Permendiknas No 28 Tahun 2010, Mutasi Guru Diambil Alih Kemendiknas

PENDIDIKAN

CIMAHI, (PRLM).-Dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, menimbulkan pro dan kontra. Melalui pengesahan peraturan tersebut, otorisasi pemindahan guru menjadi kepala sekolah diambil alih pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Demikian diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Cimahi, Kardin Panjaitan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/11). Dia mengatakan, peraturan tersebut bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 38 tahun 2009 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah yang dengan jelas menyerahkan segala sesuatunya kepada daerah, termasuk penyelenggaraan pendidikan.

Kardin menuturkan, dengan pengesahan Permendiknas No 28 tahun 2010 tersebut, eksesnya akan menimbulkan tuntutan dari para guru yang akan terhambat karirnya karena pengangkatan guru menjadi kepala sekolah menjadi wewenang Kemendiknas. “Apabila Kemendiknas ingin memberlakukan Permendiknas No 28 tahun 2010 itu, seharusnya menteri pendidikan nasional merevisi PP NO 38 tahun 2009 terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menambahkan, alasan Kemendiknas mengesahkan peraturan baru itu agar kepala sekolah tidak diperlakukan semena-mena oleh kepala daerah, terlalu dibuat-buat dan sudah dibawa ke ranah politik.Selain melakukan revisi terhadap PP No 38 tahun 2009, Mendiknas seharusnya meminta masukan dulu dari pemerintah daerah dan dewan pertimbangan otonomi daerah (DPOD). (A-198/kur)***

Baca Juga

Siswa Daftar PPDB Jalur Akademis Secara Online

PENDIDIKAN
SEJUMLAH siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi antre menyerahkan berkas.*

CIMAHI, (PRLM).- Hari pertama pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun 2015 jalur akademik secara online diminati masyarakat. Mereka memilih kesempatan pertama untuk mendaftarkan anak-anaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP-SMA di Kota Cimahi.

ITB Beri Penghargaan untuk Menko Kemaritiman

PENDIDIKAN
MENTERI Koordinator (Menko) Kemaritiman RI Indroyono Soesilo, membacakan orasi ilmiahnya di Aula Barat ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jumat (3/7/2015). Indroyono dianugerahi penghargaan "Ganesha Prajamanggala Bakti Adi Utama", yakni penghargaan yang dib

NEM Tinggi Tersingkir oleh SKTM

PENDIDIKAN
SEORANG calon siswa SMP yang belum diterima di sekolah pilihannya, duduk menunggu orangtuanya yang mengadukan keluhannya ke kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (6/7/2015).

121.653 Peserta Lolos SBMPTN

PENDIDIKAN
JAKARTA, (PRLM).- Sebanyak total 121.653 peserta dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2015. Jumlah tersebut dari total pendaftar 602.499 peserta yang mengikuti SBMPTN.