teman Edah, surat itu dari Edah. Namun kata Jaenudin, pihaknya menyangsikan surat tersebut ditulis oleh Edah Zubaedah karena tanda tangan dan tulisan tidak sesuai dengan ciri khas tulisan Edah.

Pihak keluarga curiga Edah mengalami nasib seperti TKW lain yang tidak jelas kabar beritanya. "Dalam suratnya waktu itu ia menyatakan dalam keadaan sehat, namun tidak digaji selama bekerja," tutur Jaenudin.

Jaenudin berharap ada upaya dari pemerintah untuk dapat mengetahui keberadaan dan memulangkan Edah yang sudah hampir sepuluh tahun tidak jelas keberadaanya. (A-92/das)***

Baca Juga

Kasus Pernikahan Dini di Indramayu Diduga Tertinggi di Indonesia

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).- Angka pernikahan dini di Kabupaten Indramayu diduga tertinggi di Indonesia, di samping angka perceraiannya. Meskipun demikian, angkanya cenderung menurun dari tahun ke tahun.

Bandara Mudahkan Mobilitas Wisatawan di Priangan Timur

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan usia pelaksanaan Rapat Koordianasi dan pembahasan MoU Bandara Komersil di Balai Kota, didukung Pemimpin Daerah di Priangan Timur.

Di Tasikmalaya, Shalat Berjamaah Jadi Tiket Main Futsal

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Anjuran untuk melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu diterapkan warga Kampung Gunung Cariu Kelurahan Cibuni Geulis, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya dengan tidak boleh menggunakan pasilitas lapangan futsal.

Walikota Sukabumi Dituduh Langgar UU

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz dituduh telah melanggar Undang-Undang (UU) Republik Indonesia No 38/2004 tentang jalan.