Penerimaan CPNS di Jabar Dilaksanakan Serentak

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dilakukan serentak oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) serta kabupaen/kota pada Jumat (12/11). Pengumuman tersebut akan diumumkan melalui media cetak dan internet. Sedangkan, untuk total formasi CPNS yang dibutuhkan di Provinsi Jawa Barat mencapai 4.800 orang.

Demikian yang dikemukakan oleh Ketua Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jabar, Achadiat Supratman, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kota Bandung, Selasa (9/11). Menurut dia, pendaftaran akan dilakukan secara tentatif berdasarkan cap pos terakhir per tanggal 12 November hingga 19 November 2010.

“Hasil rapat tentang kesamaan persepsi dalam rangka penjadwalan dengan 22 kabupaten/kota se-Jabar kemarin (Senin-red), sudah kita sepakati bahwa Jumat (12/11) sebagai pengumuman penerimaan CPNS. Sementara untuk pelaksanaan tes akademisnya akan dilakukan pada Minggu tanggal 5 Desember 2010,” kata Achadiat.

Dia menjelaskan, untuk pendaftaran di tingkat provinsi, pihaknya akan menggunakan media elektronik atau internet, sedangkan pada tingkat kabupaten/kota masih menggunakan sistem kode pos. Perbedaan sistem penerimaan tersebut, karena pihaknya yang berada di tingkat provinsi sudah mempersiapkan SDMnya dengan baik agar lebih siap dalam membangun akses penerimaan jalur CPNS melalui internet.

“Dengan menggunakan akses internet maka akan memudahkan dalam bekerja serta akurasi terhadap pendaftar sangat tinggi. Selain itu, pelayanan akan lebih baik apabila pendaftaran sudah dilakukan melalui internet,” tuturnya.

Sementara untuk soal yang akan diujiankan, kata dia, akan menggunakan standar nasional yakni tes kompentesi dasar (TKD) yang terdiri dari tiga item. Pertama, soal skala kematangan. Kedua, soal bakat skolastik. Dan yang ketiga soal pengetahuan umum. “Sama seperti tahun kemarin, soal yang harus dikerjakan para peserta mencapai 100 soal, dengan waktu pengerjaannya mencapai 120 menit,” katanya.

Dia mengungkapkan, dari total keseluruhan kebutuhan CPNS di Provinsi Jabar yang mencapai 4.800 orang, Kab. Bogor yang mengajukan kebutuhan paling banyak yakni mencapai 354 orang. Sementara yang paling sedikit mengajukan ialah Kota Sukabumi 153 orang.“Sementara kabupten/kota lain seperti Kab. Bekasi mencapai 257 orang, Kota Depok membutuhkan 256 orang, Kota Bandung mencapai 207 orang, Kab. Bandung sebanyak 223 kuota,” katanya. Dia menambahkan, untuk pengumuman hasil CPNS akan diumumkan pada tanggal 15 Desember 2010.

Apabila terjadi kecurangan pada saat proses seleksi dilaksanakan, menurut dia, pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut. “Kalau ada kecurangan seperti ada calo, joki, lalu ada oknum yang menawarkan bahwa peserta bisa diterima jadi CPNS, laporkan saja ke Kantor BKD Provinsi Jabar, Kota Bandung, atau ajukan keluhan tersebut ke situs kami www.bkd.jabarprov.go.id,” katanya.
Menurut dia, selama ini kasus perjokian tidak pernah terjadi di Provinsi Jabar. “Tidak ada seperti itu, karena kita akan mengawasi secara ketat proses seleksi tersebut. Kalau ada, pasti akan dipidanakan,” ujarnya. (A-194/A-147)***

Baca Juga

Suami Pembunuh Istri Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Tersangka Gun Gun Sugara (36) yang membunuh istrinya Fitriyani bin Subaryat (29) dijerat pasal pembunuhan berencana. Akibat perbuatannya, dia terancam hukuman penjara seumur hidup.

Anak Didik Lapas Berbagi Tempat dengan Warga Dewasa

BANDUNG RAYA
SEJUMLAH Anak Didik Pemasyarakatan Lapas Anak Bandung berjalan menuju ruangan, di Lapas Anak Kelas III Bandung, Jalan Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (4/8/2015). Menurut Direktorat Bina Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Ditjen Pemasyarakatan,

Alih Fungsi Lahan Sawah Jadi Perumahan

BANDUNG RAYA
LAHAN pesawahan diurug untuk jalan proyek perumahan, di Jalan Cibodas Raya, Antapani, Kota Bandung, Rabu (5/8/2015). Area pesawahan semakin menyempit akibat alih fungsi lahan yang berdampak pada minimnya saluran dan penyerapan air, sehingga luapan air yan

Kapolda Jabar Paparkan Pandangan Dalam Seminar Nasional

BANDUNG RAYA
KAPOLDA Jabar Irjen Pol Moechgiyarto, memaparkan pandangannya pada seminar Nasional Batasan Jangka Waktu Status Tersangka antara Akibat Hukum dan Kepastian Hukum, di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Kamis (6/8/2015). Acara yang menam