Aktor Tony Curtis Meninggal Dunia

LAS VEGAS, (PRLM).- Salah seorang aktor tenar Hollywod, Tony Curtis meninggal dunia di Las Vegas, Rabu (29/9) waktu setempat dalam usia 85 tahun. Ia didiagnosa mengalami serangan jantung yang menyebabkan kematianya.

Curtis dilahirkan dengan nama Bernard Schwartz, pura pasangan Emanuel Schwartz dan wife Helen Klein. Kedua orang tuanya adalah imigran Yahudi-Hungaria dari Mateszalka.

Seama Perang Dunia II, Tony Curtis bergabung dengan AL AS. Ia bertugas di kapal selam USS Proteus dan pada 2 September 1945 menjadi salah seorang saksi penyerahan Jepang secara resmi kepada pihak sekutu di Tokyo Bay.

Karier filmnya diawali penemuan pencari bakat Joyce Selznick dan Curtis tiba di Hollywod tahun 148 pada usia 23 tahun. D bawah kontrak dengan Universal Pictures ia menggunakan nama komersial, Tony Curtis.

Ia mengawali karier filmnya dengan Criss Cross (1949) dan kemudian, "City Across the River”. Namun filmnya yang paling terkenal adalah “Some Like It Hot”.

“Ia seorang rekan aktor yang sangat menyenangkan untuk bekerjasama, kata mantan bintang film James Bond, Roger Moore yang beberapa kali bermain bersama Curtis

Selama kariernya, Curtis mengalami kekecewaan karena tak pernah menerima Oscar. Namun bulan Maret 2006, hamper 60 tahun setelah kedatangan pertama kalinya ke Holywod, Curtis menerima “Sony Ericsson Empire Lifetime Achievement Award”.

Sebelumnya, ia juga menerima penghargaan Hollywood Walk of Fame, dan menerima Ordre des Arts et des Lettres (Order of Arts and Letters) di Prancis tahun 1995.

Selama hidupnya Tony menikah enam kali. Isteri pertamanya adalah aktris Janet Leigh (1951-1962), dan memiliki dua aktris, Jamie Lee Curtis dan Kelly Curtis.

Tahun 1962 Tony Curtis menikah dengan Christine Kaufmann dan mereka memiliki dua anak. Kemudian Tony Curtis juga menikah dengan Leslie Allen ( 1968 – 1982/ bercerai dengan dua anak); Andria Savio (1983-1992); Lisa Deutsch ( 1993 – 1994); dan Jill Vandenberg Curtis (1998 – sekarang). (A-26).***