Lion Air Pindah Terminal

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Perusahaan penerbangan Lion Air secara resmi beroperasi di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, mulai 11 November 2010 untuk penerbangan ke dan dari Sumatera, Batam, Pangkal Pinang dan Palangkaraya. Sementara, penerbangan lainnya masih tetap beroperasi di Terminal 1A.

"Penambahan terminal operasional di Bandara Soetta merupakan solusi meningkatkan pelayanan penumpang khususnya kenyamanan sebelum terbang (pre-flight) oleh karena kapasitas di Terminal 1A yang sudah over capacity. Di Terminal 1B Lion Air mendapatkan dedicated check-in counters dan boarding gates serta fasilitas lain sesuai standard pelayanan penerbangan yang ada," kata Direktur Umum Lion Air Edward Sirait di Jakarta, Rabu (10/11).

Dikatakan, penerbangan Lion Air dari dan ke Bandara Soekarno Hatta secara keseluruhan berjumlah 143 frekuensi penerbangan per hari, sedangkan yang melalui Terminal 1B saat ini kurang lebih 65 frekuensi penerbangan per hari. "Rute-rute yang dilayani dari Terminal 1B adalah penerbangan ke seluruh destinasi di Sumatera yaitu Medan, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang serta destinasi Palangkaraya di Kalimantan Tengah," kata Edward.

Dengan terus bertambahnya pesawat, rute penerbangan dan frekuensi penerbangan, maka Lion Air membutuhkan ruang tambahan untuk bisa memarkir pesawat dan juga menampung penumpang yang terus bertambah di Bandara Soetta. Layanan operasi penerbangan Lion Air masih terus akan berkembang sejalan dengan terus meningkatnya permintaan pasar atau membaiknya daya beli masyarakat baik domestik maupun regional. Di samping itu, sebagai antisipasi penambahan armada tahun yang akan datang dengan telah dipesannya 178 pesawat Boeing 737-900 ER langsung dari pabriknya di Amerika Serikat.

Saat ini total penerbangan per-hari (flight per day) rata-rata 460 frekuensi penerbangan (350 penerbangan Lion Air dan 110 penerbangan Wings Air), melayani penerbangan ke 64 kota tujuan (domestic dan internasional). Armada Lion Air berjumlah 61 pesawat, yaitu 43 Boeing 737-900 ER, 2 Boeing 747-400, 2 Boeing 737-300, 8 Boeing 737-400, dan 6 MD-90. Armada Wings Air berjumlah 16 pesawat, yaitu 8 ATR 72-500; 2 Dash-8; 6 MD-82. Total armada Lion Air dan Wings Air adalah 70 pesawat. (A-78/das)***

Baca Juga

Produksi Perikanan Budidaya Jabar Turun 20 Persen

EKONOMI
NELAYAN Dusun Bondet, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon menurunkan ikan hasil tangkapan dari perahu mereka beberapa waktu lalu. Fenomena Elnino membuat ikan di laut makin banyak mudah ditangkap, namun menurunkan pasokan air untuk p

BANDUNG (PRLM).- Produksi perikanan budidaya Jawa Barat (Jabar) menurun 10-20 persen sejak memasuki musim kemarau. Kondisi itu akibat fenomena elnino yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan mengurangi pasokan air untuk budidaya ikan.

Bursa Saham Asia Turun Tajam

EKONOMI

SEOUL, (PRLM).- Aktivitas ekonomi yang lamban di Cina dan jatuhnya harga-harga minyak memicu penurunan tajam di bursa-bursa saham Asia dalam perdagangan Senin (3/8/2015).

LKA-ESDA Minta Menteri ESDM dan Kepala SKK Migas Lebih Fokus

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi diminta lebih fokus dalam menjaga dan mendorong produksi migas nasional ke depan.

Anjlok, Harga Tomat di Tingkat Petani dan Pedagang

EKONOMI
Anjlok, Harga Tomat di Tingkat Petani dan Pedagang

INDRAMAYU,(PRLM).- Di lahan 1 hektare miliknya, Ida (51) menaruh harapan keuntungan dari hasil tani tomat. Setiap hari kebun kecilnya itu ia rawat dengan memberi pupuk dan air.