Kab. Bekasi Berangkatkan 1.838 Calon Jemaah Haji

INFO HAJI

BEKASI, (PRLM).- Kabupaten Bekasi akan memberangkatkan 1.838 calon jemaah haji tahun ini. Jumlah tersebut sama dengan tahun sebelumnya. Jemaah haji akan diberangkatkan mulai 16 Oktober mendatang, yang terbagi dalam 7 kloter. Jadwal keberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Bekasi berada di urutan kesebelas nasional.

"Jumlah Jemaah ini sesuai kuota yang diberikan dan kami bagi dalam 7 kloter akan berangkat pada 16 Oktober. Secara nasional kloter pertama akan berangkat pada tanggal 11 Oktober," ujar Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Bekasi, Jaja Jaelani, Kamis (30/9).

Jaja mengatakan, seluruh administrasi calon jemaah sudah terpenuhi dan tidak ada masalah. Demikian pula dengan kesehatannya. Bahkan sebagian calon jemaah haji Kabupaten Bekasi sudah disuntik vaksin meningitis. "Saat ini prosesnya tengah berjalan di beberapa Rumah Sakit yang ditunjuk. Seperti RSUD Kab Bekasi dan Rumah Sakit Cikarang" katanya.

Dalam satu kloter, kata Jaja, ada sekitar 430 calon jemaah haji. Jumlah tersebut menurutnya cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah tenaga medis yang ada setiap kloternya. Jumlah tenaga medis, kata dia, tak bisa ditambah lantaran alasan anggaran. “Jadi tenaga medis harus sigap dan bekerja keras,” tuturnya.

Penyediaan tenaga medis, kata dia, menjadi kewenangan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Tenaga medis, sepengetahuan Jaja diambil dari perawat Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi. (A-186/das)***

Baca Juga

Haji 1436 H

Kemenag Bentuk Calon Haji Cadangan

INFO HAJI

SOREANG,(PRLM).- Pada tahun ini Kemenag melakukan inovasi untuk menghilangkan kuota haji yang tidak terpakai akibat jemaah calon haji (calhaj) batal atau mengundurkan diri menjelang keberangkatan. Kemenag membentuk calhaj cadangan sebanyak 5 persen dari jumlah kuota provinsi.

Haji 1436 H

Calon Haji Keluhkan Biaya Pembuatan Paspor

INFO HAJI
JAKARTA, (PRLM).- Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay meminta Kementerian Agama (Kemenag) mengawasi seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji secara ketat. Sebab, belakangan ini pihaknya banyak menerima keluhan terkait biaya pembuatan paspor calon haji.
 

Haji 1436 H

Ibadah Haji Butuhkan Fisik yang Prima

INFO HAJI

BANDUNG, (PRLM).- Wakil Direktur Medik RSUD Al Ihsan, Agus Muharram menyatakan, bukan hanya persiapan rohani maupun ilmu manasik haji yang dipertimbangkan, namun fisik pun harus prima mulai sebelum berangkat, selama di pesawat, dan saat di tanah suci.

Haji 1436 H

Menteri Agama Pimpin Langsung Delegasi Haji Indonesia

INFO HAJI

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin langsung (Amirul) delegasi haji Indonesia pada penyelenggaraan haji tahun 1436 Hijriyah/2015. Menag akan didampingi 2 (dua) wakil pimpinan atau Naib, yaitu KH.