Enam Kelurahan Kena Tol Bocimi

JAWA BARAT

BOGOR,(PRLM).- Sedikitnya enam kelurahan dari dua Kecamatan di Kota Bogor yang akan terkena pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocomi), yakni Kelurahan Muarasari, Sindangsari, Harjasari, Bojong Kerta, Kertamaya dan Rancamaya. Total luas tanah yang dipergunakan untuk tol tersebut mencapai 142,2 Ha sepanjang Bogor hingga Sukabumi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Pemerintah Daerah Bappeda) Kota Bogor Azrin Syamsudin, kemarin di Bogor mengatakan,pembebasan lahan milik warga untuk pembangunan tol Bocimi ditargetkan selesai akhir tahun 2010, sehingga pembangunannya bisa dimulai tahun 2011.

“Dalam tiga bulan harus sudah selesai. Sehingga pada tahun 2011 tol Bocimi bisa betul-betul dilaksanakan dengan baik,” ujar Azrin.

Tol Bocimi yang akan menghubungkan Bogor-Sukabumi sepanjang 53,6 kilometer ini sempat terhambat penyelesaian pembebasan tanahnya per 2009 lalu. Padahal Tol yang merupakan proyek dari Kementrian Pekerjaan Umum ini akan menggusur lahan pemukiman seluas 24,66 Ha, lahan pesawahan 42,99 Ha dan ladang 74,55 Ha.

Azrin menjelaskan bila masyarakat sudah sepakat dengan taksiran harga dari tim apraisal independent, maka dalam waktu tiga bulan semua permasalahan pembebasan lahan akan rampung. “Yang lama pada proses apraisal. Tetapi kalau warga sepakat, dalam satu bulan bisa selesai,” ujarnya.

Sementara, koordinator Lapangan Tim Pengadaan Tanah (TPT) dari Kementrian Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga Yanyan Yuhana mengakui bahwa sebelumnya memang terdapat persoalan pendanaan dari pihak kontraktor.

Namun, kini masalah pendanaan tersebut sudah diselesaikan.“Sekarang sudah ada uang-(nya). Kita sudah bisa melakukan pembayaran ganti rugi atau pelepasan hak. Kami hanya menunggu kelengkapan administrasi saja,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Bambang Gunawan menyatakan data-data administrasi sudah rampung. Bambang memperkirakan tahun ini semua sudah bisa diselesaikan. “Mudah-mudahan selesai tahun ini,” katanya.(A-134/A-26).***

Baca Juga

Empat Kandidat Perebutkan Posisi Ketua KNPI Majalengka

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Empat bakal calon Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Majalengka, telah mendaftarkan diri untuk bertarung memperebutkan posisi ketua masa jabatan 2015-2018. Muscab akan digelar pada Minggu (26/4/2015).

Jalur Utara Garut-Tasikmalaya Rawan Terjadi Laka Lantas

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Jalur Dari Tasikmalaya menuju Garut lewat jalur utara rawan terjadi kecelakaan, selain jalan sepanjang jalur tersebut berlubangn jika diguyur hujan lubang tersebut tertutup air, sehingga pengendara harus berhati-hati.

Maling Satroni SMK PGRI 2 Cianjur

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Kawanan maling menyatroni SMK PGRI 2 Cianjur yang berada di Jalan Pangeran Hidayatullah nomor 103, Kabupaten Cianjur. Maling tersebut masuk kedalam ruangan setelah berhasil menjebol jendela ruangan. Kejadian itu baru diketahui pihak sekolah Selasa (28/4/2015) pagi.

Ratusan Sahabat Satu Hati Tanam 1.000 Mangrove

JAWA BARAT
SISWA Sekolah Satu Hati binaan AHM mengikuti penanaman mangrove di Desa Pantai Bahagia Muara Gembong.

BEKASI, (PRLM).- Memperingati Hari Bumi 2015, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 320 orang Sahabat Satu Hati melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di ‎pesisir pantai utara Bekasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.