Permendiknas No 28 Tahun 2010, Mutasi Guru Diambil Alih Kemendiknas

PENDIDIKAN

CIMAHI, (PRLM).-Dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, menimbulkan pro dan kontra. Melalui pengesahan peraturan tersebut, otorisasi pemindahan guru menjadi kepala sekolah diambil alih pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Demikian diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Cimahi, Kardin Panjaitan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/11). Dia mengatakan, peraturan tersebut bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 38 tahun 2009 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah yang dengan jelas menyerahkan segala sesuatunya kepada daerah, termasuk penyelenggaraan pendidikan.

Kardin menuturkan, dengan pengesahan Permendiknas No 28 tahun 2010 tersebut, eksesnya akan menimbulkan tuntutan dari para guru yang akan terhambat karirnya karena pengangkatan guru menjadi kepala sekolah menjadi wewenang Kemendiknas. “Apabila Kemendiknas ingin memberlakukan Permendiknas No 28 tahun 2010 itu, seharusnya menteri pendidikan nasional merevisi PP NO 38 tahun 2009 terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menambahkan, alasan Kemendiknas mengesahkan peraturan baru itu agar kepala sekolah tidak diperlakukan semena-mena oleh kepala daerah, terlalu dibuat-buat dan sudah dibawa ke ranah politik.Selain melakukan revisi terhadap PP No 38 tahun 2009, Mendiknas seharusnya meminta masukan dulu dari pemerintah daerah dan dewan pertimbangan otonomi daerah (DPOD). (A-198/kur)***

Baca Juga

Anggota Pramuka Mengikuti Siaga Race

PENDIDIKAN
Anggota Pramuka Mengikuti Siaga Race

Mahasiswi Manfaatkan Kursi Publik untuk Melukis

PENDIDIKAN
 SEORANG mahasiswi duduk di kursi yang tersediri di trotoar sambil melukis gedung-gedung sepanjang Jalan Asia Afrika.

Ujian Nasional 2015

Pengawasan Dilakukan Secara Silang Antarsekolah

PENDIDIKAN
KEPALA  Bidang SMP Dinas Pendidikan Kab. Cianjur, Rosidin.*

CIANJUR, (PRLM).- Sebanyak 40.291 siswa SMP/MTs di Kabupaten Cianjur siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) Paper Based Test (PBT) atau berbasis kertas yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin (4/5/2015) hingga Kamis (7/5/2015).

Jam Masuk Sekolah di Purwakarta Dibuat Berbeda

PENDIDIKAN
Jam Masuk Sekolah di Purwakarta Dibuat Berbeda

PURWAKARTA, (PRLM).- Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi akan membuat perbedaan waktu masuk sekolah antara sekolah diperkotaan dan di pedesaan.