Pangdam Jaya Resmikan Pelaksanaan TMMD ke 85 di Depok

DEPOK, (PRLM).- Panglima Kodam Jaya /Jayakarta, Mayjen TNI Marciano Norman membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 85 dan TMMD Imbangan 2010 di lapangan Warung Doyong, Kelurahan/Kecamatan Limo, Kota Depok, Rabu (13/10).

Dalam sambutannya Pangdam menegaskan, pelaksanaan TMMD dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat desa atau kelurahan agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional, membantu akselerasi pembangunan di daerah. TMMD merupakan program listas sektoral yang direncanakan melalui system Bottom Up Planning yang diawali musyawarah di tingkat kelurahan, kecamatan dan tingkat kota/kabupaten.

Melalui TMMD diharapkan keinginan masyarakat untuk dapat memiliki sarana dan prasarana yang diperlukan dapat segera terwujud. Pemerintah daerah bersinergi dengan TNI akan melakukan Betonisasi jalan sepanjang 260 meter, melakukan rehab rumah tidak layak, posyandu, musholla dan pos kamling. ”Hal seperti ini perlu diteruskan sebagai sarana untuk percepatan mengatasi kondisi masyarakat yang memerlukan perhatian,” katanya.

Dikatakan Pangdam, dengan uluran tangan dan kerjasama antara pemerintah daerah dan TNI, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi positif bagi masyarakat dan hasilnya ke depan pembangunan di wilayah ini dapat cepat dilaksanakan. Di samping pembangunan fisik, ujar Pangdam, juga dilakukan pembangunan non fisik untuk peningkatkan wawasan kebangsaan.

Oleh karena itu, lanjut Pangdam, masing-masing pihak agar berupaya memberikan karya yang terbaik, dengan tetap melaksanakan koordinasi dan konsultasi yang diharapkan kegiatan TMMD ini tetap realistis serta semakin menyentuh dan memenuhi kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat. ”Diharapkan masyarakat dapat mendayagunakan nilai tambah yang diperolehnya untuk mewujudkan tingkat kesehjateraan masyarakat yang didambakan,” kata Pangdam.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol Inf Masduki mengatakan, selain melakukan pembangunan fisik, dalam kegiatan ini juga membagikan paket sembako sebanyak 500 kantong, pengobatan umum yang melibatkan 50 tenaga medis, serta pelayanan Keluarga Berencana. ”Antusias masyarakat di sini sangat tinggi untuk mengikuti TMMD,” ujar Dandim. (A-163/das)***

Baca Juga

Dompet Dhuafa Jadikan Masjid Pusat Pemberdayaan

BOGOR, (PR).- Masjid sebagai salah satu tempat ibadah umat Muslim juga memiliki peran penting lainnya. Kehadirannya tidak hanya sebagai bangunan untuk salat, zikir, dan mengaji. Sejatinya, masjid juga dapat menjadi pusat pemberdayaan dan ekonomi.

guru, menanti, realisasi, janji, bupati,

Guru Menanti Realisasi Janji Rudy untuk Perbaiki Sekolah

GARUT, (PR).-Bupati Garut Rudy Gunawan berjanji, pekan depan akan memperbaiki bangunan SD Negeri Dunguswiru II yang salah satu lokalnya ambruk. Pihak sekolah mengharapkan realisasi perbaikan sebelum tahun ajaran baru dimulai.

SATUAN Polisi Pamong Praja memperhatikan sebuah alat berat di lokasi galian tanah pengurugan tol di Ruas Jalan Lingkar Utara Majalengka, Senin (1/9/2014). Di wilayah tersebut ada sejumlah lokasi galian tanah untuk pengurugan tol Cikampek- Palimanan-Kertaj

Satpol PP Tutup Galian Tanah Merah di Pagaden

SUBANG, (PR).- Tim gabungan Satpol PP bersama Unit Tindak Pidana Tertentu Polres Subang menghentikan operasional sekaligus menyegel lokasi penambangan galian tanah merah di Kampung/Desa Jabong Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.