PBB Keluarkan Resolusi Baru Akses Air Bersih dan HAM

NEW YORK, (PRLM).-PBB mendeklarasikan sebuah resolusi bahwa akses terhadap air bersih dan sanitasi adalah hak asasi manusia yang sangat mendasar. Sekitar satu setengah juta anak di bawah umur 5 tahun meninggal setiap tahun karena penyakit terkait air dan sanitasi.

Seperti dikutip Radio Australia, Jumat (30/7), teks resolusi PBB itu menyebutkan bahwa 884 juta orang tidak memiliki akses air minum yang sehat dan aman, dan lebih dari 2,5 miliar orang yang kekurangan akses terhadap sanitasi dasar.

Negara-negara yang mengambil sikap abstain mengatakan, resolusi itu dapat mengganggu proses yang sedang berlangsung di Dewan HAM PBB di Jenewa untuk membangun sebuah konsensus mengenai hak-hak terhadap air. Negara-negara yang abstain antara lain adalah Kanada, AS, Inggris dan Australia. (A-133/kur)***

Baca Juga

Trump Sebut Korea Utara Hina Tiongkok

WASHINGTON, (PR).- Usai Korea Utara menggelar uji coba nuklir terbaru pada Sabtu, 29 April 2017 waktu setempat, Presiden AS Donald Trump langsung mengecam. Dia menyebut Korut telah menghina dan tak menghormati Tiongkok yang melarang uji coba rudal dan nuklir.