Permendiknas No 28 Tahun 2010, Mutasi Guru Diambil Alih Kemendiknas

PENDIDIKAN

CIMAHI, (PRLM).-Dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, menimbulkan pro dan kontra. Melalui pengesahan peraturan tersebut, otorisasi pemindahan guru menjadi kepala sekolah diambil alih pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Demikian diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Cimahi, Kardin Panjaitan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/11). Dia mengatakan, peraturan tersebut bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 38 tahun 2009 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah yang dengan jelas menyerahkan segala sesuatunya kepada daerah, termasuk penyelenggaraan pendidikan.

Kardin menuturkan, dengan pengesahan Permendiknas No 28 tahun 2010 tersebut, eksesnya akan menimbulkan tuntutan dari para guru yang akan terhambat karirnya karena pengangkatan guru menjadi kepala sekolah menjadi wewenang Kemendiknas. “Apabila Kemendiknas ingin memberlakukan Permendiknas No 28 tahun 2010 itu, seharusnya menteri pendidikan nasional merevisi PP NO 38 tahun 2009 terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menambahkan, alasan Kemendiknas mengesahkan peraturan baru itu agar kepala sekolah tidak diperlakukan semena-mena oleh kepala daerah, terlalu dibuat-buat dan sudah dibawa ke ranah politik.Selain melakukan revisi terhadap PP No 38 tahun 2009, Mendiknas seharusnya meminta masukan dulu dari pemerintah daerah dan dewan pertimbangan otonomi daerah (DPOD). (A-198/kur)***

Baca Juga

Ketat Banget Syarat Kelulusan Siswa Esmod

PENDIDIKAN
Ketat Banget Syarat Kelulusan Siswa Esmod

PRLM - Kembalinya digelar Fashion Festival Esmod Jakarta ke-19 yang mengadakan kontes desain secara eksklusif bagi siswa/siswi diikuti 48 siswa pada speliaslisasi 10 Mensweer, 26 Womensweer, 2 Lingerie, 4 Kidsweer yang digelar di The Kota Casablanka, Mall Kota Casablanka, Jakarta Selatan, Juma

Ritel Masuk Kurikulum SMK di Cianjur

PENDIDIKAN

CIANJUR, (PRLM).-Mulai tahun ajaran baru, 2015/2016, siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Cianjur akan mendapat muatan baru yakni bisnis ritel.

Universitas Bangkok Keluarkan Seragam Khusus Transgender dan Tomboy

PENDIDIKAN

BANGKOK, (PRLM).- Salah satu universitas terkemuka di Thailand mengeluarkan seragam khusus untuk mahasiswa transgender dan tomboy.

Setiap Siswa Baru SD akan Diwajikan Bawa 1 Pohon

PENDIDIKAN
Setiap Siswa Baru SD akan Diwajikan Bawa 1 Pohon

SUBANG, (PRLM).- Setiap calon siswa yang akan mendaftar di Sekolah Dasar Plus Islam Terpadu Bhaskara mulai tahun ajaran 2015/2016 diwajibkan membawa satu pohon per orangnya.