Permendiknas No 28 Tahun 2010, Mutasi Guru Diambil Alih Kemendiknas

CIMAHI, (PRLM).-Dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, menimbulkan pro dan kontra. Melalui pengesahan peraturan tersebut, otorisasi pemindahan guru menjadi kepala sekolah diambil alih pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Demikian diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Cimahi, Kardin Panjaitan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/11). Dia mengatakan, peraturan tersebut bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 38 tahun 2009 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah yang dengan jelas menyerahkan segala sesuatunya kepada daerah, termasuk penyelenggaraan pendidikan.

Kardin menuturkan, dengan pengesahan Permendiknas No 28 tahun 2010 tersebut, eksesnya akan menimbulkan tuntutan dari para guru yang akan terhambat karirnya karena pengangkatan guru menjadi kepala sekolah menjadi wewenang Kemendiknas. “Apabila Kemendiknas ingin memberlakukan Permendiknas No 28 tahun 2010 itu, seharusnya menteri pendidikan nasional merevisi PP NO 38 tahun 2009 terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menambahkan, alasan Kemendiknas mengesahkan peraturan baru itu agar kepala sekolah tidak diperlakukan semena-mena oleh kepala daerah, terlalu dibuat-buat dan sudah dibawa ke ranah politik.Selain melakukan revisi terhadap PP No 38 tahun 2009, Mendiknas seharusnya meminta masukan dulu dari pemerintah daerah dan dewan pertimbangan otonomi daerah (DPOD). (A-198/kur)***

Baca Juga

Tiga Tahun Bangunan SD Longkewang Jadi Sarang Laba-laba

SUKABUMI, (PR).- Dua dari enam ruangan kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Longkewang di Kampung Longkewang, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Rabu 29 Juni 2016 berubah menjadi sarang laba-laba.

TUKANG balon musiman kembali meraih keuntungan menjual balon kepada siswa dengan diselenggarakan Masa Orientasi Sekolah (MOS) pihak sekolah siswa diterima menjadi siswa baru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri, yang ada di Kecamatan Ciparay, Kabupaten B

Siswa Dilarang jadi Pelaksana Pengenalan Lingkungan Sekolah

JAKARTA,(PR).- Siswa dilarang menjadi pelaksana kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk siswa baru atau yang tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). Kegiatan PLS harus direncanakan dan diselenggarakan langsung oleh guru.

SEKDA Jabar Iwa Karniwa menjawab pertanyaan penguji, pada Sidang Promosi Doktor Bidang Ilmu Manajemen Unpad, di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (14/1/2016). Disertasi yang disampaikan berjudul Strategi Bersaing dan Kreasi Nilai y

PNS Antar Anak Sekolah Jangan Bolos Kerja

BANDUNG,(PR).- Dispensasi yang diberikan pemerintah terkait imbauan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenpan RB agar orang tua mengantar anaknya ke sekolah pada awal tahun ajaran baru agar tidak dijadikan kesempatan untuk mangkir dari tugas.